Advertorial

Sebelum Ikut Investasi di Lokasi Ibu Kota Baru, Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Kompas.com - 29/08/2019, 19:33 WIB

Kalimantan Timur, tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara diumumkan sebagai lokasi ibu kota baru. Artinya, dua kabupaten tersebut akan menjadi pusat pemerintahan, sekaligus pusat perekonomian layaknya Jakarta saat ini.

Seiring dengan semakin jelasnya pemerintah menyasar lokasi tersebut untuk menjadi ibu kota baru, antusiasme untuk berinvestasi properti di sana pun mulai muncul. Pasalnya harga properti di ibu kota dan kota-kota penunjang di sekitarnya biasanya menjanjikan. Kenaikan yang signifikan dapat terjadi setiap tahunnya.

Coba saja perhatikan harga properti di ibu kota negara saat ini yaitu Jakarta. Peningkatan terjadi setiap tahunnya dengan indeks rata-rata 4-6 persen. Begitu juga dengan harga property di Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), yang menjadi wilayah penunjang Jakarta. Menemukan property dengan harga terjangkau dan lokasinya strategis, dekat ke mana saja, sudah sangat sulit.

Gambaran tersebut tentunya membuat keinginan investasi Anda lebih besar bukan? Namun, tunggu dulu. Jika ingin meraih keuntungan maksimal dari investasi properti Anda harus punya perhitungan yang matang. Jangan sekadar ikut-ikutan, tetapi cermati dulu beberapa hal berikut.

1. Lokasi properti

Jika bicara soal properti, maka hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah lokasi. Jika properti terletak di daerah strategis, mudah dijangkau karena terkoneksi dengan jalan atau transportasi publik, dekat dengan pusat ekonomi dan bisnis, serta dikeliligi fasilitas-fasilitas publik yang memadai maka harganya akan lebih tinggi.

2. Developer yang mengembangkan properti

Agar investasi memberi hasil yang sesuai dengan ekspektasi Anda juga harus mempertimbangkan siapa developer yang membangun properti. Alasannya, jika properti dibangun oleh developer ternama dan terpercaya, dengan portofolio yang juga bagus, sudah dipastikan kualitasnya juga baik.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membangun, desain bangunan, hingga perlengkapan kamar mandi atau dapur pun dipilih yang terbaik. Ditambah lagi, biasanya jadwal pembangunan hingga serah terima jelas serta tepat waktu.

- -
3. Benefit

Setiap investasi properti akan menghasilkan pengembalian investasi atau yang sering disebut return of investment (ROI). Jenis properti yang bisa Anda pilih untuk investasi akan sangat ditentukan oleh ROI yang Anda harapkan. Nah, salah satu jenis properti yang saat ini sedang banyak dicari oleh investor adalah kondotel. Ini karena jika jeli memilih, investasi kondotel bisa mendatangkan ROI lumayan per tahunnya.

Selain ROI yang diterima dari pendapatan sewa, ada lagi keuntungan berupacapital gain yang dapat diperoleh jika investasi kondotel. Capital gain berasal dari kenaikan harga ketika kondotel dijual di masa depan.

4. Fasilitas

Keberadaan fasilitas publik yang lengkap di sekitar dan fasilitas penunjang kehidupan yang memadai di dalamnya akan membuat properti lebih bernilai tinggi. Jika Anda ingin berinvestasi properti dengan jenis kondotel di Kalimantan Timur yang fasilitasnya lengkap, lokasi strategis, dan menawarkan keuntungan menarik, coba saja lirik Pentapolis Residence. Kondotel ini merupakan bagian dari Kawasan Balikpapan Superblock. yang dikelola oleh PT Wulandari Bangun Laksana.

Lokasinya di jantung kota Balikpapan dan memiliki akses sangat strategis. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman dapat dijangkau hanya dengan perjalanan 8 menit saja. Sementara untuk ke Pelabuhan Semayang hanya butuh 15 menit.

Perlu diketahui jarak dari Balikpapan ke lokasi ibu kota baru yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara hanya 45 kilometer. Jika Tol Balikpapan-Samarinda sudah terbangun, Balikpapan yang saat ini merupakan pusat ekonomi terbesar di Kalimantan Timur akan jadi gerbang masuk menuju ibu kota.

Bicara soal fasilitas, Pentapolis Residence dikelilingi oleh fasilitas lengkap untuk menunjang kehidupan penghuninya. Mulai dari komplek perkantoran dan ruko, sekolah internasional Bina Bangsa School, tempat rekreasi Aquaboom, hingga pusat perbelanjaan E-Walk dan Pentacity Mall yang menjadi rumah berbagai brand internasional.

- -
Kelebihan lainnya, kondotel ini dikelola oleh Astara Hotel yang saat ini merupakan hotel terbaik kedua di Balikpapan dengan tingkat okupansi 70 persen.

Investasi kondotel akan menghasilkan keuntungan yang disebut dengan Return of Intent (ROI) dari pendapatan sewa. Selain itu ada juga keuntungan berupa bagi hasil (profit sharing) dengan pengelola. Pentapolis Residence sendiri menjanjikan keuntungan investasi yang cukup menarik. Pemilik unit kondotel akan menerima ROI sebesar 8 persen pada tiga tahun pertama.

"ROI sebesar 24 persen dari tiga tahun pertama, akan langsung diterima di depan. Unit yang dibeli pun sudah fully furnished," jelas Maria Sianturi, Marketing Communication & Promotion Pentapolis Residence.

Profit sharing juga akan mulai diberikan pada tahun keempat dengan rumus, harga kamar dikali total kamar dalam satu tower dikali jumlah hari dalam setahun dikali tingkat okupansi. Hasilnya dibagi dengan luas gedung, kemudian dikali dengan luas unit. Jika dihitung-hitung dengan harga unit mulai dari Rp 600 jutaan, Pentapolis Residence menawarkan keuntungan investasi hingga Rp 120 jutaan per tahun.

Berbeda dengan investasi emas atau saham, investasi kondotel akan sangat minim risiko keuntungan tergerus inflasi. Selain itu, keuntungan lainnya adalah pemilik unit memperoleh kesempatan menginap beberapa kali dalam setahun di unit miliknya dan menikmati semua fasilitasnya.

Tertarik untuk segera memiliki unit kondotel Pentapolis Residence? Hubungi Sita di 0812 5342 2026 atau Julia di 0858 2101 1999 untuk mendapatkan penawaran spesial. Klik di sini untuk memperoleh informasi lebih lengkap seputar Pentapolis Residence dan Kawasan Balikpapan Superblock. Jangan lupa ikuti akun Instagram Pentapolis Residence untuk mengetahui perkembangan terbaru kondotel ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com