Advertorial

Ayo, Kuliah S2 di Jepang dengan Beasiswa Ajinomoto

Kompas.com - 14/01/2019, 18:01 WIB

Setiap tahun, perusahaan produsen makanan dan bumbu asal negeri sakura, Ajinomoto, memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang pasca sarjana di Jepang. Kesempatan tersebut diberikan lewat program Ajinomoto Post-Graduate Scholarship yang digelar oleh Ajinomoto Foundation.

Ajinomoto Post-Graduate Scholarship merupakan program beasiswa penuh yang diberikan bagi mahasiswa Indonesia berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pasca sarjana di berbagai bidang ilmu sains.

Setiap tahunnya Ajinomoto memberikan beasiswa ini kepada satu orang mahasiswa Indonesia. Program beasiswa ini sudah berjalan sejak 2010 dan hingga saat ini sudah mengirimkan 10 orang siswa terbaik dari Indonesia untuk studi Master di Jepang.

Tahun ini Ajinomoto Foundation kembali membagikan beasiswa tersebut melalui skema Ajinomoto Post-Graduate Scholarship 2020. Memanfaatkan beasiswa ini mahasiswa terpilih dapat melanjutkan studi pasca sarjana untuk bidang ilmu sains di enam perguruan tinggi ternama di Jepang.  Keenam perguruan tinggi tersebut adalah The University of

Tokyo, Kyoto University, Ochanomizu University, Kagawa Nutrition University, Nagoya University, dan Waseda University.

Mahasiswa terpilih akan memperoleh beasiswa penuh dengan rincian tunjangan per bulan sejumlah 150.000 yen, ditambah tanggungan penuh biaya perkuliahan (tuition fee), biaya admisi, full examination, serta tiket pesawat ke Jepang.

- -

Syaratnya, calon mahasiswa harus memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,50 dan berkeinginan untuk melanjutkan studi S2 pada bidang Gizi, Kimia Murni, Biologi, Kesehatan Masyarakat, dan Teknologi Pangan.  Selain itu mahasiswa calon penerima beasiswa harus berusia maksimal 35 tahun serta tertarik untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Jepang. Calon penerima beasiswa juga harus memiliki kondisi fisik dan mental yang sehat serta punya motivasi yang tinggi untuk belajar.

Chevia Nadia (25), Sarjana Teknologi Pangan lulusan Institut Pertanian Bogor yang menerima beasiswa Ajinomoto pada 2017 lalu menceritakan pengalamannya melanjutkan studi di The University of Tokyo (Todai), salah satu universitas terbaik di Jepang.

“Beasiswa Ajinomoto sangat bermanfaat mewujudkan mimpi saya untuk melanjutkan studi di salah satu universitas terbaik di Jepang yaitu The University of Tokyo (Todai)”, ujar Chevia.

Ia mengatakan selama hampir satu tahun menjadi research student di universitas tersebut, banyak pengalaman yang diperoleh. Terutama pengalaman belajar bahasa dan budaya Jepang serta beradaptasi dengan kehidupan di Tokyo. 

- -

“Tidak hanya itu saya juga mendapat kesempatan berkunjung dan berdiskusi dengan pekerja ahli di pabrik Ajinomoto area Kawasaki, Jepang. Pengalaman tersebut membuka pikiran dan pengetahuannya tentang teknologi canggih dan ragam produk bermanfaat yang dihasilkan oleh Perusahaan Ajinomoto,” lanjutnya.

Selain itu, program bimbingan beasiswa yang diberikan, salah satunya adalah bimbingan penyampaian progress report penelitian setiap tahunnya. Menurut Chevia, mengikuti program beasiswa dari Ajinomoto Foundation ini telah menjadi salah satu fase terpenting dalam hidupnya. Ia berharap program beasiswa ini terus dilanjutkan untuk mendukung cita-cita para generasi yang akan datang dalam melanjutkan studi di Negeri Sakura, demi menimba ilmu dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com