Advertorial

Beragam Alasan untuk Berlibur Akhir Tahun di Korea Selatan Bagi Wisatawan Indonesia

Kompas.com - 18/11/2019, 11:53 WIB

Akhir tahun adalah momen yang paling tepat untuk menikmati libur panjang. Hitung-hitung memberi apresiasi bagi diri sendiri atas kerja keras selama setahun dan mengisi kembali semangat untuk menyambut tahun yang baru.

Selagi punya kesempatan untuk berlibur panjang mengapa tidak sekalian saja mewujudkan impian merasakan musim dingin di luar negeri? Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa pergi ke negara empat musim di benua Asia seperti Korea Selatan.

Waktu perjalanan yang harus ditempuh dari Indonesia ke Korea Selatan relatif lebih singkat, hanya delapan jam. Biaya perjalanan pun relatif lebih hemat. Namun selain dua alasan tersebut masih ada beragam alasan menarik lain untuk menikmati libur akhir tahun di Korea Selatan.

1. Pemandangan cantik di musim dingin

Korea Selatan tidak hanya menawarkan suasana kota yang unik dengan perpaduan arsitektur modern dan tradisional, tetapi juga pemandangan alam yang menakjubkan. Pemandangan alam yang ditawarkan negara berjuluk Negeri Ginseng ini pun cantik dinikmati di berbagai musim.

Saat menikmati libur akhir tahun di Korea Selatan cobalah untuk mengunjungi Nami Island di Chuncheon, provinsi Gangwon untuk melihat barisan pepohonan redwood yang mengering di atas hamparan salju. Pemandangan musim dingin yang romantis juga bisa Anda nikmati di lokasi dekat Nami Island yaitu Garden of Morning Calm. Jika ingin sedikit memacu adrenalin coba juga untuk ski dan snowboarding.

2. Jimjjilbang , hanok, dan jajanan khas musim dingin

Warga lokal Korea Selatan punya berbagai cara menikmati musim dingin yang menarik untuk Anda coba. Beberapa di antaranya berendam di kolam air panas dalam jimjjilbang yaitu spa ala Korea, menghangatkan perut dengan jajanan-jajanan seperti tteokpoki, odeng, atau hotteok, serta menginap di hanok atau rumah tradisional Korea yang memiliki sistem pemanas ruangan tradisional.

3. Festival-festival musim dingin yang menarik

Sepanjang musim dingin kalender warga Korea Selatan juga penuh dengan berbagai festival yang menarik untuk diikuti oleh wisatawan. Anda bisa datang ke Festival Cahaya Garden of Morning Calm yang berlangsung 5 Desember – 24 Maret 2019. Taman yang sejatinya sudah cantik ini akan berhias cahaya dari lampion-lampion.

Festival lain yang bisa Anda ikuti adalah Festival Trout di Pywongchang, daerah penghasil ikan trout terbanyak di Korea Selatan, atau menikmati indahnya matahari terbit dari atas Seongsan Peak yang berlokasi di Pulau Jeju.

- -

Selain tiga hal tersebut ada satu alasan lain mengapa akhir tahun ini menjadi momen yang tepat untuk berkunjung ke Korea Selatan bagi wisatawan Indonesia.

Pemerintah Korea Selatan tengah menggelar ASEAN Welcome Week 2019. Festival ini berlangsung pada 20 November-11 Desember 2019 untuk menyambut dan memeriahkan 2019 ASEAN-ROK Commemorative Summit yang akan diselenggarakan 25-26 November 2019.

Selama festival ini berlangsung beragam kegiatan seru diselenggarakan untuk menyambut wisatawan dari negara-negara sahabat di Asia Tenggara. ASEAN Welcome Week khusus bagi wisatawan Indonesia yang bertajuk “Korea Welcomes Indonesia” akan diadakan pada periode 2-6 Desember 2019.

Selama satu minggu tersebut wisatawan Indonesia dapat memperoleh buku berisi kupon diskon mulai dari 20 persen untuk masuk ke lebih dari 50 atraksi wisata di Korea Selatan. Selain itu wisatawan Indonesia dapat memperoleh Welcome Kit yang berguna sebagai panduan wisata selama di Korea Selatan.

- -

Baik buku kupon diskon maupun Welcome Kit dapat diperoleh wisatawan Indonesia dengan mengunjungi booth ASEAN Welcome Week. Booth berlokasi di Bandara Internasional Incheon.

Petugas yang dapat memberi panduan dalam Bahasa Indonesia juga akan disediakan di bandara yang jadi gerbang utama wisatawan Indonesia ke Korea Selatan tersebut.

Selain itu booth juga tersebar di beberapa titik seperti Gate 1 lantai 1 Bandara Internasional Gimhae yang beroperasi pukul 6.00-11.00 waktu setempat, pintu keluar nomor 7 di Stasiun Nampodong, dan pintu keluar nomor 6 di Stasiun Myeongdong yang beroperasi pukul 11.00-19.00 waktu setempat . Selain mendapat buku kupon diskon dan Welcome Kit, wisatawan Indonesia juga bisa mencoba VR dan photo zone.

Segera rencanakan perjalanan Anda ke Korea Selatan untuk mengisi libur akhir tahun. Nikmati beragam pengalaman menarik dan kemudahan yang diberikan bagi wisatawan selama ASEAN Welcome Week 2019.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com