Advertorial

5 Waktu yang Wajib Diketahui Pemburu Tiket Pesawat Hemat

Kompas.com - 19/02/2019, 13:51 WIB

Tiket pesawat murah menjadi incaran sejumlah pencinta travelling. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang selalu bersabar memantau harga tiket setiap hari. Tentu ketika mendapatkan harga terbaik, transaksi harus dilakukan dengan gesit.

Nah jika kamu termasuk pemburu tiket murah, 5 trik berikut ini perlu diketahui untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik.

1. Memesan tiket 53 hari sebelum waktu keberangkatan

Memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan adalah upaya terbaik untuk mendapat tiket murah, misalnya H-53 hari. Sejumlah penelitian menunjukkan, memesan tiket 53 hari sebelum keberangkatan bisa menghemat biaya hingga 26 persen dari harga normal.

Tentu semakin mendekati waktu keberangkatan, harga tiket akan semakin mahal. Oleh karena itu, jika kamu memiliki rencana liburan, pesanlah tiket minimal 53 hari sebelum keberangkatan.

2. Pilih Penerbangan pada Hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu

Harga tiket termurah ternyata jatuh pada Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Hal itu karena sejumlah hari tersebut merupakan waktu di mana mobilitas masyarakat antarwilayah jauh cenderung kecil.

Sebagian besar masyarakat akan menghabiskan waktu di kantor atau sekolah dalam jangka waktu tersebut. Jika kamu ingin pergi dengan pesawat dan berharap mendapatkan harga murah, tidak ada salahnya memilih hari-hari itu.

3. Hindari penerbangan pada Senin, Jumat, Minggu, dan hari libur nasional

Sebaliknya, Senin, Jumat, Minggu, dan hari libur nasional merupakan saat harga tiket pesawat paling mahal. Pasalnya kebanyakan masyarakat akan berlibur atau melakukan aktivitas lain yang memerlukan transportasi pesawat di sejumlah waktu tersebut.

Harga yang ditawarkan di sejumlah hari tersebut bisa mencapai dua kali lipat harga normal. Hindari pergi di waktu tersebut jika tidak ingin mendapat harga mahal, kecuali jika kamu memiliki urusan yang penting dan sangat mendadak.

4. Pilih waktu penerbangan pukul 18.00–00.00 atau 00.00–06.00

Waktu penerbangan juga sangat berpengaruh terhadap harga tiket. Biasanya, penerbangan antara pukul 18.00–00.00 dan 00.00–06.00 memiliki harga yang lebih murah sebab rendahnya tingkat kesibukan masyarakat untuk bermobilitas.

Harga akan semakin murah untuk penerbangan pukul 00.00–06.00. Hal itu karena asumi banyaknya masyarakat yang malas terbang di waktu istirahat itu.

Sementara terbang pukul 10.00–17.00 biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Bahkan harganya bisa mencapai 30 sampai 50 persen dari harga penerbangan dini hari.

5. Dini hari menjadi waktu terbaik memesan tiket

Kamu juga perlu memperhatikan waktu pemesanan tiket. Biasanya harga tiket akan sangat fluktuatif. Memesan tiket dini hari atau pagi hari biasanya akan lebih murah dibanding siang hari.

Alasannya pada dini hari kebanyakan masyarakat sedang istirahat dan jarang yang mencari tiket. Oleh karena itu, pihak maskapai dan agen akan menawarkan tiket dengan harga rendah.

Sebaliknya pada siang hari, semakin banyak orang yang memburu tiket sehingga pihak maskapai dan agen akan menaikkan harga tiket.

Bagi para pencinta travelling, itulah lima waktu yang perlu diketahui untuk mendapat tiket pesawat dengan harga murah. Pastikan cek harga tiket selalu agar kamu tahu ketika harganya sedang murah.

Tidak ada salahnya juga untuk mempelajari pola perubahan harga tiket di agen tertentu. Bagaimana, sudah siapkah kamu untuk berburu tiket murah?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com