Advertorial

Belanja di Toko Kelontong Masa Kini Banyak Untungnya

Kompas.com - 31/07/2019, 19:47 WIB

KOMPAS.com – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kelontong berarti barang-barang untuk keperluan sehari-hari seperti sabun, sikat gigi, gelas, cangkir, dan mangkuk. Toko kelontong inilah yang terlebih dahulu ada sebelum menjamurnya belanja dan online dan juga supermarket atau minimarket.

Oleh karena itu, sebaiknya toko kelontong tidak boleh sampai dilupakan begitu saja. Kamu masih perlu berbelanja di toko kelontong, karena toko kelontong merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia sejak lama. Tradisi itu tentu harus tetap kita jaga sehingga bisa membantu bisnis toko kelontong yang jumlahnya lebih dari 100,000 toko di seluruh Indonesia.

Keuntungan belanja di toko kelontong

Selain mempertahankan tradisi, belanja di toko kelontong menjadi salah satu upaya menjaga persatuan dan kerukunan masyarakat. Penjual di toko kelontong biasanya tetangga kita sendiri, bukan? Belanja di sana tentu semakin mengakrabkan hubungan dalam bertetangga.

Keuntungan belanja di toko kelontong lainnya adalah lokasinya yang biasanya dekat rumah. Kamu tidak perlu menempuh perjalanan jauh yang membuang waktu dan tenaga ketika berbelanja di toko kelontong.

Belanja di toko kelontong juga tidak hanya menguntungkan untukmu saja. Dengan berbelanja di sana, kamu akan membantu perekonomian tetangga. Secara tidak langsung, kamu pun sudah berkontribusi dalam memanjukan ekonomi negara atau perkembangan UMKM.

Masih banyak keuntungan lain dengan kamu belanja di toko kelontong, karena sudah banyak toko kelontong yang bertransformasi menjadi lebih rapih dan lebih bersih. Peletakan rak produk-produknya juga lebih teratur sehingga membuat kamu belanja lebih nyaman.

Toko kelontong masa kini

Toko kelontong juga tidak tinggal diam dalam menghadapi minimarket yang semakin banyak. Saat ini banyak toko kelontong yang semakin berbenah dan menyesuaikan diri dengan era saat ini.

Salah satu bukti berbenahnya toko kelontong adalah semakin banyaknya fasilitas modern. Tidak hanya menjual barang, kini kamu bisa menikmati beragam fasilitas seperti bayar listrik, beli pulsa, atau beli tiket.

Selain fasilitasnya, toko kelontong kini juga sudah semakin rapi, bersih, dan terang sehingga tidak kalah dengan minimarket. Semua itu jelas membuat pengalaman belanjamu semakin nyaman. Sehingga tidak sedikit toko kelontong yang bertransformasi menjadi toko kelontong masa kini.

Bagaimana? Ternyata nyaman, kan berbelanja di toko kelontong. Jika selama ini kamu melupakan toko kelontong dekat rumahmu, segeralah untuk berbelanja di sana. Sudah cek toko kelontong sekitar rumahmu belum?

Tulis pegalaman belanjamu di toko kelontong pada kolom komentar, ya!. Info selengkapnya klik disini aja!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com