Advertorial

Cermat Beli Tiket Kereta di Traveloka, Pasti Kebagian Kursi Mudik Lebaran

Kompas.com - 18/02/2019, 18:56 WIB

Hari Raya Lebaran yang jatuh di pertengahan tahun masihlah terasa jauh. Namun, para pemudik yang terbiasa naik kereta api pasti mulai memikirkan rencana mudiknya dari sekarang. Pasalnya penjualan tiket kereta Lebaran sudah resmi dibuka sejak H-90 lebaran, tak sampai satu bulan lagi Anda sudah bisa berburu tiket kereta untuk pulang ke kampung halaman nanti.

Demi mengamankan tiket mudik, pelanggan kereta api biasanya sudah siap memperebutkan tiket sejak hari pertama penjualan tiket kereta Lebaran dibuka. Penjualan tiket kereta lebaran ini umumnya buka mulai tengah malam sehingga orang perlu menggunakan trik tertentu untuk dapat mengantongi tiket mudik.

Salah satu cara yang kini bisa Anda andalkan adalah dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Kecermatan dalam membeli tiket kereta Lebaran melalui Traveloka memungkinkan Anda untuk mengamankan kursi mudik sedini mungkin dengan mudah. Apalagi jika Anda melakukan tips cermat berikut ini.

1. Siapkan data penumpang dengan fitur Passenger Quick Pick

Anda sudah bisa menyiapkan data penumpang kereta Lebaran sedari sekarang dan langsung menyimpannya di Traveloka dengan menggunakan fitur Passenger Quick Pick. Fitur ini membantu Anda menghemat waktu untuk mengisi data lengkap penumpang di tengah-tengah proses membeli tiket kereta Lebaran.

Simpan data keluarga yang akan ikut mudik sejak sekarang, sehingga Anda tinggal memilih namanya di hari-H pembelian tiket. Dengan begini, Anda bisa langsung menyelesaikan pembelian karena proses pengisian data penumpang sudah selesai dalam sekejap.

2. Aktifkan fitur Train Seat Alert agar tepat waktu pesan tiket

Traveloka menyediakan fitur Train Seat Alert yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pemesanan tiket kereta Lebaran sedari sekarang. Apabila Anda menyalakan notifikasi Train Seat Alert, Traveloka akan memantau ketersediaan tiket kereta Lebaran untuk Anda.

Saat tiket kereta yang Anda butuhkan di tanggal yang Anda tetapkan telah tersedia, Traveloka akan langsung memberitahukannya. Alhasil, Anda bisa langsung memesan tiket kereta Lebaran sebelum kehabisan.

3. Gunakan metode pembayaran paling praktis

Mengingat penjualan perdana tiket kereta Lebaran umumnya dimulai pada tengah malam, maka kendala pembayaran sering terjadi saat memesan tiket. Hal tersebut muncul karena beberapa metode pembayaran tidak tersedia di tengah malam. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa memanfaatkan fitur pembayaran di Traveloka, seperti PayLater dan MyCard.

PayLater adalah sebuah layanan pinjaman online yang siap memberikan Anda limit kredit untuk membeli tiket kereta Lebaran. Selain mudah, metode pembayaran ini memungkinkan Anda mencicil pembayaran tiket kereta dengan bunga 0% selama satu bulan tanpa transaksi minimum. Promo metode pembayaran kereta dengan PayLater berlaku mulai 25 Februari - 1 Maret 2019.

Sementara itu, MyCard menjadi layanan penyimpan informasi kartu kredit yang memudahkan Anda mengisi data pembayaran secara otomatis saat hari-H pembelian tiket. Demi kemudahan pembayaran ini, mulailah mengajukan aplikasi PayLater sekarang atau menyimpan data kartu kredit Anda di fitur MyCard Traveloka.

4. Pertimbangkan Kereta Lanjutan sebagai alternatif saat tiket utama habis

Ketika tiba saatnya melakukan pemesanan, Anda sangat mungkin kehabisan tiket kereta langsung mengingat banyaknya orang yang juga memperebutkan kursi di kereta yang sama. Tak perlu mengkhawatirkan masalah ini karena Kereta Lanjutan bisa menjadi alternatif solusi.

Kereta Lanjutan tersedia di Traveloka dalam bentuk pilihan perjalanan kereta dengan sistem transit. Berkat fitur ini, Anda tetap bisa pulang ke kampung halaman meski dengan menggunakan rute lain.

5. Terpaksa memakai kereta tambahan? Aktifkan notifikasi pengadaan tiket

Jika Anda tetap kehabisan kereta lanjutan, cara terakhir adalah dengan menunggu Kereta Tambahan. Perusahaan resmi kereta api di Indonesia umumnya akan menyediakan beberapa kereta tambahan untuk mengakomodasi peningkatan permintaan.

Agar Anda tidak ketinggalan info pembukaan jadwal Kereta Tambahan, aktifkan notifikasi khusus yang sudah tersedia di Traveloka yaitu App Notification - Additional Train. Setelah mengaktifkan notifikasi ini, Anda tinggal menunggu info dari Traveloka, tanpa perlu repot mengecek aplikasi terus-menerus.

Persiapan yang matang tentunya akan membantu Anda semakin siap menghadapi momen pembelian tiket kereta Lebaran tahun ini. Percayakan kemudahannya melalui Traveloka, terutama dengan Traveloka App yang bisa Anda bawa ke mana-mana dalam ponsel pintar sendiri, selamat mencoba tips-tips di atas!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com