Advertorial

5 Tips Aman Menggunakan Traveloka PayLater supaya Tidak Terlilit Utang

Kompas.com - 21/06/2019, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Layanan Traveloka PayLater bisa sangat membantu untuk beberapa kondisi. Traveloka juga bekerja sama dengan Caturnusa Sejahtera Finance (CSF), salah satu kelompok usaha Sinarmas untuk layanan Traveloka PayLater.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir menggunakan Traveloka PayLater karena SCF adalah mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin operasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Layanan ini cukup banyak dibutuhkan. Anda tidak tahu kapan harus ke luar kota untuk keperluan mendadak. Kadang, hal itu muncul saat keuangan dalam kondisi tidak baik. Tidak heran kalau layanan pinjaman tanpa kartu kredit dari Traveloka cukup disukai.

Namun di balik kemudahannya, Anda harus tetap bijak. Jika salah, keuangan Anda malah akan berantakan. Untuk itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa kiat menggunakan jasa cicilan online Traveloka PayLater.

1. Tahu kondisi keuangan beberapa bulan ke depan

Tidak jarang orang meminjam dengan hanya melihat kondisi keuangan saat ini. Satu hal yang pasti saat meminjam adalah mengembalikan. Nah, Anda yang ingin menggunakan layanan Traveloka PayLater juga harus tahu kondisi keuangan untuk membayar tagihannya.

Pertahankan tagihan Anda tidak melebihi 30 persen jumlah penghasilan bulanan. Untungnya, Traveloka memberikan tenggat waktu pelunasan hingga 12 bulan. Jika Anda bisa melunasi dalam 30 hari karena kondisi keuangan sedang baik, tinggal pilih saja pengaturannya.

2. Pakai smartphone dan akun sendiri

Karena berhubungan dengan data diri dan uang banyak, sebaiknya Anda pakai gadget yang benar-benar milik pribadi. Smartphone milik keluarga dekat pun tidak disarankan.

-- -

Hal itu karena bisa saja gadget sudah digunakan untuk membuka situs-situs yang tidak diketahui. Sebaiknya jangan pula meminjam akun teman karena Anda mungkin bisa merugikan orang lain.

Tenang, Traveloka tidak memberikan data pribadi Anda kepada pihak lain. Selain itu, transaksi yang Anda lakukan pasti akan tercatat dengan baik dan bisa langsung dicek lewat aplikasi di smartphone.

Anda pun akan mendapatkan notifikasi saat sudah harus membayar tagihan untuk mencegah pembayaran melebihi tanggal jatuh tempo.

3. Pakai Traveloka PayLater dengan promo yang ada

Inilah enaknya pakai Traveloka PayLater. Anda bisa mendapatkan promo menarik, bahkan sejak pertama kali melakukan pengajuan.

Lebih amannya lagi, Anda hanya bisa menggunakannya untuk produk-produk yang ada di situs dan Traveloka app. Dengan begitu, penggunaannya juga akan terkontrol.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh tergoda dengan promo menarik dari Traveloka. Bisa jadi Anda mendapatkan promo buy 1 get 1 untuk tiket nonton bioskop atau potongan harga menarik untuk paket makanan di restoran favorit.

Di situlah saatnya Traveloka PayLater Anda digunakan. Pengeluaran bulanan Anda malah bisa menyusut di akhir bulan dengan berbagai promo tersebut..

4. Tolak tawaran gesek tunai dari orang tidakdikenal

Layanan Traveloa PayLater ini beberapa kali telah disalahgunakan. Banyak oknum yang menggunakan kesempatan ini untuk memberikan penawaran gesek tunai atau gestun dari layanan Traveloka PayLater Anda.

-- -

Penawaran ini memberi Anda uang tunai dengan layanan Traveloka PayLater. Apa pun alasan dan iming-imingnya, sebaiknya Anda tidak menerima tawaran ini. Biasanya, Anda akan dikenakan bunga tambahan dari oknum tersebut sehingga cicilan semakin besar.

5. Catat semua pengeluaran yang menggunakan Traveloka PayLater

Pembelian produk dengan menggunakan layanan Traveloka PayLater harus dicatat. Anda bisa menemukan daftar pembelian di halaman purchase history.

Selain itu, jika Anda mendapatkan jumlah yang besar untuk saldo Traveloka PayLater, sebaiknya jangan gunakan sampai habis. Tetap sisakan untuk berjaga-jaga saat Anda benar-benar membutuhkannya lagi.

Hal penting yang harus Anda lakukan berikutnya adalah membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Jika semuanya dilakukan, dijamin Anda akan terbebas dari lilitan utang.

Ditambah lagi, keuangan Anda pun jadi semakin stabil. Segera ajukan sekarang langsung dari smartphone Anda dan dapatkan Promo Traveloka Paylater. Tunggu apa lagi?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com