Advertorial

Konsep Quality Air for Life dari Panasonic Demi Hidup yang Lebih Baik

Kompas.com - 17/10/2019, 17:07 WIB

Selain makanan dan minuman, udara yang bersih adalah faktor yang amat penting bagi hidup manusia. Jika seseorang rata-rata mengonsumsi 1,3 kilogram makanan dan 1,2 kilogram air, setiap individu pun membutuhkan sekitar 18 kilogram udara untuk bernapas setiap harinya. Bukan hanya kuantitasnya, kualitas udara yang dihirup pun mempengaruhi kesehatan.

Sayangnya, Indonesia sempat mencicipi sesaknya menjadi negara dengan kualitas udara paling buruk di seluruh dunia. Meski hanya sebentar, predikat ini harusnya membangkitkan kesadaran setiap orang untuk memperbaiki kualitas udara di Indonesia, khususnya di kota-kota yang terdampak oleh polusi kendaraan dan asap akibat kebakaran hutan.

Buruknya kualitas udara di sekitar membuat masyarakat kerap lebih memilih untuk menghabiskan waktu di dalam ruangan. Kendati demikian, tidak ada jaminan bahwa kualitas udara di dalam ruangan lebih baik.

Kondisi ini pun mengundang perhatian Panasonic. Sebagai salah satu pengembang teknologi elektronik terdepan, Panasonic berkomitmen untuk memberikan nilai lebih dan kehidupan yang lebih baik bagi konsumennya melalui inovasi teknologi di segala bidang, sesuai dengan slogan “A Better Life, A Better World” yang diusungnya.

Untuk berkontribusi secara nyata terhadap usaha perbaikan kualitas udara di Indonesia, Panasonic mengembangkan tiga elemen kunci untuk menciptakan udara yang berkualitas, yakni air conditioner (pendingin ruangan), sistem ventilasi, dan teknologi nanoe™.

Ketiga elemen ini kemudian diimplementasikan dalam konsep “Quality Air for Life (QAFL)” dan diaplikasikan kepada produk-produknya yang inovatif. Panasonic pun dengan bangga memamerkan sejumlah produknya di Refrigerator & Heating, Ventilation, and Air Conditioning (RHVAC) Indonesia 2019. Pameran teknolgi pendinginan dan pengendalian iklim terbesar di Indonesia ini dilaksanakan pada tanggal 9-11 Oktober 2019 di JIEXPO Kemayoran.

Dalam pameran ini, Panasonic memperkenalkan QAFL lewat teknologi dan solusi terbaru untuk mengontrol kualitas udara secara maksimal melalui pengaturan suhu dan kelembaban, sirkulasi udara, dan pemurnian udara.

- -
“Solusi yang kami berikan kepada Anda ditopang dengan teknologi nanoe™ yang telah dipatenkan oleh Panasonic. Teknologi ini dikembangkan oleh Panasonic sejak 18 tahun lalu dan telah ditanamkan di berbagai jenis produk pendingin udara perumahan dan komersial untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah di udara,” tutur President Director Panasonic Gobel Indonesia Seigo Saifu dalam sesi konferensi pers bersama awak media pada Rabu (9/10) siang.

Teknologi nanoe™ bagian dari solusi Panasonic untuk menciptakan kualitas udara yang lebih baik di berbagai lingkungan, mulai dari rumah tinggal, perkantoran, hingga hotel. Teknologi ini pun terus dikembangkan, misalnya nanoe™ X yang mampu menghilangkan bau serta menghambat pertumbuhan polutan yang biasa ditemukan di dalam ruangan seperti virus, bakteri, jamur, dan serbuk sari. Tak hanya itu, inovasi ini pun mampu menghilangkan partikel debu hingga 2,5 pm serta mampu memberikan efek melembabkan pada kulit dan rambut.

- -
Para pengunjung RHVAC Indonesia 2019 yang datang ke booth Panasonic di Hall D No. E01 JIEXPO Kemayoran dapat melihat secara langsung produk dan teknologi yang mendukung QAFL. Salah satunya adalah demo room yang memperlihatkan dua ruangan yang salah satunya menggunakan AC Panasonic dengan teknologi nanoe™. Alat pendeteksi partikel debu yang terpasang menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Pengunjung pun dapat merasakan sendiri kemampuan nanoe™ untuk menghilangkan bau menyengat di ruangan tersebut.

Panasonic pun percaya bahwa udara yang berkualitas baik harus hadir di mana saja, termasuk di tempat kerja. Di pameran ini, pengunjung dapat melihat langsung cara kerja sistem manajemen udara Panasonic Comfort Cloud yang dirancang untuk sektor perumahan dan bisnis kecil. Berbekal teknologi Internet of Things (IoT), aplikasi pintar ini memungkinkan penggunanya untuk mengontrol operasional AC yang telah terintegrasi dari mana saja dan kapan saja.

- -
Sementara itu di level industrial, Panasonic pun bermitra dengan Schneider Electric untuk menciptakan konektivitas antara AC light commercial dan sistem VRF Panasonic dengan koneksi plug and play untuk instalasi dan pengelolaan energi yang lebih efisien.

Pengunjung juga bisa melihat dan mendapatkan informasi tentang produk Panasonic lainnya seperti sistem ventilasi, AC split, hingga air purifier di pameran RHVAC Indonesia 2019. Simak informasi lebih lanjut tentang visi Panasonic Quality Air for Life di halaman ini .

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com