Advertorial

Inilah Tips agar Mudik Bersama Keluarga Semakin Nyaman

Kompas.com - 22/05/2019, 14:58 WIB

 

Lebaran adalah momen spesial setahun sekali yang dimanfaatkan sebagai ajang berkumpulnya sanak saudara di kampung halaman. Tradisi mudik ini seolah telah mendarah daging bagi orang-orang Indonesia, bahwa Lebaran adalah saatnya pulang mudik untuk bersilaturahmi. Oleh karena itu, tak heran jika arus mudik selalu diwarnai dengan keramaian di bandara, pelabuhan,  hingga kemacetan di jalanan.

Faktor kenyamanan pun menjadi hal yang penting untuk diperhatikan agar perjalanan mudik dapat berjalan dengan menyenangkan. Sebelum berangkat, simak dulu tips berikut ini agar perjalanan mudik Anda tetap nyaman, menyenangkan, dan selamat sampai di tujuan.

Pilih sarana transportasi sejak awal

Saat ini telah tersedia berbagai pilihan sarana transportasi yang bisa digunakan untuk pulang ke kampung halaman. Anda bisa memilih untuk mudik menggunakan pesawat terbang, kereta api, bus, sampai kendaraan pribadi. Setiap pilihan moda transportasi tentunya memiliki keuntungannya sendiri-sendiri.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih sarana transportasi. Beberapa di antaranya adalah jarak yang ditempuh, biaya yang harus dikeluarkan, sampai berapa banyak anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan ini. Pilihlah sarana transportasi yang paling nyaman bagi Anda sekeluarga agar tetap bugar saat momen Lebaran nanti.

Persiapkan barang bawaan

Setelah menentukan sarana transportasi, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mendaftar barang bawaan yang diperlukan. Daftar ini diperlukan agar Anda bisa memperkirakan seberapa banyak barang yang akan dibawa mudik nanti dan menyesuaikannya dengan alat transportasi yang dipilih. Selain itu, daftar ini juga berguna agar Anda tidak melupakan barang-barang yang penting untuk dibawa saat mudik nanti.

Sebaiknya jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena berpotensi merepotkan dan bisa membuat perjalanan mudik menjadi tidak nyaman. Jika memang ada banyak yang harus dibawa, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan jasa ekspedisi yang tersedia.

Jaga kondisi fisik dan siapkan obat-obatan

Kondisi fisik menjadi salah satu hal yang sering disepelekan saat ingin melakukan perjalanan mudik. Kondisi tubuh yang sedang berpuasa bisa saja rentan terserang penyakit jika Anda tidak memperhatikan asupan vitamin dan jenis makanan yang dikonsumsi. Apalagi perjalanan mudik bisa memakan waktu berjam-jam yang bisa membuat tubuh kelelahan.

Untuk mengatasinya, Anda harus menjaga makanan yang dikonsumsi. Perhatikan nutrisi dari makanan dan jika perlu konsumsi multivitamin agar tubuh bisa lebih kuat dan bugar. Jangan lupa juga melakukan olahraga ringan seperti perenggangan agar tubuh tidak terasa kaku. Terakhir, bawa juga obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi jika ada yang sakit selama di perjalanan.

Atur keuangan dengan bijak

Terakhir dan yang paling penting adalah mengatur anggaran mudik dengan bijak. Buatlah perencanaan keuangan ini dengan terstruktur mulai dari persiapan mudik, selama mudik, sampai kembali dari mudik. Catat setiap pengeluaran dan lakukan check and balance dengan pemasukannya. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi keuangan Anda tidak defisit.

Untuk membantu perencanaan keuangan ini, Anda bisa menggunakan pinjaman online agar tidak selalu mengandalkan uang kas untuk pengeluaran mudik. Salah satu pinjaman online yang bisa membuat mudik lebih mudah dan nyaman adalah Traveloka PayLater.

Fasilitas keuangan dari Traveloka ini membuat Anda bisa melakukan metode pembayaaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Skema pelunasannya pun bervariasi, yaitu dengan metode cicilan mulai dari 1 hingga 12 bulan dengan biaya cicilan yang rendah.

Selain itu, Anda juga memanfaatkan promo PayLater yang bisa membantu menghemat pengeluaran saat mudik. Promo yang berlaku bagi pengguna pertama Traveloka PayLater ini akan memberikan tiga kupon diskon untuk produk terpilih Traveloka. Kupon diskon Traveloka PayLater Mystery Deals ini akan dikirimkan via email jika permohonan Traveloka PayLater Anda disetujui. Anda bisa menggunakan kupon ini untuk produk terpilih Traveloka seperti tiket pesawat, paket pesawat dan hotel, Eats, Xperience, dan tiket bioskop.

Anda juga tak perlu khawatir soal keamanan dari pinjaman online ini. Traveloka PayLater telah bekerja sama dengan CSF (Caturnusa Sejahtera Finance) sebagai mitra resmi yang terdaftar dan memiliki izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menggunakan pinjaman online sebagai solusi menghemat uang kas, mudik pun dapat berjalan dengan nyaman tanpa harus khawatir kehabisan uang kas saat berada di kampung halaman nanti. Kenyamanan menjadi faktor yang penting saat ingin melakukan perjalanan mudik. Perhatikan tips-tips di atas agar mudik tahun ini bisa berjalanan menyenangkan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com