Advertorial

“Friendly Logistics” JNE Hadirkan Solusi untuk Pelaku Industri Kreatif

Kompas.com - 30/09/2019, 21:11 WIB

Sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi di bidang jasa pengiriman dan pendistribusian, JNE terus berusaha untuk menghadirkan solusi bagi pelaku industri kreatif, termasuk Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Salah satunya adalah dengan Friendly Logistics , sebuah layanan yang dirancang khusus bagi para pelaku IKM dan UKM di tanah air. Setelah sukses beroperasi di Bandung dan Yogyakarta, Friendly Logistic pun kini hadir di Cimanggis, Depok.

Friendly Logistic Cimanggis yang berlokasi di Jalan Raya Pekapuran No. 1 Cimanggis, Depok ini diresmikan langsung oleh Candra Fireta dan Edi Santoso selaku Direktur JNE bersama jajaran manajemen lainnya pada Senin (30/9). Dalam kesempatan yang sama, JNE sekaligus meresmikan kerjasamanya dengan Yukbisnis, sebuah online platform pendukung bisnis para pelaku usaha yang didirikan oleh Jaya Setiabudi.

Fasilitas yang disediakan oleh Friendly Logistic mempermudah pengelolaan logistik para pelaku usaha. Dengan demikian, mereka dapat berfokus kepada proses produksi, pengembangan atau inovasi produk, serta penjualannya. Pengelolaan pergudangan oleh Friendly Logistic dilakukan secara profesional dan terintegrasi langsung dengan layanan pengiriman, sehingga pembaharuan data jumlah stok barang serta status pengiriman setiap paket tersedia secara berkala.

“Para pelaku industri kreatif kerap disibukkan dengan proses terkait logistik, seperti, pergudangan, pengaturan stok barang, packaging atau pengemasan barang, sampai dengan pengiriman paket ke setiap pembeli. Hal itu berpotensi menurunkan konsentrasi terhadap upaya peningkatan penjualan, pengembangan, atau inovasi produk dari segi kuantitas maupun kualitas, dan yang lainnya,” kata Presiden Direktur JNE M. Feriadi.

Berbagai fasilitas pengelolaan pergudangan di dalam Friendly Logistic, seperti digital marketing, proses pemenuhan pesanan, pengembangan teknologi, manajemen pengiriman dan pengantaran paket ke penerima, menjadi solusi lengkap untuk masalah yang dialami para pelaku usaha. Dibangun di atas lahan seluas 13 ribu meter persegi, Friendly Logistic Cimanggis mampu menangani puluhan ribu paket setiap bulan dari transaksi klien Yukbisnis.

“Agar dapat mengatasi tiap tantangan dan meraih tiap peluang di era digital, maka sinergi dan kolaborasi bersama dengan mitra strategis harus terus dilakukan. Kehadiran Friendly Logistic diharapkan dapat mendorong kemajuan bisnis pelaku usaha karena membuat mereka tidak perlu lagi menangani aktivitas logistik yang memerlukan upaya besar di dalam proses bisnis,” lanjut Feriadi.

Dalam mewujudkan Friendly Logistic, JNE pun bersinergi dengan sejumlah pihak lainnya. Program ini pertama kali diluncurkan di Bandung dengan menggandeng PT Prakasa Trada Solusi (PTS) pada tahun 2018. Pada 16 September lalu, Friendly Logistic diluncurkan di Yogyakarta dengan berkolaborasi dengan PT Cakra Nala Logistic (Canal). Ke depannya, Friendly Logistic JNE pun akan hadir di kota-kota lainnya seiring dengan pertumbuhan pelaku usaha industri kreatif di era digital.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com