Advertorial

Indonesia Rawan Gempa, Bagaimana Sebaiknya Menyimpan Barang Berharga?

Kompas.com - 26/09/2019, 19:13 WIB

Gempa merupakan salah satu bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh letak geografis Indonesia yang berada dalam kawasan Cincin Api Pasifik. Banyak gunung berapi terletak di kawasan ini sehingga gempa vulkanik akibat aktivitas gunung berapi rawan terjadi. Selain itu, Indonesia juga terletak di titik pertemuan tiga lempeng bumi.

Anda tentu ingat dengan gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang mengguncang Jakarta, Banten, hingga Lampung pada Jumat, (2/8/2019) lalu. Gempa tersebut terjadi pada menjelang malam, saat sebagian besar warga ibukota bersiap menyambut akhir pekan. Ada juga warga ibukota yang masih menyelesaikan pekerjaannya agar libur akhir pekan tidak terusik.

Keadaan darurat seperti saat terjadinya gempa selalu menimbulkan kepanikan dan membuat kita tidak dapat berpikir jernih. Coba saja ingat-ingat bagaimana reaksi orang-orang ketika gempa yang berpusat di Banten tersebut terjadi.

Semua orang sontak berhamburan keluar dari gedung-gedung kantor, pusat perbelanjaan, hingga rumah-rumah di kawasan pemukiman. Semua sibuk menjauhkan diri dari bangunan-bangunan tinggi dan pepohonan, kemudian menelepon sanak saudara untuk memastikan mereka aman. Satu hal yang terlintas di kepala hanyalah bagaimana cara menyelamatkan diri.

Tidak ada yang ingat untuk menyelamatkan barang berharga dan dokumen-dokumen penting yang tersimpan dalam lemari. Sementara, bencana seperti gempa memiliki potensi merusak dan dapat menimbulkan kerugian seperti rusaknya rumah, gedung, hingga barang-barang berharga.

Nah, agar kerugian tidak terjadi ada baiknya kita mulai memikirkan bagaimana cara paling baik dan aman untuk menyimpan barang berharga. Tinggalkan cara lama menyimpan barang berharga dan dokumen penting di dalam lemari atau koper khusus. Pertimbangkan untuk menyimpannya dalam brankas.

Brankas terbuat dari material besi baja yang tebal dan kuat sehingga dapat melindungi barang berharga dan dokumen penting yang Anda simpan di dalamnya. Lebih baik lagi jika Anda memilih brankas yang memiliki fitur tahan banting, tahan api, dan kedap air. Selain itu juga terbukti dapat menyimpan dokumen yang terdapat dalam CD, flashdisk, atau memory card dengan aman.

. .

Pilih brankas yang sudah memiliki sertifikasi UL dan ETL seperti Sentry Safe. Untuk memperoleh sertifikasi tersebut semua produk brankas dari merek asal Amerika Serikat ini harus lulus serangkaian pengujian. Seperti uji bakar dan uji banting dari ketinggian 4,5 meter.

Pada pengujian tersebut brankas Sentry Safe dibakar hingga dua jam dengan suhu mencapai 1000 derajat Celcius. Kemudian, setelah terbakar hangus brankas dibanting dari ketinggian 4,5 meter. Ketangguhan brankas ini pun terbukti karena usai dijatuhkan dari ketinggian tersebut pintu brankas tetap tertutup rapat.

Jadi seandainya pun bangunan rumah runtuh dan brankas ini jatuh dari lantai dua dalam peristiwa gempa, barang dan dokumen berharga di dalamnya akan tetap tersimpan dengan aman.

Sentry Safe yang adalah merek brankas terpercaya asal Amerika Serikat juga menawarkan fitur keamanan pry resistant. Brankas ini memiliki sistem penguncian dengan besi bolt berukuran satu inchi. Terdapat pengait pada bagian engsel sehingga pintu brankas tetap tertutup rapat meski engsel dicopot.

Jika tertarik memiliki brankas ini, kunjungi gerai ACE Hardware terdekat atau situs web ruparupa.com Brankas Sentry Safe ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 5.599.000. Sentry Safe menawarkan garansi seumur hidup untuk penggantian unit brankas yang rusak akibat bencana gempa atau kebakaran. Selain itu ada juga garansi unit selama dua tahun.

Khusus bulan September 2019, produk-produk brankas Sentry Safe ditawarkan dengan potongan harga hingga 30 persen di seluruh gerai ACE Hardware. Klik di sini untuk menemukan lebih banyak promo menarik untuk produk-produk Sentry Safe yang terbatas hingga akhir bulan ini saja.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi ACE Hardware atau situs web ruparupa.com untuk melihat varian dan spesifikasi produk-produk brankas Sentry Safe.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com