Advertorial

5 Tempat Terbaik di Thailand untuk Merayakan Festival Loy Krathong

Kompas.com - 28/10/2019, 12:57 WIB

Selain keindahan alamnya, Thailand juga memiliki beragam festival tradisional yang menarik bagi wisatawan mancanegara. Salah satu festival tersebut adalah Festival Loy Krathong yang telah diadakan selama ratusan tahun dari generasi ke generasi. Biasanya masyarakat lokal merayakannya saat bulan ke-12 kalendar bulan Thailand atau pada bulan November.

Festival Loy Krathong dimeriahkan dengan kehadiran perahu kecil yang penuh dengan hiasan (Krathong) dan lilin kecil di atasnya. Perahu ini kemudian dialirkan di atas sungai, danau, kanal, laut, atau aliran air lainnya. Pelepasan Krathong ini merupakan simbolisasi dari pelepasan nasib buruk manusia pada tahun tersebut dan persiapan untuk menyambut tahun baru yang penuh keberuntungan.

Meskipun festival ini dirayakan di hampir seluruh wilayah Thailand, beberapa tempat spesial merayakan Loy Krathong dengan cara yang unik dan spektakuler. Berikut adalah lima tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi untuk melihat salah satu festival tradisional paling populer di Thailand ini.

Chiang Mai

Festival Loy Krathong di Chiang Mai bertepatan dengan festival lokal yang bernama Yi Peng, yaitu sebuah festival yang telah digelar sejak Kerajaan Lanna kuno. Sama seperti Loy Krathong, dalam Yi Peng para peserta festival juga secara simbolis melepas ketidakberuntungan mereka selama setahun belakangan. Hanya saja mereka melepaskannya secara simbolis ke udara.

Bisa bayangkan saat kedua festival ini digabungkan? Ya, langit dan aliran air di Chiang Mai dipastikan akan dipenuhi dengan warna-warni yang menarik dari perahu rakit dan balon terbang dengan hiasan Thailand berunsur etnik.

2. Sukhothai

Dikenal sebagai Loy Krathong Phao Thein Len Fai oleh warga lokal, festival ini dirayakan di Sukhothai selama lima hari dan melibatkan beragam acara seperti kontes dan pasar malam. Berbeda dari perayaan Loy Krathong lainnya, acara ini diadakan pada siang dan malam hari. Para pesertanya terdiri dari warga lokal dan wisatawan asing juga turut diundang untuk merayakannya.

Acara unggulan dari Festival Loy Krathong di Sukhotai meliputi The Greeting of the Dawn of Happiness (menyajikan beragam makanan kering untuk para biksu), replika dari pasar dan desa kuno Sukhothai, aksi bela diri tradisional Thailand yang diadakan di taman bersejarah Sukhothai, sampai festival kembang api dan Floating of the Royal Krathong yang bertempat di kuil Tra Kuan.

3. Bangkok

Cara terbaik melihat Loy Krathong di Bangkok adalah dengan bergabung bersama warga setempat di pasar malam Asiatique. Perayaan utamanya dilaksanakan di trotoar besar yang berada di depan Asiatique. Anda bisa melihat banyak pertunjukan musik, mencoba membuat Krathong versi Anda sendiri, serta ikut serta dalam prosesi pelepasan Krathong di sungai sambil diiringi dengan pesta kembang api yang menawan.

Tempat populer lainnya di Bangkok untuk melihat festival ini adalah di tepi sungai Chao Phraya, khususnya di antara jembatan Krung Thep dan jembatan Krung Thon. Di sini, Anda dapat menikmati perayaan sambil melihat pemandangan kuil dan istana bersejarah Bangkok.

4. Ayutthaya

Festival Loy Krathong di Ayutthaya digelar selama tiga hari. Warga lokal merayakannya dengan cara tradisional dengan acara utama yang digelar di Thung Phukhao Thong, tepat di sebelah patung King Naraesuan the Great. Hal yang paling menarik dari Loy Krathong di sini adalah berbagai lomba, seperti kompetisi lampion gantung dengan desain yang menarik, kontes kecantikan Miss Noppamas International, kontes Noppamas Kids, sampai beragam acara musik dan budaya lainnya.

Pasar besar yang digelar selama festival Loy Krathong ini menjadi surga bagi penikmat kuliner untuk mencicipi makanan khas Thailand. Selain itu, Anda juga bisa berburu barang-barang murah dari pasar malam yang menjual beragam pernak-pernik yang menarik untuk dijadikan buah tangan.

5. Tak

Festival Loy Krathong di Tak dikenal juga dengan sebutan Loy Krathong Sai. Sama seperti festival di kota lainnya yang mengambil lokasi di sungai, wilayah ini juga merayakannya di Sungai Ping. Salah satu yang membuat festival di wilayah menarik ini adalah bagaimana mereka mempersiapkan festivalnya. Alih-alih membuat Krathong dari daun pisang atau styrofoam, mereka menggunakan batok kelapa sebagai bahan utamanya.

Wadah yang terbuat dari batok kelapa ini kemudian diisi dengan lilin sehingga membuat Krathong seperti sebuah lilin raksasa yang mengambang di atas air. Ada juga kontes Krathong yang diikuti oleh beberapa tim dari sejumlah desa. Mereka saling bahu membahu untuk membuat sebuah Krathong sebanyak mungkin sehingga terlihat seperti sebuah rantai lilin panjang yang melintas di atas sungai.

Festival tradisional Loy Krathong menampilkan unsur tradisional Thailand yang kental dengan perpaduan acara budaya dan agama setempat. Jika Anda suka melihat bagaimana masyarakat setempat begitu bersemangat untuk menggelarnya, segera pesan tiket pesawat ke Bangkok sekarang juga di Traveloka. Anda bisa mendapatkan penawaran harga tiket pesawat termurah dengan mengaktifkan fitur Price Alerts atau Notifikasi Harga. Dengan demikian, penawaran harga tiket termurah akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com