Advertorial

Tak Hanya Tampung Pecinta Diskonan, Giladiskon Juga Rangkul Pengusaha UMKM Retail

Kompas.com - 15/08/2019, 09:24 WIB

Siapa yang tidak suka dengan diskon? Baik potongan harga, harga khusus, voucher promo, atau penawaran menarik menjadi incaran para konsumen. Strategi marketing ini pun menjadi promosi yang paling ampuh untuk para pelaku usaha.

Cara tersebut bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan sebuah produk atau brand ke masyarakat umum. Apalagi di zaman digital sekarang ini, pengumuman diskon pun tak hanya dapat diketahui saat mengunjungi toko, tetapi dapat ditemukan dengan mudahnya melalui sosial media.

Salah satunya adalah Giladiskon yang telah memiliki 1,5 juta komunitas dan menjadi komunitas online terbesar bagi konsumen di Indonesia untuk mencari penawaran terbaik, seperti diskon dan voucher promo dari berbagai macam brand untuk F&B, fashion, dan lifestyle. Melalui Giladiskon, para konsumen dapat menghemat biaya dalam belanja.

Selain bisa mendapatkan informasi diskon, jika tergabung dalam membership GD+, konsumen bisa mendapatkan diskon atau promo yang lebih banyak lagi. Fitur keanggotaan premium ini bisa didapatkan dengan mendaftar melalui situs web Giladiskon atau aplikasi Giladiskon yang bisa diunduh di Google Play.

Konsumen cukup membayar biaya keanggotaan sebesar Rp 100 ribu untuk 12 bulan, dan semua voucher yang ada dalam program GD+ dapat dinikmati tanpa batas. Jika member yang telah tergabung dan telah menggunakan voucher, ternyata total yang dihemat tidak mencapai Rp 100 ribu dalam waktu tiga bulan, maka mereka dapat me-refund uang keanggotaan.

Keuntungan lain yang bisa dirasakan member saat melakukan transksi di kasir adalah bisa menggunakan pembayaran melalui dompet digital yang biasanya memberikan promo sendiri, yaitu cashback. Para member pun bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus.

“Para brand yang bekerja sama ini juga mengizinkan para member untuk melakukan pembayaran dengan Go-Pay, OVO, atau Dana yang kadang memberikan cashback, karena kebanyakan platform yang lain tidak bisa menggabungkan promo tersebut. Jadi, konsumen bisa mendapat double keuntungan,” ujar CEO & Co-Founder Giladiskon Fandy Santoso, pada Rabu (14/08/2019).

Namun, tak hanya konsumen yang diuntungkan, Giladiskon juga memberikan keuntungan kepada para pelaku usaha melalui fitur terbarunya, yaitu Open Registration. Fitur ini dibuat untuk mempermudah, khususnya bagi UMKM retail dalam menjangkau konsumen yang lebih luas dan beragam untuk datang ke toko secara langsung.

“Melalui fitur Open Registration ini, kami ingin mulai merangkul UMKM retail, seperti restoran kecil, salon dekat rumah, dan sebagainya, dengan harapan fitur ini memudahkan mereka dalam menarik konsumen ke toko dengan memberikan promo yang menarik,” ujar Fandy.

Berbeda dengan platform sejenisnya, Giladiskon tidak menetapkan komisi atau biaya apapun kepada brand yang akan bekerja sama. Dengan tidak dipungutnya biaya apa pun, baik pelaku usaha tidak akan merasa dirugikan jika pengunjung yang datang tidak sesuai dengan harapan, tetapi justru sebaliknya, mereka diuntungkan dengan promosi yang gratis melalui fitur ini.

Selain itu, Giladiskon juga tidak menetapkan minimum promo atau diskon yang akan diberikan kepada konsumen. Para pelaku usaha juga bisa memasukan sendiri promo kapan saja dan di mana saja melalui situs web Giladiskon. Bahkan, brand dapat memilih jenis promo apa yang akan diberikan, seperti harga spesial, beli X dapat Y, potongan harga, atau hadiah.

Salah satu brand yang telah bekerja sama dengan Giladiskon dan telah merasakan keuntungan menggunakan media sosial Giladiskon untuk promosi adalah Kulo Group. Selama melakukan kerja sama dengan Giladiskon, Kulo Group merasa pesan yang ingin disampaikan mengenai promosi yang sedang berjalan tersampaikan dengan baik kepada pelanggan. Hal tersebut terlihat dengan meningkatnya kunjungan akun media sosial resmi Kulo Group melonjak tajam.

Menurut Raffi Saztura selaku Sosial Media Manager Kulo Group, bekerja sama dengan Giladiskon menjadi bukti bahwa perusahaan anak bangsa ternyata dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Sebagai salah satu perusahaan anak bangsa, kita ingin lebih ingin mengajak teman-teman untuk mencintai produk anak bangsa. Ini (kerja sama dengan Giladiskon) merupakan salah satu keuntungan yang penting sebagai warga negara untuk mengapresiasi produk dalam negeri,” ujar Raffi. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com