Advertorial

5 Tips Melakukan Perjalanan Bisnis ke Surabaya

Kompas.com - 24/06/2019, 16:27 WIB

Perjalanan bisnis memang tidak semenyenangkan liburan. Sebagian besar orang mungkin akan merasa terbebani dengan perjalanan satu ini. Ada banyak faktor penyebabnya, mulai dari persiapan barang bawaan sampai persiapan ketika pertemuan atau presentasi kerja.

Dari sekian banyak kota di Indonesia, Surabaya menjadi salah satu kota dengan pusat bisnis terbanyak. Tidak sedikit perjalanan bisnis dengan tujuan ke Kota Pahlawan.

Nah, agar perjalanan bisnis tidak membebankan, simak 5 tips perjalanan bisnis berikut ini:

1. Persiapan barang bawaan

Untuk melakukan perjalanan bisnis, Anda tidak perlu membawa banyak barang bawaan. Bawalah barang secukupnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu membawa tas atau koper besar. Cukup bawa koper kecil agar praktis dan bisa dimasukkan ke dalam kabin pesawat.

Selain baju bawaan, jangan lupa mempersiapkan peralatan penunjang kerjaan Anda, seperti laptop dan buku agenda. Susun dokumen dengan benar agar nantinya Anda tidak kewalahan saat mencarinya.

2. Pilih akomodasi ternyaman

Hal kedua yang patur Anda perhatikan adalah pemilihan akomodasi. Usahakan pilih akomodasi yang dekat dengan tempat Anda melakukan pertemuan bisnis. Untuk memilihnya, Anda bisa mencari akomodasi terbaik melalui Traveloka.

Ada berbagai banyak pilihan tempat menginap yang ditawarkan melalui Traveloka. Anda bisa memilih akomodasi sesuai bujet yang diinginkan. Anda pun bisa menggunakan fitur best price guarantee untuk mendapatkan voucher diskon terbaik di tempat menginap.

3. Pilih kursi paling nyaman

Melakukan perjalanan bisnis harus disertai kenyamanan dalam penerbangan. Melalui Traveloka, Anda bisa memesan tiket pesawat ke Surabaya dengan mudah dan bisa mengandalkan inflight service Traveloka untuk memilih kursi serta menu makanan sesuai selera.

-- -

Lama perjalanan bisnis ke Surabaya bervariasi, tergantung lokasi keberangkatan. Jika memakai kelas ekomoni, usahakan pilih tempat duduk yang luas, yakni dekat pintu keluar darurat. Anda juga bisa memilih tempat duduk di kelas bisnis untuk tingkat kenyamanan yang lebih tinggi.

4. Luangkan waktu untuk bersantai

Meski tujuan Anda adalah bekerja, tidak ada salahnya untuk bersantai sejenak. Ada banyak tempat menarik di Surabaya yang bisa Anda sambangi untuk melepas penat. Anda bisa melakukan petualangan sejenak di malam hari setelah bekerja dan sebelum tidur.

 

Anda bisa menyesuaikan jadwal dan lokasi wisata menarik di Surabaya yang ingin dikunjungi. Salah satu tempat menarik untuk melepas penat adalah Taman Bungkul yang berlokasi di pusat kota Surabaya, sehingga tidak memakan waktu perjalanan Anda.

5. Jaga kesehatan

Ini adalah hal yang terpenting jika Anda tengah melakukan perjalanan bisnis. Sebisa mungkin Anda harus menjaga kondisi kesehatan agar tetap prima. Salah satu tipsnya adalah siapkan multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh agar prima.

Anda pun perlu memperhatikan asupan makanan. Usahakan makan makanan sehat dan cukup. Perhatikan juga waktu tidur. Dengan tidur di waktu yang tepat, tubuh Anda akan segar di pagi hari sehingga lebih siap melakukan pertemuan dan presentasi dengan kondisi yang fit.

Itu dia tadi 5 tips dalam melakukan perjalanan bisnis. Untuk bisa mendapatkan tiket penerbangan ke Surabaya dengan harga pas, Anda bisa mengaktifkan fitur price alert di Traveloka. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan tiket penerbangan dengan bujet yang sesuai.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com