Advertorial

Bersiap Menghadapi Lari Maraton? Simak Tips Ampuh Berikut Ini!

Kompas.com - 07/05/2019, 10:51 WIB

Tak seperti sekedar jalan santai atau color run yang saat ini sedang populer, lari maraton membutuhkan dedikasi dan ketekunan tersendiri untuk dapat menyelesaikan lomba. Berpartisipasi dalam lari maraton berarti mengerahkan seluruh energi fisik dan mental, untuk itu diperlukan persiapan ketat selama beberapa bulan agar tubuh dapat beradaptasi dengan medan berat yang akan dilalui.

Seperti apa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menghadapi perlombaan lari maraton? Simak tips dibawah ini!

1. Mengatur pola makan

Pola makan seimbang adalah hal esensial yang tidak boleh terlewatkan dalam persiapan lari maraton. Pilihlah makanan berkarbohidrat tinggi dan rendah serat, tiga sampai enam jam sebelum mulai latihan berlari. Jangka waktu tersebut dapat membantu tubuhmu untuk mencerna makanan secara optimal sehingga mengurangi resiko masalah perut saat berlari.

2. Buatlah jadwal latihan mingguan

Rencanakan dan buat jadwal latihan mingguan selama jangka panjang. Sisipkanlah berbagai macam latihan seperti jalan santai, jogging, sprint, lari jarak jauh, dan jangan lupa juga untuk menyisipkan hari untuk beristirahat. Hal ini wajib dilakukan untuk meningkatkan performamu saat hari perlombaan, juga sebagai salah satu bentuk melatih kedisiplinan.

3. Sisipkan latihan alternatif

Selain rutin dalam latihan berlari, kamu juga perlu menyisipkan beberapa latihan alternatif seperti berenang, yoga, maupun peregangan sederhana. Hal ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan membuat tubuh pulih lebih cepat setelah menempuh latihan yang berat. Selain itu, latihan alternatif dapat membantumu untuk terhindar dari rasa bosan.

4. Tidur yang cukup dan teratur

Hal ini mungkin terkesan remeh dan cukup sulit untuk kamu yang terbiasa tidur larut. Akan tetapi, jika kamu berniat untuk mengikuti lari maraton, kamu perlu memperbaiki kebiasaan buruk ini. Tidur yang cukup dan teratur selama 8-9 jam setiap malam penting untuk dilakukan agar tubuhmu dapat kembali pulih secara optimal, terutama setelah latihan yang intens dan berat selama berjam-jam.

Dengan mengikuti tips-tips di atas secara konsisten dan disiplin, kamu akan siap secara fisik dan mental untuk menghadapi event lari maraton berikutnya.

-- -

Jika kamu berencana untuk mengikuti event lari maraton, pada 25 Agustus 2019 mendatang akan diselenggarakan tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) 2019. Ajak teman-temanmu untuk membuat tim dan mengikuti relay marathon sepanjang 42,195 km dan rebut hadiah utama dengan total lebih dari Rp 189 juta. Tak hanya hadiah yang fantastis, kamu dan tim pun berkesempatan untuk mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon 2019 kategori ekiden secara diundi.

Selain relay marathon, TKRM 2019 juga menghadirkan berbagai kategori lain seperti half-marathon, 10K, 5K, dan kids fun run. Jadi, baik bersama teman, keluarga, dan sendirian pun kamu bisa berpartisipasi dalam event yang pastinya seru ini. TKRM 2019 pun menyiapkan medali unik berbentuk puzzle untuk para finisher.

Meski kamu masih punya waktu berbulan-bulan untuk persiapan TKRM 2019, tapi kamu bisa daftarkan dirimu dan/atau tim sekarang dan dapatkan diskon 30% dalam program early bird yang hanya berlaku sampai 31 Mei 2019.

Kunjungi https://www.tiket.com/promo/TKRM2019 untuk pendaftaran dan info lengkap mengenai TKRM 2019. Jangan lupa ikuti tips di atas ya agar kamu dapat berlari secara optimal dan meraih podium di TKRM 2019!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com