Advertorial

5 Alasan Milenial Sebaiknya Segera Beli Rumah

Kompas.com - 30/09/2019, 08:44 WIB

KOMPAS.com – Kaum milenial biasanya masih dalam taraf mengumpulkan uang sehingga kemampuannya membeli rumah masih diragukan. Biasanya ngontrak menjadi hal yang banyak dilakukan milenial daripada membeli rumah.

Terlebih, harga rumah saat ini semakin mahal. Meski demikian, milenial sangat dianjurkan untuk segera membeli rumah dan tidak lagi menunda-nunda.

Mengapa demikian? Inilah 5 alasan milenial sebaiknya segera membeli rumah:

1 Banyaknya dukungan dari pemerintah

Pendapat jika milenial tidak bisa beli rumah adalah salah besar. Sebaliknya, milenial berpeluang besar untuk bisa membeli rumah. Hal itu salah satunya karena saat ini ada banyak kemudahan yang diberikan pemerintah.

Contoh kemudahan adalah down payment atau DP yang diserahkan kepada masing-masing bank. Kebijakan ini membuat milenial tidak perlu lagi mengumpulkan uang dalam waktu lama untuk membeli rumah.

Tidak ketinggalan, rumah subsidi pun semakin mempermudah milenial memiliki rumah. Terlebih, skema program perumahan khusus milenial kini tengah dipersiapkan.

2 Harga rumah yang semakin mahal

Jika memutuskan untuk menunda membeli rumah, maka biaya yang harus dipersiapkan pun akan semakin mahal.

Oleh karena itu, milenial hendaknya segera membeli murah sebelum harganya menjadi semakin mahal dan sulit untuk dibeli.

Contoh nyata fenomena tersebut bisa dilihat pada rumah dengan luas tanah 60 meter persegi di Cibinong yang dihargai Rp 150 juta pada 2017. Namun pada 2019, harganya naik dua kali lipat hingga mencapai Rp 300 juta.

3 Lahan yang semakin sempit

Semakin mahalnya harga rumah juga disebabkan oleh lahan yang semakin sempit. Rumah dengan lokasi strategis yang bisa dijangkau transportasi umum harganya juga pasti jauh lebih mahal.

Meski demikian, sekarang masih cukup banyak rumah di pinggir Jakarta yang lokasinya strategis, tetapi harganya terjangkau. Contoh rumah itu ada di daerah Depok atau Cibinong.

Milenial sangat dianjurkan untuk segera membeli rumah di sana karena harganya pasti akan naik. Hal itu disebabkan karena tingginya peminat. Jika tidak segera merencanakan pembelian, bisa jadi rumah sudah keburu diambil orang lain.

4 Milenial masih produktif untuk kumpulkan banyak uang

Generasi milenial lahir pada tahun 1982 sampai 2000. Mereka pun termasuk kategori usia produktif yang masih bisa bekerja maksimal untuk mengumpulkan banyak uang. Itu karena mereka memiliki cukup tenaga untuk mencari penghasilan dari banyak sumber.

Penghasilan itu pun bisa dimanfaatkan untuk membeli rumah. Sementara semakin tua, kemampuan mengumpulkan uang akan semakin berkurang, seiring tenaga yang juga semakin berkurang.

Tentu jangan sampai saat sudah tua, penghasilan hanya bisa dipakai untuk membayar cicilan rumah.

5 Dana bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi

Jika milenial sudah membeli rumah, maka uang bisa dipakai untuk berinvestasi. Itu karena tidak ada lagi dana yang harus dikeluarkan untuk membayar cicilan rumah, kontrakan, atau kos.

Bisa jadi biaya yang dikeluarkan untuk membayar tiga hal tersebut sudah bisa dibelikan rumah. Oleh karena itu, segera untuk membeli rumah merupakan keputusan yang tepat.

Itulah 5 alasan mengapa milenial sebaiknya segera membeli rumah. Tidak ada alasan lagi untuk menunda membeli rumah sendiri. Milenial, cari rumah pertamamu di Rumah123.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com