Advertorial

Kamu Anak Rantau yang Ngekos? Simak 5 Tips Hemat Ini

Kompas.com - 26/11/2019, 13:35 WIB

Bagi anak rantau yang hidup sendiri tanpa orangtua pasti paham banget berharganya uang di akhir bulan. Meski hanya tersisa sedikit, uang di dompet atau saldo di rekening pasti disayang-sayang supaya bertahan hingga tanggal gajian tiba.

Meski sudah bekerja dan mendapatkan gaji, tetap saja di tanggal tua anak kos akan merasakan uang yang pas-pasan. Maka dari itu, berikut tips hemat bagi anak kos atau kamu yang tinggal sendiri.

1. Lebih baik masak dari pada beli

Biaya terbesar anak kos adalah untuk makan. Di kota-kota besar, sekali membeli makan bisa mengeluarkan uang senilai Rp 25 ribu.

Jika dalam sehari tiga kali makan, anak kos akan mengeluarkan uang lebih kurang Rp 75 ribu. Belum lagi jika tergoda dengan jajanan minuman atau makanan kekinian yang menyebabkan kantong bolong.

Dengan demikian, lebih baik kamu memasak sendiri. Belanja bahan masakan di pasar tradisional saja, supaya bisa ditawar dan pastinya jauh lebih hemat dibandingkan di supermarket.

Dengan uang Rp 50 ribu, kamu bisa mendapatkan daging ayam, tahu atau tempe, berbagai sayur, serta bumbu dapur untuk stok dua hari. Jauh lebih hemat, bukan?

2. Cuci baju sendiri
Pengeluaran yang bisa ditekan berikutnya adalah biaya laundry. Daripada laundry kiloan, kamu bisa mencuci bajumu sendiri.

Tak perlu setiap hari, luangkan waktu di akhir pekan untuk pakaian yang berat, seperti sweater atau jeans. Namun, untuk pakaian dalam, kamu bisa mencucinya saat mandi.

Jika tak ada mesin cuci, kamu bisa mencuci dengan tangan, ya itung-itung olahraga. Jika kamu memiliki baju yang harus masuk laundry, kumpulkan beberapa baju tersebut sebelum kamu laundry, supaya lebih hemat.

Selanjutnya, jika kamu kurang terampil dalam setrika baju, kamu bisa minta tolong ibu penjaga kos untuk membantu. Kamu bisa memberikan uang jasa ke ibu penjaga atau membelikan makanan untuk membalas jasa setrika.

3. Buat daftar pengeluaran
Setiap terima gaji atau uang dari orangtua, pastikan kamu membuat daftar rencana pengeluaran selama satu bulan ke depan. Tulis secara rinci apa saja dan bujet yang kamu butuhkan.

Misalnya untuk biaya makan dalam satu bulan, biaya listrik, biaya belanja bulanan, hingga biaya tak terduga yang harus disiapkan. Dengan memiliki rencana ini, kamu dapat mengontrol pengeluaran.

Selain rencana pengeluaran, kamu juga harus mencatat uang yang kamu keluarkan setiap harinya. Hal ini untuk mengukur apakah kamu bisa konsisten dengan rencana yang telah dibuat.

4. Rajin cari promo
Nah, bagi anak kos mencari promo atau diskon yang ditawarkan merupakan hal yang menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan barang atau makanan yang diinginkan dengan harga yang lebih hemat.

5. Bayar segala tagihan tepat waktu
Dengan berbagai kesibukan sehari-hari, terkadang kamu lupa untuk membayar tagihan, seperti tagihan kartu kredit, tv kabel, atau tagihan listik. Jika sudah jatuh tempo, kamu akan mendapatkan denda di bulan berikutnya.

Perkembangan teknologi kini juga membuat kamu semakin mudah untuk membayar segala jenis tagihan. Salah satu contohnya bayar tagihan listrik bisa dilakukan secara online.

Dengan Traveloka, kini kamu bisa bayar listrik online di mana saja dan kapan saja. Tak hanya bayar listrik, kamu bisa cek tagihan PLN melalui Traveloka. Baik layanan listrik prabayar atau pascabayar tersedia di Traveloka.

Bagi yang menggunakan listrik prabayar, kamu bisa mengisi token listrik melaui fitur ini. Caranya :

· Kunjungi Traveloka.com atau Buka aplikasi Traveloka di ponsel kamu.

· Pilih menu “Bill Payment” lalu pilih “PLN Electricity” atau “Listrik PLN” untuk versi desktop. Atau pilih menu pembayaran “PLN Electricity” atau “Listrik PLN” pada aplikasi Traveloka.

· Isi nomor Meter Prabayar atau nomor pelanggan kamu lalu pilih nominal token yang ingin kamu beli. Jika sudah benar, klik “Buy Now” atau “Beli Sekarang”.

· Akan muncul menu pop-up untuk konfirmasi pesanan. Klik “Continue” atau “Lanjutkan” jika semua sudah benar.

· Selanjutnya, kamu akan masuk ke laman pembayaran. Silakan pilih metode pembayaran yang ada.

· Segera lakukan pembayaran sebelum melewati jangka waktu yang disediakan.

· Setelah melakukan transaksi pembayaran, kamu akan menerima nomor token untuk mengisi kuota listrik.

Bayar listrik online menjadi lebih mudah melalui Traveloka. Dengan demikian, tak ada lagi cerita nunggak tagihan listrik atau tiba-tiba listrik mati karena kehabisan kuota. Semua bisa selesai dengan Traveloka. Informasi lebih lanjut, silakan klik di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com