Advertorial

Bikin Konten dan Buat Kerja Itu Butuh Laptop Beda, Ini Lima Alasannya

Kompas.com - 02/09/2019, 17:02 WIB

Laptop atau komputer jinjing memberikan begitu banyak manfaat bagi penggunanya dewasa ini. Portabilitas, performa, dan daya tahan kini menjadi fitur yang kian memanjakan. Pada era ponsel pintar, laptop tetap memiliki pesona nya karena kenyamanan dalam produktivitas yang belum bisa disusul hingga kini.

Namun, kita perlu memahami bahwa tidak ada laptop yang dibuat untuk segala kegiatan dan kondisi. Performa kencang yang dimiliki laptop gaming, misalnya, akan kurang maksimal jika digunakan untuk melakukan tugas produktif seperti melakukan 3D render atau menyunting video yang kompleks. Untuk keperluan tersebut, ada laptop tipe lain yang tepat guna.

Sebaliknya, menggunakan laptop dengan performa yang memadai untuk produksi konten seperti video belum tentu bakal ideal bila digunakan untuk bekerja di kantor. Lima penjelasannya ada di bawah:

SPESIFIKASI YANG SESUAI

Laptop yang dirancang untuk keperluan kerja serius memiliki spesifikasi yang berbeda dengan laptop mainstream.

Contohnya adalah HP ZBOOK Studio x360. Laptop ini didesain untuk bisa menangani aplikasi kompleks seperti Adobe Premiere Pro dan AutoCAD dengan lebih baik.

Sesuai kebutuhan, laptop ini bisa disesuaikan konfigurasinya. Jika butuh kapasitas RAM atau ruang penyimpanan yang lebih, Anda bisa dengan mudah memesannya. Bahkan jika diinginkan, ZBOOK Studio x360 bisa memuat media penyimpanan SSD NVMe hingga 6TB. Laptop ini dilengkapi dengan kartu grafis seri NVIDIA QUADRO yang memang lebih optimal untuk keperluan render 3D.

DESAIN DAN KELENGKAPAN KONEKTIVITAS

Membawa laptop selama bekerja artinya menempatkan penggunanya dalam situasi yang mengharuskannya untuk memakai laptop sebagai asisten utama. Sebut saja dalam rapat dengan klien, dia akan lebih percaya diri bila memberikan presentasi dari komputer yang dibawa sendiri.

Dalam situasi kerja, masalah bisa selalu muncul. Seperti konektivitas perlengkapan di lokasi yang berbeda. Dengan adanya port konektivitas yang lebih lengkap di laptop kelas bisnis seperti HP Elitebook x360 1030 G4, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Bahkan ada aksesori dock yang bisa memperluas koneksinya.

Selain port, laptop untuk kerja punya ciri khas yakni durabilitas karena produsennya memahami bahwa para pengguna akan membawanya keluar dari zona nyaman di kantor. Durabilitas ini penting demi menyimpan data sensitif di dalamnya.

Walaupun fisiknya mirip dengan kebanyakan laptop untuk konsumen biasa, rangka dan bahan yang digunakan telah dipilih dan dirancang sedemikian rupa agar lebih tahan lama saat dibawa-bawa.

KEAMANAN

Pengamanan menjadi hal yang penting karena menjinjing laptop kantor berarti membawa data sensitif hingga rahasia perusahaan di mana pun kita pergi. Kita pun harus siap dengan kemungkinan terburuk, yakni laptop berpindah tangan secara sepihak dan informasi penting itu rentan bocor.

Itulah mengapa, laptop untuk bisnis selalu membekali diri dengan seperangkat mekanisme pengamanan tambahan, demi memberi ketenangan batin dan kenyamanan bagi penggunanya.

Pengamanannya pun berlapis sejak BIOS, biometrik, hingga di sistem operasi. Keamanan bukanlah hal yang dianggap remeh, seperti halnya nilai data perusahaanc di tangan karyawannya.

Seperti diperlihatkan oleh HP Elite Book X360 1030 G4 yang memiliki seperangkat lapis pengamanan yang membuat penggunanya tidak risau lagi.

Beberapa fitur di antaranya seperti HP Sure Run yang memastikan aplikasi tetap berjalan meski ada serangan malware tengah berlangsung, begitu pula fitur HP Sure Recover untuk pemulihan ke kondisi terakhir melalui koneksi jaringan. Penyusupan malware melalui tautan dan file yang terinfeksi bisa dihalau berkat fitur HP Sure Click.

SISTEM OPERASI UNTUK PROFESIONAL

Satu lagi alasan memilih laptop bisnis untuk keperluan bisnis adalah disertakannya sistem operasi Microsoft Windows 10 Pro sebagai standar. Windows 10 Pro merupakan versi sistem operasi dengan manfaat yang hanya bisa dinikmati oleh konsumen kelas korporasi seperti keamanan tambahan hingga fitur deploy IT Policy oleh admin TI kantor dari jarak jauh.

Bila memilih laptop untuk konsumen, umumnya versi WIndows 10 yang digunakan adalah versi reguler tanpa fitur-fitur yang memang khusus dihadirkan untuk korporasi. Dan pengguna tidak akan bisa mengubahnya sendiri tanpa mengkompromikan keamanan data milik perusahaan.

GARANSI DAN LAYANAN PURNA JUAL

Poin paling penting dari laptop untuk bisnis adalah layanan purna jual, inilah hal yang memastikan bahw investasi yang dikeluarkan oleh kantor akan sepadan dengan solusi yang diberikan oleh produsen laptop.

Untuk laptop HP misalnya, memiliki tawaran jemput produk gratis di 300 kota di Indonesia, atau bisa mendatangi tempat pengguna untuk perbaikan di tempat. Aplikasi pemesanan perbaikan bisa diunduh dari Play Store dan kita bisa mendapatkan informasi seputar lokasi titik perbaikan terdekat hingga memeriksa status perbaikan secara online.

Dengan demikian, seharusnya pengetahuan ini bisa membantu kita untuk bijak memilih mana laptop yang digunakan untuk bekerja dan mana laptop yang dipakai untuk keperluan pribadi.

Informasi mengenai produk Commercial HP bisa dilihat di tautan berikut atau hubungi nomor 007 803 321 2220

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com