Advertorial

Kehilangan Kartu Kredit atau Debit Saat Travelling? Lalukan 4 Hal Ini

Kompas.com - 21/12/2018, 15:40 WIB

Saking asyik berfoto di objek wisata atau sibuk mencari lokasi kuliner saat liburan, tidak disadari dompet kita bisa hilang atau justru diambil orang. Padahal semua uang, kartu debit, kartu kredit, dan kartu identitas tersimpan di dalam dompet.

Tentu saja kita tidak bisa melanjutkan liburan dengan tenang. Namun, jika hal tersebut menimpa Anda, segera lakukan 4 hal berikut.

1.       Segera cek saldo dan mutasi akun perbankan Anda

Untuk memastikan saldo akun Anda aman, segera cek saldo dan mutasi akun perbankan Anda. Jika kartu ATM Anda adalah Paspor BCA, cek aja via aplikasi BCA mobile di smartphone Anda. Lihat mutasi dan saldonya, aman?

2.       Ambil Tunai seperlunya buat jaga-jaga

Jika seluruh uang disimpan di satu dompet yang hilang, tentu saja sekarang Anda tak memiliki uang sepersen pun. Tak perlu khawatir, karena jika Anda memiliki aplikasi BCA Mobile, fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu bisa dimanfaatkan. Caranya? Klik di sini.

3.       Segera blokir kartu-kartu perbankan Anda

Ternyata, di dalam dompet tak hanya terdapat satu kartu perbankan, Anda pun harus segera memblokir kartu-kartu tersebut. Apalagi jika Anda memiliki kartu kredit, kartu ATM, tentu pemblokiran harus dilakukan secepat mungkin. Ini dikarenakan kartu disalahgunakan oleh orang lain.

- -

Buat Anda nasabah BCA, lagi-lagi semuanya bisa dilakukan hanya melalui HP Anda. Di dalam aplikasi BCA Mobile, sudah terdapat fitur blokir kartu yang mudah dan cepat. Cek di sini tutorialnya.

4.       Lapor polisi terdekat

Baik hilang karena dicopet atau kelalaian sendiri, laporkan kasus kehilangan dompet di kepolisian terdekat. Meski tidak berharap pencopetnya ketemu atau dompet kembali, paling tidak dengan adanya surat kehilangan dari polisi, Anda bisa membuat dokumen pribadi di kota asal, seperti KTP, SIM, dan kartu ATM.

Lebih baik lagi, sebelum berpergian Anda bisa menggandakan identitas dengan menfotokopi KTP, SIM, dan NPWP. Ini menjadi antisipasi ketika kehilangan dompet, Anda akan menjadi lebih mudah mengurusnya kembali. Pisahkan fotokopian tersebut dan simpan di tempat yang berbeda.

Dengan melakukan tiga tips di atas, tentu saja Anda bisa melanjutkan liburan dengan tenang. Namun, jangan lupa mengurus identitas sesegera mungkin jika telah kembali ke kota asal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com