Advertorial

Sambut Hari Pelanggan Nasional, Direksi BPJS Ketenagakerjaan Manjakan Pesertanya

Kompas.com - 06/09/2019, 16:44 WIB

Pelayanan merupakan salah satu elemen vital bagi setiap perusahaan, khususnya yang bergerak pada bidang jasa seperti BPJS Ketenagakerjaan. Sebagai salah satu institusi pemerintah yang menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi setiap pekerja, BPJS Ketenagakerjaan harus selalu mampu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.

Untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional 2019, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif terjun langsung di beberapa kegiatan di wilayah kota Tangerang Selatan pada Rabu (4/9) lalu. Adapun kegiatan yang dilakukan di antaranya adalah mengunjungi korban kecelakaan kerja yang mendapatkan manfaat dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Jaminan ini berupa perawatan dan pengobatan tanpa batas biaya, program Return to Work (RTW), dan pemberian alat bantu berupa prothesa tangan atau kaki buatan dari Ottobock Healthcare Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Krishna juga turun langsung memasangkan prothesa kaki kepada Juaris Manto, salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja dan mengakibatkan kaki kanannya harus diamputasi. Selain itu, Krishna pun menyerahkan santunan kepada ahli waris pekerja yang meninggal dunia. Salah satunya adalah kepada ahli waris petugas satpam yang meninggal karena digigit ular dan sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Agenda pelayanan dilanjutkan dengan mengunjungi korban kecelakaan kerja di Rumah Sakit OMNI Hospital, Tangerang Selatan.

“Layanan yang berkualitas tentunya berpengaruh kepada tingkat kepercayaan publik kepada BPJS Ketenagakerjaan, dan sebagai penyelenggara jaminan sosial di bidang ketenagakerjaan, dimana kami memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia, kepercayaan publik sangatlah penting,” tutur Krishna.

Krishna menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan 202 KCP yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia agar layanan mudah diakses oleh seluruh pekerja. Dari jumlah tersebut, sebanyak dua di antaranya ada di wilayah operasional Kantor Cabang Tangerang Selatan.

Dirinya juga memastikan akan selalu memberikan kualitas layanan terbaik melalui setiap insan BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh peserta, di manapun mereka berada.

Seperti yang telah diketahui, rumah sakit OMNI Hospital merupakan salah satu dari ribuan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) di seluruh Indonesia. Pada momen hari pelanggan ini, jajaran Direksi BPJS Ketenagakerjaan memastikan seluruh layanan BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan kepada peserta, mulai dari kantor cabang hingga layanan yang diberikan oleh mitra kerjasama, merupakan layanan terbaik dan memuaskan bagi semua pihak.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benjamin Davine pun turut hadir dalam acara Hari Pelanggan Nasional 2019 bersama BPJS Ketenagakerjaan yang dilaksanakan di rumah sakit OMNI Hospital ini. Dalam kunjungannya tersebut, ia mengatakan bahwa sudah lebih dari 5.000 orang non-ASN di Tangsel terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Para peserta ini terutama berasal dari profesi yang memiliki resiko tinggi seperti pemadam kebakaran, petugas Satpol PP, Dal-ops Dinas Perhubungan, dan Dal-ops Dinas Kebersihan. Ke depannya, pengaturan premi ini akan diperluas sampai dengan petugas RT dan RW.

“Sejak bulan Mei 2017 saya aktif menggunakan BPJS Ketenagakerjaan. Karena saya bukan ASN, saya penerima upah dari negara jadi saya dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Ini yang bikin saya kerja tenang,” tutur Benjamin.

Memberikan pelayanan kepada seluruh peserta dengan baik adalah prinsip yang terus dipegang oleh BPJS Ketenagakerjaan. Layanan yangberkualitas ini diharapkan akan terus meningkatkan kepercayaan peserta kepada lembaga pemberi jaminan sosial ketenagakerjaan ini.

“Sudah menjadi kewajiban kami melayani seluruh peserta dengan baik, tidak hanya sebatas pelayanan di bidang customer service, namun semua lini BPJS Ketenagakerjaan, termasuk mitra kerjasama, harus mampu memberikan layanan terbaiknya, tidak luput pula kami di jajaran Direksi dan manajemen,” pungkas Krishna.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com