Advertorial

Ingin Hati Tenang Saat Bepergian? Ini Cara Cerdas Simpan Barang Berharga di Rumah

Kompas.com - 19/09/2019, 20:36 WIB

Menjelang penghujung tahun seperti saat ini biasanya ide untuk berlibur panjang sudah terlintas dalam pikiran. Aktivitas berburu tiket pesawat dan voucher hotel pun sudah semakin gencar. Ya, akhir tahun memang saat yang tepat untuk memberi hadiah bagi diri sendiri dengan berwisata, baik di luar kota ataupun di luar negeri, jauh dari kesibukan sehari-hari.

Namun, ada satu hal yang kerap mengganggu keseruan libur panjang yaitu rasa was-was akan keamanan barang berharga dan dokumen penting yang disimpan di rumah. Bagaimana jika terjadi musibah yang tidak terduga saat rumah ditinggalkan? Misalnya saja, bencana gempa atau kebakaran. Barang berharga dan dokumen-dokumen bisa rusak sehingga Anda pun mengalami kerugian.

Nah, untuk membuat hati lebih tenang sebaiknya Anda menyimpan barang berharga dan dokumen penting dengan cara-cara yang lebih aman sebagai berikut.

1. Simpan di tempat yang tersembunyi

Salah satu kunci penyimpanan yang aman adalah kerahasiaan. Oleh sebab itu pastikan Anda menyimpan barang-barang berharga di rumah, baik itu perhiasan, uang tunai, ataupun dokumen-dokumen penting di tempat yang hanya diketahui oleh diri Anda sendiri dan pasangan. Jika memungkinkan Anda bisa membuat tempat penyimpanan rahasia yang tidak akan diduga oleh pemilik tangan-tangan jahil.

2. Pastikan tempat penyimpanan tidak lembab

Agar kondisi barang-barang berharga dan dokumen penting tetap terjaga pastikan tempat penyimpanannya tidak lembab. Kelembaban tinggi akan mempengaruhi kualitas perhiasan yang Anda simpan. Dokumen-dokumen yang terbuat dari lembaran kertas dan uang tunai pun bisa berjamur. Begitu juga dokumen yang disimpan dalam media berupa CD atau flashdisk.

3. Khusus dokumen, perbanyak dan simpan versi digitalnya

Anda sebaiknya juga memperbanyak setiap dokumen masing-masing minimal 10 lembar. Dengan demikian jika dibutuhkan Anda tidak perlu membawa-bawa dokumen aslinya. Simpan juga dokumen yang berbentuk lembaran kertas seperti ijazah, akta lahir, akta tanah dan rumah, kartu keluarga, dan sejenisnya dalam bentuk digital. Pindai dan simpan ke dalam flashdisk atau CD.

4. Miliki brankas

Jika ingin solusi praktis untuk menyimpan dokumen secara aman Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli brankas. Dibandingkan dengan menyimpan barang-barang berharga dan dokumen penting di dalam lemari, penyimpanan dengan brankas jelas akan lebih aman. Hanya Anda yang akan tahu kode untuk membuka pintu brankas

Agar hati lebih tenang lagi sebaiknya Anda memilih brankas yang punya fitur tahan api, tahan banting, kedap air, dan juga sudah terbukti dapat menyimpan benda-benda seperti flashdisk, CD, hard disk, atau memory card dengan aman. Oleh sebab itu pilih brankas yang sudah punya sertifikasi UL dan ETL seperti Sentry Safe.

Sertifikasi UL dan ETL adalah standar yang memastikan ketahanan brankas dalam kondisi ekstrem seperti kebakaran. Memiliki dua sertifikasi ini brankas Sentry Safe berarti telah melalui uji bakar dan uji banting dari ketinggian 4,5 meter.

- -
Meski dibakar selama dua jam hingga suhu 1000 derajat Celcius barang berharga dan dokumen penting yang tersimpan di dalam brankas Sentry Safe tetap aman. Ini karena suhu di dalam brankas tetap kurang dari 177 derajat Celcius. Lebih rendah dari titik lebur kertas yang berada pada 232 derajat Celcius sehingga dokumen yang terbuat dari kertas atau uang tunai aman dari risiko hangus terbakar.

Setelah dibakar selama dua jam, brankas Sentry Safe juga masih dapat bertahan ketika dijatuhkan dari ketinggian 4,5 meter. Badan brankas tetap utuh dan pintu tetap tertutup rapat. Seandainya brankas jatuh dari lantai dua dalam peristiwa kebakaran atau gempa bumi isi di dalamnya tetap aman. Brankas Sentry Safe pun aman dari risiko meledak meskipun suhu di dalam brankas lebih rendah dari suhu di luarnya saat terbakar.

Selain ketahanan terhadap api, benturan, dan kedap air, brankas Sentry Safe juga menawarkan fitur keamanan pry resistant. Sistem penguncian brankas menggunakan besi bolt berukuran satu inchi. Pada bagian engsel dalam terdapat pengait sehingga pintu brankas tetap tertutup rapat meski engsel dicopot.

Keunggulan lainnya, Sentry Safe adalah merek brankas terpercaya asal Amerika Serikat. Sejak 1930 brankas Sentry Safe telah dipercaya masyarakat di Negeri Paman Sam untuk menyimpan barang-barang dan dokumen berharganya. Saat ini brankas Sentry Safe juga digunakan di 54 negara di dunia.

Produk-produk brankas Sentry Safe dapat Anda temukan di seluruh gerai ACE Hardware dan https://www.ruparupa.com/brands/sentrysafe . Tentunya, tidak ada seorang pun yang menginginkan musibah seperti kebakaran. Namun, jika peristiwa tersebut terjadi dan brankas rusak, Anda tidak perlu khawatir. Pada saat membeli brankas Sentry Safe Anda secara otomatis memperoleh garansi seumur hidup untuk penggantian unit baru. Selain itu ada juga garansi unit selama dua tahun.

Brankas Sentry Safe ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 5.599.000. Jika membeli produk brankas Sentry Safe di ACE Hardware pada September 2019 ini Anda dapat menikmati potongan harga hingga 30 persen. Ingin aman menyimpan barang berharga dan dokumen penting di rumah? Segera kunjungi gerai ACE Hardware terdekat atau https://www.ruparupa.com/brands/sentrysafe .

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com