Advertorial

Lakukan Hal Ini Bila Tidak Ingin Pasokan Air Diputus PDAM

Kompas.com - 25/02/2019, 16:27 WIB

Tepat pada tahun lalu, sejumlah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) daerah memutuskan untuk menerapkan sistem bayar bulan berjalan. Artinya, apabila pelanggan terlambat membayar selama satu bulan dan kemudian hanya membayar biaya satu bulan pada bulan berikutnya, maka bulan yang terlewat dihitung sebagai tunggakan. Penunggakan tersebut pun bisa berujung kepada pemutusan layanan.

Tindakan tegas ini akan diambil apabila tunggakan memasuki bulan ketiga. Misalnya, ketika pelanggan menunggak pembayaran PDAM mulai bulan Januari, pihak PDAM akan memutus sambungan air pada bulan April bila tidak ada pembayaran sama sekali sejak jatuh tempo pada bulan Januari.

Pemutusan layanan PDAM ini terjadi berbagai daerah, salah satunya di Pandeglang, Banten. Salah satunya di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang. Di desa ini, petugas PDAM Tirta Berkah beserta kejaksaan menyisir belasan rumah pelanggan yang diketahui menunggak pembayaran di atas empat bulan dan tidak ada lagi kesanggupan untuk membayar.

Bila tidak ingin hal tersebut terjadi, inilah tiga hal yang perlu dilakukan agar layanan tidak diputus oleh pihak PDAM.

Catat anggaran rumah tangga soal tagihan

Inilah hal yang paling penting agar suplai air bersih untuk aktivitas rumah tangga tetap terjaga. Membuat dan mencatat anggaran rumah tangga sangatlah penting, apalagi bila menyangkut kebutuhan yang mendasar seperti air bersih yang disediakan oleh PDAM. Penggunaan air tentu akan kamu lakukan setiap harinya, sehingga pencatatan pembayaran tagihan PDAM wajib ada dalam catatan anggaran kamu. Jangan lupa untuk mencatat juga fasilitas tambahan yang digunakan, seperti tv kabel dan internet.

Jangan menunggak, langsung bayar penuh

Ingatlah bahwa semakin lama menunda pembayaran tagihan PDAM, maka akan semakin tinggi tagihan serta denda yang akan dibebankan kepada tagihan. Oleh karena itu, agar anggaran rumah tangga tetap berjalan baik, alangkah baiknya mebiasakan diri untuk membayar langsung ketika tagihan PDAM sudah keluar.

Bila tidak ada waktu, bayar secara online

Salah satu alasan telat membayar PDAM adalah karena tidak sempat ke ATM untuk membayar tagihan. Akan tetapi, saat ini tidak perlu pergi ke ATM lagi karena bayar PDAM online bisa dilakukan lewat satu aplikasi saja, yaitu Traveloka App. Traveloka App memiliki fitur myBills yang memungkinkan kamu membayar tagihan PDAM secara online.

Jangan lupa untuk menerapkan tiga hal tersebut agar layanan PDAM di rumah tidak diputus. Dengan membayar secara online lewat Traveloka App, pembayaran tagihan rumah tangga jadi lebih mudah. Jadi, tunggu apa lagi? Bayar tagihan lewat myBills di Traveloka App dan buat hidup menjadi lebih mudah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com