Advertorial

Atlet SUP BPJAMSOSTEK Juarai Turnamen Internasional

Kompas.com - 30/09/2019, 11:30 WIB

Setelah sukses menyelenggarakan event Belitong Geopark International SUP & Kayak Marathon (BGISKM) 2019, kini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengirim dua atlet Stand Up Paddle (SUP) yang juga tergabung di dalam komunitas SUP ID untuk mengikuti Association Paddlesurf Profesionals (APP) World Tour di Dotombori Canal, Osaka, Jepang, 20-22 September 2019.

“Selain memenangkan kompetisi ini, tim SUP BPJAMSOSTEK juga memiliki misi untuk memperkenalkan keindahan wisata bahari Indonesia, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia, khususnya untuk bermain Stand Up Paddle Board,” ungkap Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto.

Alasan BPJAMSOSTEK mengembangkan olahraga air ini karena Indonesia memiliki potensi bahari yang sangat melimpah, sehingga perlu dimanfaatkan dengan baik. Hal ini tentu dapat meningkatkan pariwisata di Indonesia dan secara tidak langsung akan menyerap tenaga kerja di Indonesia.

Association Paddlesurf Profesionals (APP) merupakan asosiasi Stand Up Paddle dan Surf dunia yang rutin mengadakan acara kompetisi di berbagai negara di seluruh dunia, di mana perlombaan tersebut selalu menjadi ajang bergengsi bagi atlet SUP untuk menguji kemampuannya.

Kali ini, tim SUP BPJAMSOSTEK menurunkan Tedy dan Catharina Jahja Tjahjana untuk mewakili Indonesia di kancah turnamen internasional. Kedua atlet tersebut sebelumnya telah menjuarai Belitong Geopark International SUP & Kayak Marathon (BGISKM) 2019 yang digelar Agustus silam.

Pada kejuaraan ini, mereka akan ambil bagian dalam kategori APP World Tour Sprint and Distance Racing 10K, serta ProAm Sprint and Distance Racing 1K yang akan bersaing dengan peserta dari 25 negara.

Berdasarkan hasil kejuaraan tersebut, Catharina berhasil keluar menjadi juara pertama pada kategori Amateur Women 1K, sedangkan Tedy juga berhasil naik podium dengan menjadi juara tiga di kategori Amateur Men 1K.

“Pencapaian ini menjadi permulaan dan pengalaman yang sangat baik bagi para atlet SUP BPJAMSOSTEK, namun saya berharap ke depannya, prestasi mereka akan trus meningkat, dan semoga bibit-bibit atlet SUP di Indonesia dapat tumbuh dengan cepat,” tutup Agus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com