Advertorial

Peringati Hari Raya Nyepi, Akuarium Seaworld Disulap Menjadi Arena Duel Barong dan Rangda

Kompas.com - 27/02/2019, 14:50 WIB

Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941 akan jatuh pada tanggal 7 Maret 2019 mendatang. Bagi umat Hindu, Hari Raya Nyepi merupakan momentum untuk melakukan refleksi dan berdiam diri selama sehari semalam. Ada empat hal yang pantang dilakukan saat Nyepi, yakni tidak boleh melakukan kegiatan, tidak boleh keluar rumah, tidak boleh mencari hiburan, dan tidak boleh menyalakan api.

Di sisi lain, hari raya Nyepi mengandung sebentuk makna mulia untuk memotivasi umat manusia agar meninggalkan sifat serakah dan selalu menjaga alam yang merupakan sumber kehidupan. Filosofi inilah yang kemudian diadopsi oleh Seaworld dan diimplementasikan menjadi sebuah persembahan khusus bagi para pengunjungnya.

Dalam rangka memperingati hari raya Nyepi tahun ini, Sea World menampilkan pertunjukan bertajuk “Barongan, an Epic Underwater Show” yang akan digelar di akuarium utama mulai tanggal 7-10 Maret 2019 mendatang. Tari Barong sendiri menggambarkan pertarungan yang sengit antara kebaikan melawan kejahatan dan dilambangkan dengan Barong dan Rangda.

Pertunjukan Barong bawah air ini bercerita tentang sebuah negeri yang damai dimana kehidupan manusia begitu serasi dengan alam. Namun, kedamaian itu mulai terusik ketika manusia semakin teperdaya oleh keserakahan dan mulai merusak alam. Tanpa sadar, perilaku buruk itu pun membangkitkan sosok Rangda yang jahat ke tengah-tengah kehidupan mereka. Sampah, polusi, dan pencemaran alam kemudian menjadi ancaman baru terhadap kehidupan mereka.

Melihat kekacauan ini, manusia pun meminta bantuan kepada para dewata yang akhirnya mengutus Barong dari darat dan laut untuk meredam Rangda. Duel antara kedua sisi ini akhirnya menyadarkan manusia agar selalu menjaga alam tempat mereka tinggal. Perang ini pun membawa pesan bagi manusia untuk terus menjaga diri dari keserakahan yang membawa mereka kepada bencana.

- -

Para pengunjung bisa menikmati pertunjukan ini pada tanggal 7-10, 16 dan 17 Maret 2019 di akuarium utama Sea World. Pertunjukan pertama dilakukan pada pukul 10.45 WIB, sementara pertunjukan kedua bisa disaksikan pada pukul 13.45 WIB.  Selain itu, jangan lewatkan pula workshop Barong dan budaya Bali yang akan berlangsung tanggal 8-10 Maret 2019 di area teater Sea World mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Tak hanya pertunjukan tari Barong, para pengunjung pun bisa menikmati serunya bermain bersama biota laut dan belajar tentang kehidupan bawah laut melalui berbagai kegiatan si Seaworld. Mulai dari serunya menonton ikan hiu yang sedang diberi makan hingga bercengkrama dengan satwa laut nan lucu di touchpool. Ayo isi waktu liburan dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat di Sea World Ancol!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com