Advertorial

Sejarah “Relay Marathon” dari Negeri Sakura yang Mendunia

Kompas.com - 02/05/2019, 10:48 WIB

Cabang olahraga relay marathon mungkin masih terdengar asing untuk beberapa orang, terutama di Indonesia. Olah raga ini adalah lomba lari estafet, diikuti oleh sejumlah pelari yang tergabung dalam sebuah tim dan pada umumnya menempuh jarak jauh. Lahir di Jepang, relay marathon pertama kali diselenggarakan pada 1917 yang disponsori oleh Yomiuri Shimbun, salah satu surat kabar prestisius di Negeri Sakura.

Di negara asalnya, relay marathon disebut “ekiden” yang berasal dari kata “eki” (stasiun) dan “den” (menyampaikan). Awalnya ekiden digunakan sebagai sistem kurir pos di Jepang untuk menyampaikan barang secara berantai (relay) antar stasiun atau pos yang telah ditentukan. Sehingga istilah tersebut diterapkan dalam olahraga ini.

Para pelari menggunakan tasuki (selempang) sebagai penanda yang akan dioper ke pelari berikutnya setelah menempuh jarak tertentu, hingga pelari terakhir akan membawanya ke titik finis. Relay marathon yang paling populer dalam sejarah adalah pada tahun 1920 yang menempuh jarak 217,9 km dan berlangsung selama dua hari.

Sejak 1966 jenis olahraga ini pun banyak melahirkan banyak pelari-pelari maraton terbaik Jepang. Bahkan dari 17 atlet maraton terbaik dunia, 15 di antaranya adalah atlet-atlet dari Jepang. Popularitas ekiden pun memuncak saat Hakone Ekiden disiarkan secara langsung yang disaksikan oleh jutaan pasang mata warga Jepang.

-- -

Di Indonesia sendiri, olahraga ini masih tergolong baru. Akan tetapi relay marathon sangat diminati oleh para pelari Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat partisipasi pada ajang “tiket.com Kudus Relay Marathon” (TKRM) yang diselenggarakan pada Oktober 2018 silam.

Gelaran kedua TKRM akan segera hadir pada 25 Agustus 2019 mendatang dengan menghadirkan berbagai kategori perlombaan ; relay marathon, half-marathon, 10K, 5K, dan kids fun run. Raih podium dan rebut hadiah utama dengan total ratusan juta rupiah, serta medali unik berbentuk puzzle yang disiapkan untuk para finisher.

Daftarkan dirimu dan tim sekarang dan jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan diskon 50% dalam program flash sale yang berlangsung hari ini (3 Mei 2019) pukul 15.00 WIB hingga 4 Mei 2019 pukul 23.59, kuota terbatas!

Klik tautan ini untuk diskon 50% dan informasi lengkap tiket.com Kudus Relay Marathon 2019, jangan sampai kehabisan!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com