Advertorial

Ini Hal yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Korea Selatan

Kompas.com - 22/02/2019, 14:30 WIB

Korea Selatan menjadi salah satu negara luar negeri yang populer untuk dikunjungi oleh orang indonesia. Pengaruh drama, music, hingga skincare Korea sangat kuat di masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak masyarakat yang ingin mengetahui negara tersebut lebih dekat dengan mengunjunginya.

Nah, jika kamu penasaran dengan Korea Selatan dan ingin segera membeli tiket pesawat untuk berkunjung ke sana, catat tujuh hal yang mesti kamu lakukan jika berada di Korea!

1. Pakai “hanbok”, pakaian tradisional khas Korea

Bagi pengemar K-Drama pasti tidak asing, dengan Hwarang, 100 Days My Prince atau drama lain yang mengambil setting Korea tempo dulu. Pada drama tersebut, para pemain masih menggunakan pakaian tradisional Korea yang disebut “hanbok”.

Masyarakat Korea sangat bangga dengan pakaian tradisional ini. Hingga kini hanbok masih dipakai saat acara formal seperti pernikahan atau pada saat perayaan dan festival tertentu. Baju hanbok untuk wanita terdiri dari beberapa bagian, termasuk roknya yang mengembang.

Jika kamu berkunjung ke Korea, jangan lewatkan untuk menyewa hanbok dan berfoto di tempat bersejarah yang ada di Korea, seperti Gyongbokgung Palace.

2. Mengunjungi Gyeongbokgung Palace

Gyeongbokgung Palace harus ada di daftar tempat yang harus kamu kunjungi saat pertama kali traveling ke Korea! Di sana kamu bisa sekalian menyewa baju tradisional hanbok dan foto di depan istana yang megah ini.

Gyeongbokgung Palace merupakan salah satu istana terbesar yang dibangun pada 1394 saat Dinasti Joseon berkuasa di Korea. Luas komplek istana ini mencapai 410 ribu meter pesegi dan terdiri dari beberapa bangunan. Istana ini merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea.

Kini Istana Gyeongbokgung Palace dibuka untuk umum dan kamu bisa juga masuk ke dalam Museum Nasional Rakyat Korea yang ada di dalamnya. Jika beruntung, kamu bisa melihat festival di istana ini. Cek tanggal kunjunganmu dan cari tahu acara apa yang berlangsung di Gyeongbokgung.

3. Belajar membuat “kimchi”

Suka dengan kuliner khas Korea? Pas banget, nih, saat traveling ke sana kamu bisa sekalian ikut cooking class dan mempelajari bagaimana membuat masakan Korea, seperti kimchi langsung dari ahlinya!

Kimchi merupakan sejenis asinan sayur berbumbu pedas yang difermentasi. Bahan-bahan pembuatan kimchi antara lain kubis atau sawi putih, bawang putih, kecap ikan, lobak, garam, jahe, wortel, paprika merah, dan lainnya. Setelah semua bahan dicampur, kimchi pun difermentasi di dalam pot tanah liat (onggi).

Saking mendarah dagingnya budaya makan kimchi di masyarakat Korea, bahkan setiap tanggal 22 November di negara tersebut diperingati sebagai Kimchi Day, lho! Nah, jika kamu tertarik membuat kimchi, kamu bisa mampir ke Kimchi Academy House di Myeongdong, Seoul.

4. Belanja skincare di Myeongdong

Di Myeongdong kamu tidak hanya dapat belajar membuat kimchi, tapi juga berbelanja sampai puas! Ya, Myeongdong memang terkenal sebagai tempat belanja produk kosmetik dan skincare keluaran Korea yang memiliki kualitas terbaik.

Bahkan, banyak wisatawan Indonesia yang sambil traveling ke Korea juga membuka jasa titip pembelian skincare di sana. Selain harganya lebih murah, kamu pun berkesempatan mendapat promo dan produk sampelgratis di berbagai toko skincare yang ada di Myeongdong. Asyik, kan!

5. Berjalan di antara pohon-pohon tinggi di Nami Island

Nami Island jadi tempat wisata populer di Korea. Apalagi setelah drama Winter Sonata yang diproduksi tahun 2002 mengambil setting di pulau ini, dunia pariwisata di sana semakin berkembang.

Berjarak 1,5 jam perjalanan dari Seoul, di Nami Island kamu bisa menjajal pengalaman berjalan diantara pohon-pohon tinggi dan mengambil foto disana. Nuansa terbaik adalah saat musim dingin dimana salju menjadi pemandangan yang mengagumkan.

Berada di sana saat musim gugur pun pepohonannya juga tidak kalah bagusnya. Kamu bisa melihat deretan pohon dengan warna kekuningan. Tempat ini menjadi salah satu spot liburan terbaik di Korea saat musim gugur!

6. Menjelajahi daerah elit Gangnam

Meski lagunya sudah lama beredar, tapi kamu tentu tidak akan lupa dengan Gangnam Style yang dinyanyikan oleh Psy, kan? Jika berkunjung ke Korea, jangan lupa juga untuk mampir ke Distrik Gangnam di Seoul untuk melihat seperti apa kehidupan di sana. Gangnam merupakan salah satu kawasan elit dengan deretan toko-toko fashion dan kafe diantara gedung-gedung tinggi.

Bagi kamu para hallyu jangan sampai tidak mampir ke Gangnam, karena di distrik ini terdapat K-Star Road. Di sekitar kawasan ini berdiri kantor beberapa agensi, seperti JYP Entertainment, SM Entertainment, Cube, dan lainnya. Siapa tahu, kan, pas lagi jalan-jalan di sini kamu bisa ketemu EXO atau artis Korea lainnya.

7. Bersantai di Cheonggyecheon Stream

Saat malam, kamu bisa duduk santai di pinggir sungai yang membelah kota Seoul. Ya, inilah Cheonggyecheon Stream yang terkenal sampai-sampai konsepnya diadopsi untuk Sungai Ciliwung di Jakarta dan Kalimalang di Bekasi!

Siapa sangka Cheonggyecheon Stream dulunya juga merupakan sungai dengan kondisi yang sangat parah hingga akhirnya ditutup jalan. Namun pada 2003, pemerintah setempat merevitalisasinya, bahkan membuat ekosistem buatan baru pelengkap sungai. Kini, Cheonggyecheon Stream menjadi ruang publik dan tempat wisata yang menyenangkan di Korea!

Sudah siap ke Korea? Jangan lupa untuk melakukan tujuh hal ini jika kamu berkunjung ke sana, ya!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com