Advertorial

Coba Menginap di Hotel Eastparc - Hotel dengan Teknologi Tercanggih di Yogya

Kompas.com - 20/07/2019, 09:46 WIB


Travelling kini tidak hanya menjadi kebutuhan melepas penat tetapi semakin digemari sebagai gaya hidup. Hal ini semakin didukung dengan tersedianya platform online, seperti Traveloka, Tiket.com, Agoda, dan Booking.com yang memberikan beragam alternatif akomodasi dan membantu tamu melakukan reservasi kamar secara online dan instan.

Tak heran jika jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara kian meningkat setiap tahunnya. Tercatat sepanjang tahun 2018, Indonesia dikunjungi 15,8 juta turis asing, meningkat 1,7 juta dibandingkan tahun sebelumnya.

Bosan dengan Bali? Yogyakarta dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata Anda bersama keluarga untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Yogyakarta memiliki ragam wisata budaya dan alam yang senantiasa menarik wisatawan domestik maupun asing. Sebut saja destinasi klasik seperti Keraton Yogyakarta, Candi Prambandan, dan Candi Borobudur dengan nilai budaya yang tinggi, ataupun Jalan Malioboro untuk penggemar shopping.

Ingin cari suasana alam atau pemandangan pantai? Yogyakarta memiliki Pantai Parangtritis yang tak pernah sepi penggunjung, Pantai Wediombo yang dikelilingi batu koral, atau Pantai Timang dengan ombaknya yang biru.

Tak perlu khawatir dengan pilihan akomodasi, kota budaya ini memiliki lebih dari 1.600 akomodasi dengan total hampir 33.000 kamar yang siap dihuni. Data penumpang di Bandara Adisutjipto selama tahun 2018 mencapai 8,5 juta orang, meningkat 7,6 persen dibandingkan 2017. Sedangkan Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ini menargetkan kehadiran 5,9. juta wisatawan, hal ini semakin didukung dengan telah diresmikannya Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo pada 6 Mei 2019.

Mengikuti perkembangan dan tren pariwisata di Indonesia, industri perhotelan pun semakin memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mendukung operasional kesehariannya dan pelayanan kepada para tamu. Salah satu teknologi yang menjadi kebutuhan standard di operasional hotel yaitu aplikasi Hotel Management System (HMS). Dengan menggunakan HMS, hotel dengan mudah mengatur reservasi kamar, melakukan registrasi tamu pada saat proses check-in ataupun melayani tamu pada saat check-out.

- -

Salah satu fitur terbaru memungkinkan hotel melayani tamu menggunakan mobile gadget. Contohnya untuk proses check-in, registrasi tamu dapat menggunakan perangkat tablet sehingga tidak perlu menunggu lama di resepsionis dan memungkinkan untuk dilakukan di berbagai lokasi. Bahkan Anda dapat merasakan pelayanan yang cepat dan efisien dari penggunaan perangkat mobile untuk pemesanan makanan dan minuman di restauran hotel.

Ingin coba? Anda dapat mengunjungi Eastparc Hotel, salah satu hotel bintang lima di Yogyakarta yang telah menerapkan konsep ini. Eastparc berada di jantung kota Yogyakarta, tepatnya di Jl Laksda Adisucipto KM 6,5, serta menyediakan berbagai fasilitas yang nyaman untuk solo traveler maupun keluarga.

Agar selalu mengikuti trend teknologi terkini, Eastparc Hotel bekerja sama dengan PT SUPRANUSA SINDATA, perusahaan IT terkemuka di bidang Hotel Management System (HMS) dan menggunakan produk aplikasi Visual-Hotel-Program. Visual-Hotel-Program (VHP Software) saat ini telah digunakan lebih dari 1.500 hotel, memastikan pelayanan tamu dan operasional hotel berjalan dengan lancar. Tidak hanya di front desk dan restauran, VHP Software juga menunjang pengerjaan back office agar pembukuan dan keuangan hotel tercatat dengan akurat.

Selain itu, VHP Software ini juga memiliki koneksi ke berbagai platform reservasi online dan situs web hotel untuk memastikan tidak ada reservasi tamu yang hilang.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai dunia teknologi di industri perhotelan dan solusinya? Kunjungi VHP Software di acara pameran Food Hotel Indonesia, 24 - 27 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran Jakarta (Hall B3, Booth No. 5218), atau kunjungi situs web VHP Software di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com