Advertorial

Bincang Inspiratif Para Fotografer Bersama Grab for Business, Makin Kreatif dan Melek Finansial!

Kompas.com - 25/08/2019, 14:35 WIB

Grab For Business bersama Harian Kompas kembali menyelenggarakan talkshow bertajuk “Ngobrol Produktif Bareng Grab: How To Improve Your Business Financial Planning”. Merangkul para fotografer, acara ini berlangsung pada 21 Agustus 2019 di Tanamera Coffee Ahmad Dahlan, Jakarta.

Kali ini mereka mengundang CEO & Chief Planner ZAP Finance, Prita Ghozie ; Founder JUNO Production sekaligus influencer, Benny Lim ; dan Operation & Product Marketing Manager Grab for Business, Pramita Wardani sebagai pembicara dalam rangkaian talkshow ini.

Mereka hadir untuk berbagi tips dan trik dalam mengelola keuangan serta kisah inspiratif untuk para freelancer seperti fotografer. Hal ini menjadi penting karena tidak dipungkiri jika pekerja lepassering terbentur dalam masalah pengelolaan keuangan, mengingat pemasukan yang relatif fluktuatif dan tak tentu kapan datangnya.

Hal tersebut pun diamini oleh Prita Ghozie sebagaifinancial adviser. Dirinya memaparkan bahwa menjadi freelancer tentunya akan menghadapi tantangan tersendiri dalam mengelola keuangan ketimbang pekerja tetap yang arus pemasukannya lebih teratur.

“Saya survei kecil-kecilan di medsos dan ternyata banyak juga duka sebagai freelancer. Contohnya penghasilan tidak tetap tetapi cicilan tetap, terus tidak kenal sama yang namanya THR, belum lagi sering ditawar harga teman, betul ga teman-teman?” ujarnya kepada para peserta.

Dirinya pun membagikan beberapa tips pengelolaan keuangan yang mudah untuk diaplikasikan bagi para fotografer. Salah satunya adalah memastikan bahwa arus pemasukan harus lebih besar dari pengeluaran serta memisahkan antara rekening tabungan dan kebutuhan sehari-hari.

- -

Melanjutkan rangkaian talkshow, Benny Lim pun maju kedepan panggung untuk membagikan kisah inspiratifnya sebagai seorang fotografer dan content creator. Mengawali karirnya sebagai wedding photographer, kini dirinya bersama JUNO Production pun melebarkan sayapnya dengan melahirkan karya foto dan video komersial.

“Kalau kita mau berkembang, jangan terlalu fokus ke uang atau followers dulu, tapi kita coba hasilkan karya terbaik. Kalau kita bisa menghasilkan karya yang bagus, nanti dengan sendirinya bakal menarik banyak perhatian orang,” ujarnya yang begitu menginspirasi para fotografer di acara ini.

- -

Pada kesempatan yang sama, Pramita Wardani pun memperkenalkan Grab for Business sebagai salah satu fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan oleh para pekerja dibidang apapun, termasuk freelancer seperti fotografer. “Dengan menggunakan Profil Bisnis, teman-teman bisa lebih menghemat waktu dan lebih produktif karena laporan perjalanan akan dikirim secara otomatis ke email kalian,” ujarnya.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengaktifkan Profil Bisnis di aplikasi Grab. Pengguna dapat memisahkan antara perjalanan bisnis dan pribadi sehingga dapat membuat laporan keuangan dengan lebih baik.

Laporan perjalanan bisnis pun dapat lebih praktis dengan menghubungkan Grab dengan Concur atau Chrome River untuk mendapatkan laporan pengeluaran perjalanan bisnis setiap bulannya. Pengguna juga dapat mengunduh tanda terima perjalanan dan laporan bulanan dengan mengakses Portal Bisnis Grab for Business dengan memasukkan email yang didaftarkan.

Selain praktis, pengguna juga akan mendapatkan poin GrabRewards untuk setiap perjalanan bisnis yang dilakukan. Saat ini pun sedang berlangsung ajang GrabMazing Race dimana pengguna berkesempatan untuk memenangkan Samsung Galaxy Watch Active untuk 10 pengguna Tag Bisnis terbanyak hingga akhir September 2019 mendatang.

Profil Bisnis ini dapat digunakan oleh pebisnis, pekerja, bahkan pekerja lepas sekalipun. Cukup ganti mode personal ke mode bisnis setiap melakukan perjalanan yang berkaitan dengan pekerjaan.

Cara membuka Profil Bisnis pun cukup mudah :

  1. Buka aplikasi Grab
  2. Masuk ke dalam profil dengan menekan foto/logo akun
  3. Pilih “Edit Profile”
  4. Pilih bagian “Add a Business Profile”
  5. Masukkan email bisnis Anda

Kerja makin produktif dan hemat dengan Profil Bisnis, aktifkan sekarang dan gunakan Tag Bisnis sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan Samsung Galaxy Watch Active! Untuk informasi selengkapnya, silahkan klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com