Advertorial

‘Eksotika Batik Madura’ di Acara Pesona Batik Wastra Nusantara

Kompas.com - 03/10/2019, 10:21 WIB

KOMPAS.com - Menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2019, Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) untuk ke-4 kalinya mempersembahkan event Pesona Batik Wastra Nusantara yang digelar pada 25 September-6 Oktober 2019.

Eksotika Batik Madura menjadi tema besar acara tahun ini yang diangkat karena cerita sejarah dan keunikan motif batik dari Jawa Timur khususnya Madura.

Membatik di Madura awalnya dikerjakan di pesantren-pesantren pada musim paceklik. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai pekerjaan sampingan para istri sambil menunggu suaminya pulang melaut bagi masyarakat pesisir yang tidak punya lahan pertanian.

Aktivitas membatik ini terus berkembang ketika ada sebagian masyarakat Madura yang mulai membawa batik untuk dijual ke kota. Mereka mengambil keuntungan dari harga yang sudah ditetapkan oleh para pembatik.

Pada akhirnya, kegiatan jual-beli ini semakin berkembang pesat dengan dibukanya lapak atau los batik di pasar-pasar tradisional. Batik Madura dikenal dengan warna yang berani dan tegas, seperti merah, kuning, hijau, dan biru.

Batik Madura memiliki motif beragam yang terinspirasi dari bentuk tumbuhan dan hewan. Ada pula motif kombinasi hasil kreasi pembatik sendiri seperti motif ayam bekisar, gerbong keraton, dan karapan sapi.

Kombinasi warna dan motif ini menjadi ciri khas Batik Madura yang menjadikannya unik sekaligus berbeda dari batik daerah lain.

- -
Batik sebagai kekayaan budaya bangsa

“Saat ini masyarakat sudah semakin sadar untuk melestarikan Batik sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa, namun belum banyak yang tau sejarah dan proses panjang dibalik pembuatan batik maupun filosofi yang terkandung dalam setiap motif batik yang unik dan berbeda-beda di setiap daerah,” ujar Center Director Summarecon Mall Kelapa Gading, Tommy L.

Ia mencontohkan pihaknya yang mengangkat tema Eksotika Batik Madura di mana batik dari daerah Madura ini dilukis para pengrajin secara otentik. Motif yang dihasilkan pun berbeda satu dengan yang lainnya.

“Pengetahuan seperti inilah yang harus terus diberikan kepada masyarakat sehingga kain batik semakin diapresiasi oleh seluruh kalangan,” lanjut Tommy.

Melalui acara ini, pihaknya juga berharap agar batik bisa diterima di kalangan anak muda dan mereka dapat bangga menggunakannya dalam gaya berpakaian sehari-hari yang lebih santai dan casual. Contohnya seperti memadukan batik dengan sneakers.

Rangkaian acara Pesona Batik Wastra Nusantara

Rangkaian acara yang dihadirkan Pesona Batik Wastra Nusantara selama 12 hari, antara lain adalah:

1 Bazaar Gallery Batik

Pameran Batik para pengrajin dan UKM yang diselenggarakan di area koridor MKG 3–5. Sekitar 69 booth ikut berpartisipasi dalam pameran ini untuk memberikan variasi pilihan batik dengan kualitas terbaik.

2 Batik Fashion Parade by Indonesian Designer

Parade Fashion Show Batik dari desainer kenamaan Indonesia seperti Handy Hartono, Mahadevi, dan Danar Hadi yang diselenggarakan di area The Forum MKG 3 lantai dasar.

Pesona Batik Wastra Nusantara juga berkolaborasi dengan content creator, Andy Yanata dalam menggelar fashion show berbahan dasar batik Madura tanggal 28 September 2019. Kolaborasi ini diharapkan mampu membuat batik menjadi lebih tren di kalangan anak muda.

3 Exhibition & Competition

Disamping produk-produk batik, Pesona Batik Wastra Nusantara juga menghadirkan pameran kerajinan tangan Craft & Ideas. Pengunjung bisa berbelanja berbagai produk handmade seperti kerajinan kulit, anyaman, wayang, dan keramik.

Hadirnya booth jamu tradisional di Atrium MKG 3 lantai dasar juga menambah semarak event ini. Pengunjung juga bisa melihat langsung proses membatik di area koridor MKG 3 dan mengikuti kompetisi melukis batik di tote bag untuk anak-anak.

Jangan lewatkan juga penampilan penampilan Diva Indonesia, Krisdayanti tanggal 28 September 2019 di The Forum, MKG 3 pukul 19.00 WIB.

Ada juga program Batik Shopping Rewards. Pengunjung yang sudah berbelanja di tenant MKG senilai minimal Rp 1 juta berhak mendapat voucher belanja di Pesona Batik Wastra Nusantara senilai Rp 50.000.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Instagram @MKGLaPiazza atau situs web berikut ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com