Advertorial

3 Aplikasi Pinjaman Tunai Online Tepercaya 2019, Mana yang Terbaik?

Kompas.com - 22/02/2019, 09:00 WIB

Hidup tak selalu mulus bagai jalan tol, apalagi urusan keuangan. Kita kerap dihadapkan dengan kondisi yang membutuhkan dana tunai dengan segera. Dalam situasi seperti itu, pinjam uang merupakan satu solusinya.

Pinjaman uang itu bisa didapatkan melalui berbagai sumber, mulai dari keluarga atau kerabat, bank atau lembaga kredit konvensional, hingga pinjaman online. Opsi terakhir merupakan salah satu yang kini semakin banyak dipilih.

Hal itu karena penawaran jasa tersebut tengah menjamur. Selain itu, lembaga pinjaman online juga menawarkan proses yang lebih mudah dan cepat. Bermodalkan smartphone dan koneksi internet, kamu bisa mendapat pinjaman tunai online melalui sebuah aplikasi.

Namun, hendaknya perlu kehati-hatian di tengah kemudahan ini. Tidak sedikit oknum nakal yang memanfaatkan momen untuk meraup keuntungan tanpa memperhatikan konsumen.

Untuk itu, kita harus jeli dalam memilih aplikasi pinjaman online. Namun dari sekian banyak aplikasi, mana yang terbaik untuk dipilih? Berikut ini 3 aplikasi aplikasi pinjaman tunai online terbaik 2019 untuk dipilih.

1. Kredivo

Kredivo memberi pinjaman dalam bentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta. Limit itu nanti bisa digunakan untuk belanja online di lebih dari 200 e-commerce rekanan Kredivo dan dicairkan dalam bentuk dana tunai.

Persyaratan Kredivo hanyalah berusia minimal 18 tahun, penghasilan minim Rp 3 juta per bulan, serta berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Sukabumi.

Jika akan meminjam dana tunai online di Kredivo, kamu harus mendaftar Akun Premium terlebih dahulu. Pilihan tenor untuk opsi Pinjaman Tunai Kredivo mulai dari 30 hari, tiga bulan, hingga enam bulan.

Maksimal dana yang bisa dipinjam akan menyesuaikan dengan limit tenor enam bulan pada akun Kredivo. Jika limit pada tenor enam bulanmu sebesar Rp15 juta, maka itulah dana maksimal yang bisa dicairkan.

Bunga Kredivo mulai dari 2,95 persen per bulan. Pencairan dana hanya memakan waktu hitungan menit. Kredivo juga sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OKJ). Kamu pun tak perlu khawatir untuk bertransaksi di sana.

2. TunaiKita

Aplikasi yang diselenggarakan oleh PT Digital Tunai Kita ini memberi pinjaman dalam bentuk dana tunai mulai Rp 1 juta hingga Rp 20 juta untuk calon debitur di 159 kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

Tenor pinjaman Tunaikita tersedia mulai dari 10 hari hingga enam bulan. Selain itu, Terdapat dua jenis layanan, yakni Pinjaman Jangka Pendek dengan tenor pinjaman 10-30 hari dan Cicilan mulai tiga sampai 6 bulan.

Biaya layanan produk Pinjaman Jangka Pendek adalah 0,5-0,8 persen untuk tenor 10 sampai 30 hari. Sementara biaya layanan produk Cicilan adalah 5-8 persen per bulan selama 3 hingga 6 bulan.

Besarnya biaya layanan TunaiKita bergantung pada skor kredit yang diperoleh. Hal itu karena sistem lending robot yang memperhitungkan berbagai risiko dari data yang diberikan peminjam ketika proses underwriting.

Tidak perlu khawatir pula jika meminjam uang melalui aplikasi ini. TunaiKita juga telah resmi terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

3. Akulaku

Cara kerja Akulaku sama dengan Kredivo. Selain bisa digunakan untuk belanja online, Akulaku juga bisa digunakan berbelanja di merchant offline. Limit maksimalnya sebesar Rp 25 juta.

Untuk belanja memakai Akulaku di e-commerce rekanan mereka, kamu harus punya riwayat belanja di situs Akulaku dengan minimal transaksi sejumlah Rp 200 ribu, atau memiliki riwayat belanja di e-commerce tersebut selama 6 bulan terakhir.

Selesai memilih barang, kamu akan diminta mengisi data diri dan membayar uang muka. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor akun virtual. Terdapat proses verifikasi terlebih dahulu dari pihak Akulaku.

Jika pembelian disetujui, barang akan segera dikirim. Namun jika ditolak, uang muka akan dikembalikan pihak Akulaku. Pastikan limitmu sesuai ketentuan Akulaku. Itu karena Akulaku memiliki limit berbeda di setiap merchant.

Ada juga layanan KTA kilat mirip Kredivo. Pinjaman tunai Akulaku maksimal Rp 2 juta dengan tenor pengembalian paling lambat 30 hari. Suku bunga untuk layanan KTA kilat sebesar 1 persen per hari. Akulaku juga telah terdaftar di OJK.

Itulah tiga aplikasi pinjaman tunai online terpecaya yang bisa dipilih. Mengenai bunga, tenor, dan limit masing-masing aplikasi, disimpulkan bahwa Kredivo memiliki tenor paling panjang, limit tertinggi, dan bunga terendah.

Namun tentu sebelum pinjam dana online, pastikan pinjaman hanya untuk hal-hal darurat, bukan untuk keperluan konsumtif. Terakhir, pahami konsekuensi bahwa ada kewajiban yang harus kamu bayar nantinya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com