Advertorial

Agar Sukses Melangkah ke Kampus di Luar Negeri, Ini Tips Sukses Tes IELTS dan PTEA

Kompas.com - 23/05/2019, 11:55 WIB

Jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, kecakapan bahasa yang digunakan sebagai pengantar di negara tujuan sangat diperlukan. Bahkan menjadi syarat untuk bisa diterima di universitas yang dituju.

Misalnya saja, ketika ingin berkuliah di Singapura, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, atau Inggris tentunya kamu harus mampu menulis, memahami, dan berbicara Bahasa Inggris dengan fasih. Biasanya kecakapan berbahasa tersebut harus dibuktikan dengan serangkaian tes.

Tes yang paling umum adalah IELTS. Tes IELTS memerlukan waktu lebih kurang tiga jam. Tes terdiri atas empat bagian yaitu listening, reading, writing, dan speaking. IELTS banyak dijadikan syarat untuk masuk universitas-universitas di Inggris, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa.

Saat ini ada satu tes lagi yaitu Pearsons Test of English Academic (PTEA). Berbasis komputer, tes ini lebih berimbang, relevan, akurat, dan praktis. Hasil bisa didapat maksimal lima hari setelah tes dan dikirim melalui email. Sudah banyak juga di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat yang menerima hasil tes ini sebagai syarat mendaftar.

Nah, apapun jenis tesnya satu hal yang pasti adalah kamu butuh persiapan. Berikut tips agar kamu sukses mengikuti tes IELTS dan PTEA sehingga langkahmu untuk kuliah di luar negeri lebih mulus.

1.                  Melatih telinga untuk mendengar beragam aksen

Uji kemampuan mendengarkan (listening) merupakan komponen yang ada di dalam tes IELTS maupun PTEA. Agar dapat menjawab setiap tugas yang diberikan dalam tes listening kamu sebaiknya rajin melatih telinga mendengarkan Bahasa Inggris dalam berbagai aksen. Tujuannya agar telinga tidak “kaget” saat nanti menghadapi tes. Coba mulai rajin untuk mendengarkan berita, podcast, siaran radio dalam Bahasa Inggris, atau menonton film-film berbahasa Inggris tanpa teks. . 

2.                  Lebih sering membaca buku, majalah, atau koran berbahasa Inggris

Rajin membaca buku, majalah, atau koran berbahasa Inggris akan membantumu terbiasa melihat struktur kalimat dalam Bahasa Inggris yang lebih baik dan profesional. Bukan sekedar kalimat percakapan sehari-hari. Selain itu menambah kosa kata Bahasa Inggris yang kamu pahami. 

3.                  Latih kemampuan berpikir kritis

Agar dapat melalui tes IELTS dan PTEA dengan lancar kamu juga harus memiliki kemampuan berpikir kritis. Kemampuan ini akan sangat berguna saat kamu menjalani tes reading dan writing. Jika bisa berpikir kritis kamu akan mudah menganalisa koneksi antara satu ide dengan ide lainnya secara logis saat tes reading. Selain itu essai yang kamu tulis dalam tes writing pun akan lebih terstruktur, logis, dan berisi.

- -

4.        Berlatih dengan model simulasi

Kamu akan merasa lebih mantap dan percaya diri saat menjalani tes IELTS dan PTEA jika sering berlatih. Kamu bisa mengunjungi situs-situs yang menyediakan tes simulasi (mock test) IELTS dan PTEA. Jika ingin lebih terpercaya lagi, coba datangi lembaga-lembaga yang menyediakan kelas persiapan IELTS dan PTEA beserta dengan tes simulasinya.

Tes IELTS dan PTEA sangat dibatasi oleh waktu. Jika rajin mengikuti tes simulasi kamu juga akan semakin pandai mengatur waktu pengerjaan setiap komponen tes agar setiap bagian terselesaikan dengan baik.

5.        Cari kelompok belajar

Jika ingin lebih semangat berlatih untuk persiapan tes IELTS dan PTEA sebaiknya kamu mengikuti kelas persiapan di lembaga-lembaga bahasa atau konsultan pendidikan luar negeri. Belajar bersama teman akan membuatmu merasa punya teman seperjuangan, memudahkanmu untuk berdiskusi seputar tes, dan termotivasi dengan progres teman-temanmu.

Tidak perlu bingung mencari lembaga mana yang menyediakan kelas persiapan untuk IELTS dan PTEA. Kunjungi saja IALF  Jakarta yang menyediakan kelas persiapan tes IELTS setiap Selasa-Sabtu.  

Tersedia kelas persiapan intensif dengan periode belajar selama seminggu dan semi intensif selama dua minggu bagi mereka yang sudah memiliki hasil tes IELTS sebelumnya. Bedanya pada durasi waktu belajar. Tersedia juga kelas persiapan IELTS regular dengan kelas intensif dua minggu, lima dan delapan minggu.

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri mengikuti tes PTEA tersedia kelas persiapan ekspres yang diadakan setiap hari Selasa dan Jumat, masing-masing satu hari sebelum tes PTEA berlangsung.

Kamu juga bisa melakukan tes IELTS dan PTEA di IALF Jakarta. Tes IELTS diselenggarakan di IALF Jakarta setiap Kamis, satu kali dalam sebulan, dan tiga kali dalam sebulan setiap Sabtu. Sementara tes PTEA dapat kamu lakukan di IALF setiap Rabu dan Sabtu.

Selain membantu mempersiapkan tes kemampuan Bahasa Inggris, IALF Jakarta juga memiliki konsultan-konsultan IALF Global yang dapat membantu persiapan sekolah di luar negeri. Mulai dari tahap pemilihan negara, kampus, pengurusan visa pelajar, hingga akomodasi di negara tujuan.

Kunjungi www.ialf.edu dan ikuti akun Facebook dan Instagram @ialfedu untuk informasi lebih lanjut. Untuk mencari tahu seputar kelas persiapan IELTS dan PTEA kamu bisa kunjungi IALF Jakarta di Plaza Kuningan, Menara Selatan lantai 3, Jl HR Rasuna Said, Kavling C 11-14, Jakarta Selatan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com