Advertorial

ITHB Lantik 100 Mahasiswa Penerima Beasiswa

Kompas.com - 16/08/2019, 13:23 WIB

Sejak 2016, Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) meluncurkan program beasiswa Gerakan Gereja Belajar (GGB) yang hingga saat ini telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 150 mahasiswa. Pada 2019, GGB hadir kembali untuk menjadi berkat bagi sejumlah gereja di Indonesia. Melalui GGB, ITHB memberikan potongan biaya hingga 100 persen bagi jemaat gereja yang berprestasi secara akademik, tetapi tidak memiliki kemampuan finansial yang memadai.

Beasiswa dapat digunakan untuk menempuh kuliah selama empat tahun di berbagai program studi tingkat sarjana di ITHB. Program yang ditawarkan tersebut akan membuka kesempatan karier yang luas secara global bagi para anggota jemaat yang berpotensi, seperti yang telah dibuktikan oleh ribuan alumni ITHB yang berkarya di berbagai perusahaan terbaik, baik itu di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya.

Program GGB ini diikuti oleh 1.501 pendaftar melalui proses seleksi yang ketat. Adapun proses seleksi yang dilakukan meliputi tes minat dan bakat, tes potensi akademik, menulis essay, dan wawancara dengan pimpinan ITHB. Dalam proses seleksi periode Februari - Mei 2019, terpilihlah 84 penerima beasiswa penuh dan lima penerima beasiswa parsial.

- -

Total nilai beasiswa penuh mencapai Rp 12,1 miliar, sedangkan nilai beasiswa parsial mencapai Rp 400 juta. Penerima GGB ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, yaitu dari 22 provinsi, 44 kota, dan 39 denominasi gereja.

Tidak hanya memberikan beasiswa untuk jemaat gereja berprestasi, ITHB juga turut mendukung bakat dan minat olahraga generasi muda melalui program beasiswa yang dinamakan Jalur Prestasi Olahraga (JPO). Ada sebanyak 11 calon mahasiswa yang telah lolos seleksi JPO dan akan mendapatkan total nilai beasiswa mencapai Rp 1,5 milyar.

Melihat besarnya antusiasme untuk menempuh pendidikan serta menekuni olahraga basket, sebanyak sembilan orang dari 11 calon terpilih merupakan atlet basket. Selama ini, JPO berhasil membantu para mahasiswa sekaligus atlet basket ITHB dalam meraih beragam prestasi, baik secara kolektif maupun individual.

Salah satu prestasi terbaru yang diraih tim basket ITHB, Arrows, adalah menyabet gelar juara dalam Liga Mahasiswa Nasional 2019. Hal itu berkat bimbingan dan strategi terbaik dari pelatih basket bertaraf nasional, Ricky Gunawan.

Namun, berbeda dari tahun lalu, pada seleksi tahun ini terdapat dua calon mahasiswa yang merupakan atlet renang dan aerosport. Olahraga renang dan aerosport sendiri merupakan dua cabang olahraga yang turut mendapatkan dukungan penuh dari ITHB. Tujuannya adalah demi menciptakan banyak atlet muda Indonesia berprestasi dari beragam cabang olahraga.

Program beasiswa tentunya belum terasa lengkap tanpa acara pelantikan penerima beasiswa. Pada Rabu (15/8/2019) lalu, ITHB menyelenggarakan acara bertajuk Pelantikan Penerima Beasiswa GGB dan JPO ITHB 2019 yang dihadiri oleh seluruh penerima beasiswa beserta orangtua masing-masing. Acara juga dihadiri oleh para gembala gereja dari Bandung dan juga perwakilan dari provinsi lainnya di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah Pendeta Daniel Minarso, S.Th dari GBI Tambakboyo, Ambarawa, Jawa Tengah.

Selain itu, Kapten Yakobus Ngaidi selaku Ketua Yayasan Pelayanan Bala Keselamatan juga turut datang untuk memberikan kata sambutan. Dalam kesempatan tersebut, Yakobus juga menyampaikan rasa syukur atas adanya program beasiswa GGB di ITHB.

Nantinya, para penerima beasiswa ITHB periode 2019 ini akan segera menyusul lebih dari 2.000 sarjana kampus ITHB yang telah sukses berkarier di berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia maupun negara-negara maju, seperti Singapura, Taiwan, Jepang, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat.

Untuk informasi lebih lanjut seputar program beasiswa GGB dan ITHB, silakan klik di sini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com