Advertorial

ITHB Mendukung Karir Generasi Muda dalam Era Revolusi Industri 4.0

Kompas.com - 26/08/2019, 17:13 WIB

Topik utama yang kini menjadi perbincangan hangat berbagai generasi saat ini yaitu adalah revolusi industri 4.0. Perkembangan zaman yang dahulu serba manual dan tradisional, kini telah banyak didukung dan dilengkapi dengan berbagai teknologi yang mumpuni.

Perusahaan-perusahaan masa kini pun turut mengikuti kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 tersebut. Segalanya menjadi lebih mudah dan praktis dengan adanya ponsel pintar dan teknologi GPS. Contoh nyata dari kemajuan teknologi ini dapat kita lihat dengan munculnya berbagai platform baru seperti Gojek, Grab, Airbnb, OYO, Bukalapak, RedDoorz dan sebagainya.

“Sangat perlu kita sadari bahwa revolusi industri 4.0 membuka banyak peluang baru. Untuk dapat memanfaatkan peluang-peluang baru tersebut, dibutuhkan keterampilan dan keahlian yang baru pula,” Ucap Rektor ITHB, Samuel Tarigan pada acara Konsultasi Program Studi 2019, hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2019, di Assembly Hall, Lantai 5, Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), Bandung.

- -
Dalam acara tersebut, Samuel Tarigan juga menunjukkan berbagai video inspiratif dan membuka wawasan para peserta acara yang terdiri dari siswa dan siswi SMA beserta orang tuanya. Salah satu video yang ditunjukkannya adalah video Founder Alibaba, Jack Ma, dimana ia menyebutkan sebuah kutipan yang membuat peserta yang hadir mengangguk setuju dan yakin.

Pada video tersebut, Jack Ma menuturkan bahwa pendidikan merupakan masalah terbesar sekarang. Jika kita tidak mengubah jalan atau sistem mengajar maka dalam 30 tahun kedepan akan menjadi masalah dan sulit untuk bersaing dengan mesin. Hal ini lah yang menjadi dasar dari munculnya berbagai program studi baru di ITHB sendiri.

Acara Konsultasi Program Studi merupakan ajang tahunan ITHB untuk para siswa dan siswi SMA dan sederajat kelas 12. Dimana calon mahasiswa tidak hanya mendapatkan wawasan baru mengenai peluang karir dan minat bakat mereka, tetapi juga ada sharing kisah dari alumnus ITHB yaitu Billy Limanjaya (lulusan Teknik Industri 2018) yang kini sudah bekerja di Ernst & Young Indonesia selama satu tahun.

Ernst & Young Indonesia termasuk perusahaan yang masuk ke dalam empat firma audit terbesar di dunia. Bukan hanya Billy, alumnus ITHB, Ishak Yonathan juga hadir dalam acara Konsultasi Program Studi 2019 ini. Ishak Yonathan (lulusan Sistem Informasi 2018) kini sudah bekerja di Accenture Malaysia dan di tahun pertamanya bekerja, dia sudah dijadikan sebagai karyawan tetap oleh Accenture Malaysia.

- -
Selain alumni, salah satu orang tua mahasiswa ITHB, Stephanus Yogipranata mengungkapkan kesannya terhadap ITHB yang menjadikan putranya, Bonaventura Jason (Mobile Technology 2016) menjadi Leader Google Developer Student Club (DSC) mewakili ITHB dan terpilih menjadi Top 5 Nasional dari 400 pendaftar se-Indonesia yang dapat mengikuti Google Cloud Summit di Jakarta tahun lalu.

“ITHB adalah sebuah rumah yang penuh tantangan. Saya mendengar pula, banyak dosen yang membimbing mahasiswanya dengan penuh keseriusan. Mereka bisa menjadi teman, kakak dan orang tua bagi para mahasiswa. Menurut saya, ini yang menguatkan saya untuk mempercayakan Jason menuntut ilmu di ITHB,” ungkap Stephanus Yogipranata dengan penuh antusias.

Acara ini pun diakhiri dengan penjelasan mengenai Beasiswa hingga 100% yang diperuntukkan bagi setiap siswa-siswi SMA dan sederajat yang akan mengikuti perkuliahan di tahun 2020. Ditambah lagi, setiap siswa beserta orang tua yang hadir dapat mendengar langsung penjelasan detail di setiap program studi yang ada di ITHB dari para dosen.. Sehingga mereka bisa lebih mengetahui program studi apa yang cocok dengan minat dan bakat mereka.

Institut Teknologi Harapan Bangsa, selalu membarui kurikulumnya sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Raih karir global di jalur cepat sekarang, kunjungi http://ithb.ac.id/ untuk informasi lengkapnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com