Advertorial

YCSEA 2.0 Hadir dan Buka Kesempatan untuk Socio-Techpreneur Wanita

Kompas.com - 25/10/2019, 14:22 WIB

Pusat kebudayaan Amerika Serikat di Indonesia @america dan Campaign.com merilis edisi kedua program Young Changemakers Social Enterprise Academy (YCSEA)untuk mendukung dan meningkatkan kapasitas para socio-techpreneur wanita muda di Indonesia.

Edisi kedua ini berfokus meningkatkan kesempatan para pemimpin perempuan di pergerakan sosial yang menggunakan teknologi sebagai salah satu solusi dalam bisnisnya. Kampanye #BeSociopreneur kemudian hadir dan berupaya menyeimbangkan kesempatan antara pemimpin laki-laki dan perempuan Melalui program ini, YCSEA percaya bahwa kemajuan ekonomi bisa dicapai ketika semua pihak saling bekerja sama.

YCSEA sendiri merupakan bagian dari kampanye #BeSociopreneur yang bertujuan mendorong dan membimbing anak muda Indonesia untuk memulai pergerakan sosial mereka. Kali ini, program YCSEA diisi dengan serangkaian kegiatan dan sejumlah kolaborator ternama, seperti Alpha JWC Ventures, Program Social Innovation Acceleration Program (SIAP), Impact Byte, Girls in Tech, serta sejumlah community partner dan media partner .

Kegiatan peluncuran ini dibuka oleh perwakilan dari Economic Corner Kedutaan Besar AS di Jakarta, Evan Fowler. Dibuka dengan survei dan focus group discussion (FGD) beberapa waktu yang lalu, acara ini menandai dimulainya program sekaligus sebagai pembukaan pendaftaran peserta.

Persyaratan untuk mengikuti program ini adalah memiliki anggota tim minimal tiga orang dengan satu perwakilan perempuan di posisikey management. Usaha yang didaftarkan pun harus berada pada level prototype.

Temuan survei dan FGD menunjukkan bahwa solusi untuk penerapan teknologi sangat dibutuhkan usaha sosial. Karenanya, partisipan yang mendaftarkan diri juga harus menunjukkan rencana mereka menggunakan teknologi sebagai solusi dalam usaha sosialnya agar dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan yang dihadapi.

“YCSEA 1.0 adalah bootcamp pertama yang diikuti Afta B-Ionic, dan kesan yang ditinggalkan sangat baik. Panitianya sangat menyenangkan dan cekatan, jadi terasa bahwa mereka serius dalam membantu kami, sociopreneur muda. Saya belajar banyak, seperti cara menetapkan tujuan bisnis yang jelas, menciptakan model bisnis yang berkelanjutan, dan lainnya,” kata co-founder Afta B-Ionic Aulia Fitria Ulfah, pemenang YCSEA 1.0.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan empat coaching class yang berkolaborasi dengan Alpha JWC Ventures dan sejumlah perusahaan yang dinaunginya. Setiap coaching class untuk mengembangkan ide menjadi sebuah usaha ini akan dibawakan oleh perwakilan perempuan dari perusahaan yang berbeda-beda. Adapun coaching class ini diselenggarakan di @america dan terbuka untuk umum. Kegiatan ini juga akan disiarkan secara langsung di media sosial dan sejumlah American Corners di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai kampanye #BeSociopreneur dan cara mendaftarnya bisa diakses di aplikasi Campaign #ForChange atau di halaman ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com