Advertorial

5 Tips "Solo Traveling" agar Tetap Nyaman dan Menyenangkan

Kompas.com - 26/12/2018, 11:29 WIB

Salah satu cara populer saat ini untuk refreshing dari kehidupan sehari-hari adalah dengan traveling ke luar negeri seorang diri atau solo travelling.

Cara ini membuat seseorang dapat menenangkan diri atau "kabur" sejenak dari rutinitas harian untuk melihat tempat baru atau bahkan berkenalan dengan orang baru di tempat liburan.

Solo traveling juga merupakan tantangan tersendiri, khususnya bagi mereka yang belum pernah melakukannya.

Berikut ini adalah 5 tips solo traveling bagi kamu yang ingin melakukannya untuk pertama kali agar perjalanan berjalan dengan aman dan menyenangkan.

1. Kabari keluarga dan teman terdekat

Sebelum berangkat, kamu harus mengabari keluarga dan teman terdekat mengenai tempat tujuan liburan, di mana kamu akan tinggal, dan informasi lainnya yang bisa membuat kamu tetap dapat dihubungi saat sedang solo traveling.

Cara ini harus dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ketika sedang berada di negara lain seorang diri. Selain membuat perasaan menjadi lebih aman, keluarga di rumah pun bisa tetap tenang.

2. Pilih hotel dengan rating yang bagus

Bepergian sendirian memang bisa memunculkan kekhawatiran karena kamu akan tinggal di tempat yang sungguh asing. Sebelum memesan penginapan, lakukanlah sedikit riset dan pilihlah hotel atau hostel dengan ulasan positif yang banyak dari beberapa orang.

Ulasan positif ini akan memberikan kamu gambaran tentang seperti apa tempat menginap nanti selama liburan, mulai dari kamar tidur, layanan, sampai lingkungan sekitar hotel.

3. Barang bawaan yang simpel

Saat solo traveling, sebaiknya tidak terlalu banyak membawa barang karena kamu akan kesulitan meminta bantuan untuk membawanya di tempat tujuan. Selain itu, kamu juga tidak akan terlalu menarik perhatian jika barang bawaan simpel dan praktis.

Catatan tambahan, hindari pakaian dengan warna mencolok karena membuat kamu menjadi "begitu terlihat" dan memperbesar risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara paling tepat adalah dengan membuat diri kamu terlihat seperti warga lokal sehingga dapat lebih menyatu dengan lingkungan sekitar.

4. Jaga kesehatan dan mulai hari lebih awal

Hal penting lainnya adalah menjaga kesehatan. Jaga asupan makanan dan hindari makanan yang membuatmu alergi. Persiapkan selalu obat-obatan ringan seperti larutan pencegah masuk angin, obat flu, dan vitamin.

Selain itu, sebaiknya mulai aktivitas lebih awal dan hindari berkeliaran di tempat yang asing dan belum dikenal saat malam hari. Berjalan pada malam hari dengan cuaca yang kurang bersahabat juga dapat membuat kamu rentan terserang masuk angin.

5. Buat diri mudah dihubungi

Jangan buat keluarga atau teman di rumah merasa cemas. Segera kabari mereka setelah kamu sampai di destinasi tujuan dan pastikan dirimu mudah dihubungi. Apalagi saat ini telah tersedia berbagai macam paket roaming yang menarik dan terjangkau.

Kamu bisa beli paket roaming di Traveloka yang menawarkan data roaming dari berbagai macam operator seperti Telkomsel, XL, Tri. Paket data roaming ini bisa diaktifkan sebelum atau saat kamu berada di negara tujuan.

Cara mengaktifkannya juga mudah. Cukup ikuti prosedur pengaktifan masing-masing operator atau mengaktifkannya langsung melalui Traveloka App (untuk layanan roaming Telkomsel, XL, dan Tri).

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar bisa melakukan solo traveling dengan aman dan tetap menyenangkan. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com