Advertorial

Sering Anemia Saat Menstruasi? Simak Tiga Tips Berikut

Kompas.com - 24/06/2019, 17:51 WIB

Baik ibu rumah tangga atau ibu bekerja, sebagai wanita yang memiliki aktivitas segudang, tubuh yang prima merupakan modal utama. Maka dari itu, berbagai cara dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan tubuh.

Namun, tak dapat dihindari saat wanita mengalami menstruasi, berbagai rasa tidak nyaman pun akan dirasakan. Mulai dari pusing, rasa nyeri, kram pada perut, hingga anemia pun akan menganggu aktivitas sehari-hari.

Anemia sendiri merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika seseorang mengalami anemia, tentu saja ia akan merasa cepat lelah bahkan bisa mengakibatkan pusing dan penglihatan berkunang-kunang.

Biasanya, para wanita mengalami anemia saat menstruasi karena jumlah darah haid yang keluar mengalami peningkatan. Kondisi tersebut bisa diperparah dengan kondisi tubuh yang kekurangan zat besi.

Jika sudah mengalami anemia, tentu banyak kegiatan yang tidak terselesaikan. Maka dari itu, untuk mencegah anemia saat menstruasi, lakukan tiga tips berikut :

  1. Gerakan badan dengan olahraga ringan

    Meski Anda sedang mengeluarkan darah yang cukup banyak saat haid, tetap lakukan olahraga ringan. Peregangan tubuh atau yoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika tidak sempat melakukannya, Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan fisik, seperti mengepel, mencuci baju, atau naik turun tangga.

    Dengan berolahraga atau menggerakan badan, peredaran darah Anda menjadi lancar dan tubuh menjadi lebih sehat. Dengan begitu, darah yang keluar saat haid menjadi terkontrol sehingga mampu mencegah Anda mengalami anemia.

  2. Atur pola makan

    Sebelum atau saat menstruasi, sudah seharusnya Anda mengatur pola makan. Makanlah makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi, seperti daging merah, hati ayam, telur, dan ikan.

    Sayuran hijau juga memiliki kandungan zat besi yang bagus untuk tubuh. Jangan lupakan juga untuk tetap mengonsumsi buah. Hindari mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan soda. Kafein akan mengurangi kemampuan tubuh untuk penyerapan zat besi yang berdampak pada keseimbangan sel darah merah.

  3. Memilih Pil KB yang tepat

    Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan sedang menggunakan kontrasepsi oral, pemilihan Pil KB yang tepat adalah hal yang wajib dilakukan. Sebaiknya Anda mengonsumsi Pil KB yang memiliki kandungan zat besi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karenanya, percayakan saja pilihan Anda pada Pil KB Andalan FE. Kandungan zat besinya mampu membantu mencegah gejala anemia saat menstruasi.

-- -

Tak hanya bisa mencegah gejala anemia, Pil KB Andalan FE juga mampu membuat siklus haid menjadi teratur, mengurangi rasa nyeri dan kram saat haid, membantu menstabilkan berat badan, tidak menimbulkan flek pada kulit, mengurangi resiko kanker rahim, dan mengembalikan kesuburan dengan cepat.

Minumlah pil pertama pada hari pertama menstruasi, pil selanjutnya diminum pada jam yang sama setiap hari. Supaya tidak telat meminumnya, Anda bisa menyalakan fitur pengingat di ponsel Anda setiap hari pada jam yang sama.

Dengan Pil KB Andalan FE, dapatkan perlindungan ganda dalam perencanaan keluarga yang tidak membatasi aktivitas Anda sehari-hari. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pil KB Andalan FE dan kontrasepsi lainnya, silakan klik di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com