Advertorial

Menjelajah Busan, Kota Penuh Warna dan Kaya Seni Budaya di Korea Selatan

Kompas.com - 21/11/2019, 11:02 WIB

Ketika merencanakan perjalanan ke Korea Selatan, para pelancong pastinya menaruh Seoul di daftar teratas kota yang harus dieksplorasi. Jelas, kota ini menawarkan banyak hal yang dibutuhkan wisatawan.

Ingin menikmati suasana kota, icip-icip jajanan khas Korea, belanja skin care, atau bahkan kembali ke masa lampau dengan mengunjungi atraksi wisata sejarah bisa dilakukan di Seoul.

Namun, sebenarnya Korea Selatan tidak hanya punya Seoul. Masih banyak kota di negara berjuluk Negeri Ginseng ini yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Busan, kota terbesar kedua di Korea Selatan yang memiliki warna dan daya tarik unik.

Berlokasi di timur laut Korea Selatan, kota ini memiliki banyak pantai, kaya hasil laut, dan menawarkan pemandangan yang memanjakan mata. Busan juga merupakan kota yang hidup dengan pusat bisnis yang sibuk dan pasar-pasar tradisional yang meriah. Industri kreatif pun tumbuh subur di kota ini.

Jika Anda terinspirasi untuk memasukkan Busan sebagai salah satu tujuan wisata saat ke Korea Selatan pada musim liburan ini, jangan lupa berkunjung ke destinasi-destinasi berikut.

- -

Gamcheon Cultural Village

Gamcheon, di masa lampau adalah area kumuh dan sepi karena ditinggal oleh ribuan penduduknya. Meninggalkan pemandangan rumah-rumah yang saling berhimpitan satu sama lain. Pada 2010 pemerintah distrik Saha, tempat desa ini berada menginisiasi sebuah proyek untuk merenovasi, merevitalisasinya menjadi area wisata seni dan budaya.

Bekerja sama dengan seniman ternama, kota ini dihias dengan karya-karya seni. Mulai dari mural, patung, hingga karya sastra. Setiap rumah diberi warna, dan desa ini diberi nama baru yaitu Gamcheon Cultural Village.

Mengunjungi desa ini akan terasa seperti menjelajah galeri seni yang sangat luas dan tidak ada habisnya. Setiap sudut desa menarik untuk menjadi lokasi foto. Jika lelah berkeliling Anda dapat bersantai di kafe atau restoran yang memiliki konsep unik.

Marine City

Marine City berlokasi di Teluk Suyeongman, distrik Haeundae dan merupakan kota mini yang dibangun di atas tanah reklamasi. Marine City sering disebut sebagai Hong Kong-nya Korea Selatan karena menawarkan pemandangan gedung-gedung pencakar langit, lampu-lampu kota yang meriah di malam hari, serta area hiburan malam yang tidak pernah tidur.

- -

Taejongdae Park

Bagi Anda yang gemar menikmati pemandangan alam dan melakukan kegiatan seperti trekking atau hiking, Taejongdae Park adalah destinasi yang tepat. Taman ini menawarkan pemandangan hutan kecil yang rindang, hingga pantai dengan deburan ombak kencang dan dihiasi formasi bebatuan alami yang cantik. Anda dapat melihat Tsushima Island yang merupakan pulau di wilayah Jepang, negara tetangga Korea Selatan.

Pantai Haeundae dan Songdo

Pantai Haeundae terkenal dengan garis pantai yang cantik dan berpasir putih. Begitu banyak resort, hotel, bar, dan fasilitas hiburan ada di sini. Setiap tahun, khususnya di musim panas, begitu banyak warga Korea Selatan bersantai dan menikmati matahari di pantai ini.

Sementara Pantai Songdo yang dijuluki Naples of East Asia adalah pantai pertama di Korea Selatan yang dibuka untuk wisatawan. Banyak atraksi wisata lain yang bisa dikunjungi di dekat pantai ini seperti Pulau Geobuksom, Songnim Park, hingga area kemping yang biasa jadi tempat liburan keluarga.

- -

Jagalchi Market

Siapkan ruang dalam perut dan uang jajan Anda ketika mengunjungi Jagalchi Market. Ini karena beragam jajanan khas Busan ada di sini. Anda bisa mencoba ssiat hotteok, panekuk isi kacang yang renyah dan gurih, milmyeon atau mi dingin khas Busan, pajeon dongnae yaitu panekuk asin berisi seafood dan daun bawang, hingga eomuk yaitu kue ikan yang dinikmati dengan kuah kaldu hangat.

Penggemar seafood juga akan terhibur karena di pasar ini hasil laut segar dijual. Anda bisa membelinya sekaligus meminta penjual mengolahnya untuk langsung dinikmati.

Rencanakan perjalanan ke Busan sekarang juga dan bersiaplah dimanjakan oleh pesona alam dan budayanya. Pelajari lebih lanjut informasi tentang atraksi wisata di Busan dengan mengunjungi halaman ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com