Advertorial

Lakukan Pemeriksaan Ini Untuk Mengetahui Risiko Osteoporosis Lebih Awal

Kompas.com - 16/10/2019, 11:55 WIB

Tulang keropos atau osteoporosis, merupakan penyakit tak bergejala dan berlangsung lama yang disebabkan oleh hilangnya kepadatan tulang secara perlahan-lahan. Bila tidak dideteksi dan diobati lebih awal, tulang menjadi semakin lemah dan lebih rapuh, sehingga lebih rentan mengalami patah tulang. Patah tulang sebagai akibat osteoporosis dapat menimbulkan nyeri, bahkan kematian dan membutuhkan biaya pengobatan yang tinggi.

Penilaian risiko osteoporosis akan menjadi lebih baik jika dilengkapi dengan pemeriksaan kesehatan tulang, dan hal ini salah satunya melalui pemeriksaan penanda biokimiawi tulang. Penanda biokimiawi tulang adalah pemeriksaan darah yang mampu menilai aktivitas pembentukan dan pembongkaran tulang, serta keseimbangan antara kedua aktivitas tersebut.

Bila aktivitas penyerapan atau pembongkaran tulang lebih besar dibandingkan dengan aktivitas pembentukan tulang, maka kepadatan tulang akan cepat berkurang atau berisiko mengalami osteoporosis di kemudian hari. Pemeriksaan penanda biokimiawi tulang mencakup C-Telopeptode (CTx) dan N-MID Osteocalcin. Pemeriksaan C-Telopeptode (CTx) bermanfaat untuk menilai pembongkaran (resorpsi) tulang, sedangkan N-MID Osteocalcin mampu menilai pembentukan tulang.

Jika hasil pemeriksaan penanda biokimiawi tulang menunjukkan risiko osteoporosis Anda tinggi, konsultasikan hal tersebut dengan dokter. Jika perlu, dokter akan meminta Anda melakukan pemeriksaan lanjutan, misalnya pemeriksaan bone mineral density (BMD) untuk menentukan tingkat kepadatan dan kondisi tulang serta memastikan ada tidaknya osteoporosis.

Sayangilah tulang Anda dengan menjaga kesehatan tulang, diantaranya dengan melakukan tiga langkah berikut: latihan beban dan kekuatan otot setiap hari, diet seimbang dan pastikan cukup kalsium serta vitamin D, dan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kondisi biokimiawi tulang.

Dalam rangka memperingati World Osteoporosis Day 2019, Prodia turut berpartisipasi dengan memberikan keringanan biaya 20% untuk Panel ProHealthy Bone, Panel Osteoporosis, Panel Osteoporosis pada Usila, dan Bone Mass Density (BMD) selama Oktober 2019. Berlaku juga untuk pemesanan melalui e-Prodia (Pesan Online Prodia).

ProHealthy Bone berguna untuk mengetahui kesehatan tulang serta mengetahui risiko osteoporosis serta mendukung diagnosis osteoporosis dan melakukan pemantauan pengobatan osteoporis. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengetahui cukup/tidak asupan vitamin D. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Kontak Prodia 1-500-830.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com