Advertorial

Lelang Sebagai Alternatif Terbaik dalam Berburu Mobil Bekas Berkualitas

Kompas.com - 16/07/2019, 14:51 WIB

Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat Anda memutuskan untuk mengakuisisi mobil bekas. Mulai dari datang ke diler-diler mobil bekas, melihat dari listing iklan, situs jual beli, atau bahkan melalui kenalan atau kerabat terdekat. Namun, ada satu alternatif lain yang menarik untuk dicoba, yaitu lelang.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika membeli mobil bekas melalui lelang. Jika dibandingkan dengan diler mobil bekas, Anda dapat menemukan lebih banyak pilihan mobil bekas dengan berbagai tipe, kondisi, dan tahun. “Soal harga relatif lebih rendah dari market, jadi bujet pun bisa lebih fleksibel,” ujar Presiden Direktur IBID-Balai Lelang Serasi, Deddy Doxa Manurung.

Berburu mobil bekas di pelelangan pun relatif mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa melihat langsung unit yang akan dilelang saat open house, pada umumnya 1-2 hari sebelum lelang dilangsungkan. Jika tidak begitu memahami kendaraan, Anda bisa didampingi oleh kerabat atau siapapun yang dapat membantu menilai kondisi mobil.

Setelah menemukan mobil yang kondisinya sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat melakukan registrasi dan membeli Nomor Peserta Lelang (NPL) untuk dapat mengikuti lelang pada waktu yang telah ditentukan. Pada hari dan waktu yang ditentukan, Anda dapat mulai “berkompetisi” untuk mendapatkan mobil yang diincar. Jika kalah lelang pun tak perlu khawatir karena uang NPL akan kembali ke kantong Anda.

Meski prosedurnya relatif mudah, Anda yang memiliki rutinitas mungkin akan kesulitan mengikuti lelang. Mengingat Anda perlu mendedikasikan waktu untuk melakukan pendaftaran, mengecek kondisi mobil, hingga mengikuti proses lelang.

Nah, kabar baiknya sekarang Anda dapat melalui semua proses tersebut tanpa perlu repot-repot menyediakan waktu untuk mengunjungi balai lelang. Anda dapat berburu mobil bekas lelangan di situs dan aplikasi terbaru IBID. “Sekarang semuanya bisa online di IBID, mulai dari registrasi, beli NPL, hingga proses lelangnya sendiri lewat fitur Live Auction kita,” ujar Doxa.

Proses pencarian mobil kian mudah dan praktis dengan berbagai fitur seperti filter, sort, dan compare yang dapat dimanfaatkan. Kondisi, spesifikasi, dan kelengkapan surat-surat pun tertera secara jelas dan lengkap yang memungkinkan untuk survei mobil incaran Anda tanpa harus datang ke balai.

Bingung untuk menentukan batas maksimal penawaran? Anda dapat memanfaatkan Market Auction Price (MAP) yang ada di situs dan aplikasi IBID sebagai gambaran untuk harga pasaran unit incaran Anda. Penilaian kondisi mobil pun menggunakan sistem Astra Car Valuation, salah satu parameter penilaian terbaik yang ada saat ini.

Fitur Live Auction yang dihadirkan pun kian memudahkan Anda dalam mengikuti lelang. Anda dapat memberikan penawaran secara real-time saat lelang berlangsung melalui situs ataupun aplikasi IBID dimanapun Anda berada. “Bahkan fitur Live Auction ini memungkinkan konsumen untuk mengikuti lelang di empat kota sekaligus,” tambah Doxa.

Hadirnya fitur “Favourite” di aplikasi IBID pun akan mengingatkan Anda jika lelang mobil incaran Anda akan segera di mulai. Melakukan penawaran pun kian praktis dengan fitur auto-bid yang dapat membantu Anda memberikan penawaran secara otomatis, dengan batas penawaran maksimum sesuai dengan harga yang Anda tentukan.

Inovasi yang dihadirkan IBID dalam dunia lelang ini tentunya kian memudahkan Anda untuk menemukan mobil bekas berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Temukan mobil impian Anda dengan mengunjungi situs IBID , serta unduh aplikasinya di Play Store untuk pengalaman lelang yang mudah dan praktis.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com