Advertorial

Ingin Selamatkan Bumi? Yuk, Beri Sampah Plastik Botol Kehidupan Kedua

Kompas.com - 26/08/2019, 21:51 WIB

Saat ini, plastik botol kemasan minuman memiliki nama yang kurang baik yaitu sebagai pencemar lingkungan. Padahal sebenarnya, jika mau menelaah dari sudut pandang yang berbeda, plastik botol kemasan sebenarnya merupakan penemuan yang menakjubkan. Kehadirannya memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh di mana saja dan kapan saja. Ringan dan berdurabilitas tinggi.

Sayang sebagian besar dari kita kurang bijak dalam mengelola plastik botol kemasan bekas pakai. Coba saja kamu pikirkan, berapa banyak minuman dalam plastik botol yang sudah dikonsumsi sepanjang hidup? Tahukah kamu ke mana plastik botol kemasan tersebut pergi setelah dibuang?

Sebagian besar berakhir menjadi sampah yang tertinggal di permukaan tanah dan akhirnya mencemari lingkungan. Namun, kamu belum terlambat jika ingin melakukan perbaikan dengan memberi kehidupan kedua bagi plastik botol kemasan bekas pakai. Jangan dibuang begitu saja usai fungsinya selesai sebagai wadah minuman yang kamu konsumsi.

Jika punya cukup kreativitas dan kesabaran kamu bisa meniru cara yang saat ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Ubah plastik botol kemasan menjadi banyak benda lain melalui proyek-proyek DIY ( Do It Yourself).

Misalnya saja menjadi pot tanaman. Potong plastik botol menjadi dua bagian dan gunakan tali untuk menjadikannya pot-pot gantung. Jangan lupa beri warna pada plastik botol agar lebih menarik. Tutupnya dapat kamu manfaatkan untuk membuat hiasan dinding.

Buatlah hiasan mozaik dari tutup plastik botol kemasan dengan koordinasi warna, gambar, atau motif sesuai keinginan. Kamu hanya perlu kanvas sebagai dasar untuk menempel mozaik karyamu dan lem super kuat untuk menempel tutup-tutup botol tersebut.

Namun, jika ingin memberi dampak yang lebih besar dan mengubah plastik botol kemasan bekas menjadi sesuatu yang lebih berarti lagi, bergabung saja bersama Ades untuk mewujudkan #NiatMurni tersebut. Sebuah niat jika diwujudkan secara bersama-sama tentunya akan membawa dampak yang lebih signifikan.

Sumber: cocacola.co.id Sumber: cocacola.co.id

Saat ini Ades, melalui kampanye #NiatMurni mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk mengupayakan agar plastik botol bekas bisa memiliki kehidupan kedua, atau bahkan menjadi sesuatu yang lebih berarti lagi demi menjaga kemurnian lingkungan.

Sejak awal 2019, Ades melalui kampanye #NiatMurni mengajak masyarakat untuk tidak membiarkan plastik botol bekas pakainya terbuang begitu saja tanpa ada penanganan berarti melainkan memberikannya pada Ades dalam kegiatan car free day untuk diubah fungsi.

Plastik-plastik botol yang terkumpul tersebut kemudian dibuat menjadi karya kreatif berupa billboard yang dipasang di enam kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Wujudkan mimpi besar dengan kolaborasi

Ades berkolaborasi dengan Waste4Change, startup/perusahaan yang menangani manajemen sampah dan menghubungkan plastik botol ke industri daur ulang menjadi pellet plastik sebagai bahan baku bermanfaat sesuai prinsip Circular Economy.

Nantinya, pellet plastik dapat dilebur dan digunakan untuk membuat barang-barang baru yang bermanfaat dan lebih berkualitas untuk masyarakat. Misalnya saja perabot rumah tangga. Siapa tahu juga ke depannya plastik dapat diolah menjadi kain untuk memenuhi kebutuhan sandang atau bahkan menjadi mata uang.

Agar masyarakat mewujudkan #NiatMurni dengan lebih mudah, Ades juga tengah mengupayakan cara lebih praktis untuk mengumpulkan plastik botol bekas. Diharapkan ke depannya masyarakat bisa langsung mengirimnya dari rumah.

Ikuti terus akun Instagram @ades_indonesia untuk mengetahui perkembangan #NiatMurni.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com