Advertorial

Hobi yang Bagus Itu Menghasilkan Uang, Bukan Malah Menghabiskannya

Kompas.com - 28/11/2019, 15:23 WIB

“Hobi kamu apa?”

Pertanyaan ini sering kali dilemparkan oleh banyak orang pada masa perkenalan pertama. Mau itu masuk kantor baru, bertemu orang baru, atau ketika sedang mendekati gebetan baru, pasti ada saja yang memulai percakapan seperti ini.

Hobi identik dengan hal-hal yang dilakukan karena suka. Contoh yang paling umum, saat ditanya hobi tidak jauh-jauh, yaitu membaca, menulis, mendengarkan musik, berenang, travelling, dan sebagainya.

Alasan menjalankan hobi karena ada tujuan tertentu yang ingin didapatkan saat menjalankannya, yaitu kesenangan, ketenangan, perasaan happy dan excited. Jadi, tidak ada masalah kalau harus mengeluarkan uang hingga memakai jasa pinjaman uang tunai.

Ketika seseorang sudah mengeluarkan uang untuk hobi, apakah kesenangan atau kepuasannya berakhir sampai situ saja? Apakah seseorang bisa mendapatkan keuntungan material dari hobi yang dijalankan?  Agar lebih jelas, simak ulasan berikut.

5 Contoh Hobi yang Menghasilkan Uang

Buat para pegawai swasta maupun negeri yang sudah kepalang tanggung berkomitmen untuk menjalani KPR atau cicilan mobil, cobalah untuk terus meneruskan hobi yang selama ini dijalankan. Karena bila dikembangkan dengan lebih serius, bisa menambah pendapatan seperti contoh 5 hobi berikut:

- -

1. Otomotif

Hobi ini memang banyak digemari dari kalangan manapun. Keunikan setiap jenis atau model mobil dan motor yang disajikan berbagai macam merek, membuat banyak orang menyukainya. Ada yang suka dari segi desain, performa, hingga jenis modifikasinya.

Walaupun hobi otomotif termasuk hobi yang merogoh kocek banyak, cobalah untuk sedikit demi sedikit menekuninya dengan serius. Contoh orang yang hobi motor Vespa. Bila ia membeli motor Vespa dan merapikan motor tersebut, harga jual akan tinggi. Apalagi bila parts yang dipasangkan pada motor tersebut asli.

- -

2. Menulis

Hobi yang bisa dikerjakan kapanpun dan di manapun sesuai selera hati. Hobi ini cukup sederhana dan bisa menghasilkan uang dengan mudah. Pasalnya banyak sekali tawaran pekerjaan untuk freelance writer dari perusahaan-perusahaan yang memerlukan jasa para penulis.

Selain itu, jika seseorang dengan tekun membangun blog sendiri tentu hasilnya akan lebih lumayan karena bisa mempublikasikan hasil karya sendiri. Selanjutnya, cukup mengoptimasinya agar bisa memperoleh banyak kunjungan pembaca sehingga bisa menempatkan iklan di blog atau bekerja sama dengan suatu brand.

- -

3. Memasak

Sudah jelas sekali hobi ini bisa menguntungkan bila mampu menyajikan makanan yang nikmat dan sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Namun, hobi ini tidak hanya terpaku hanya untuk para wanita, saat ini bahkan ahli masak di berbagai restoran dikepalai oleh kaum pria.

Jika kemampuan memasak sudah diakui banyak orang, cobalah untuk membuka usaha katering atau bereksperimen menghadirkan makanan baru yang unik.

Tak perlu membuka restoran, cukup menawarkannya melalui akun media sosial dengan sistem pre order. Saat ini, banyak sekali orang yang akhirnya berhasil menghasilkan uang dengan menjual masakan buatan sendiri melalui akun media sosial, mulai dari makanan ringan hingga berat.

- -

4. Hobi Makan

Biasanya untuk membeli makanan harus mengeluarkan uang bukan? Namun, percaya atau tidak kalau Anda bisa saja dibayar hanya dengan makan saja, lho! Iya benar, hanya makan saja, bisa mendapatkan pendapatan.

Coba salurkan hobi makan ini melalui banyak channel media sosial pribadi seperti Instagram, Youtube, dan Twitter, maka kesempatan untuk menghasilkan uang bisa terjadi. Akhir-akhir ini, istilah food blogger pun mulai bermunculan.

Dengan me-review dan merekomendasikan makanan atau tempat makan yang enak atau lagi hits, Anda bisa mendapatkan banyak visitor.  Kemudian, nantinya Anda bisa memasang adsense di blog atau akun YouTube pribadi dan tentunya jadi buzzer makanan atau restoran di akun media sosial.

Namun, dengan maraknya food blogger pada zaman sekarang, teruslah berinovasi tanpa henti dan jangan patah semangat, ya.

- -

5. Fotografi

Tidak terikat waktu, hobi fotografi adalah salah satu hobi yang bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Ditambah lagi, semenjak smartphone sudah memiliki kamera yang sangat mumpuni, hobi ini bertambah luas. Bahkan sampai ada komunitas fotografi khusus yang menggunakan smartphone.

Jika kebetulan sedang jalan-jalan ke tempat yang memiliki pemandangan indah dan kebetulan menghasilkan foto yang bagus, jangan sungkan untuk disertakan dalam lomba foto yang sering diadakan di media sosial.

Apalagi jika memiliki kemampuan fotografi mumpuni, membuka jasa foto pernikahan atau dokumentasi dengan bantuan kamera DSLR. Tentu sangat menyenangkan bukan jika hobi memotret bisa mendapat menghasilkan uang sekaligus? 

Nah, buat para penggiat hobi, sebentar lagi akan diadakan Harbolnas pada 12 Desember 2019. Pasti banyak promo yang akan diberikan oleh berbagai macam situs online.

Ini merupakan waktu yang tepat untuk terus memperdalam hobi Anda. Contohnya ada promo SALEamatan dari Kredivo. Promo ini memberikan diskon cicilan hingga Rp2,1 juta di berbagai macam e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Elevenia, Pegipegi & Tiket.com.

Jadi, bila Anda hobi fotografi dan sedang mencari lensa yang cocok untuk kamera yang sedang Anda pakai, coba mulai mencari dari sekarang. Biasanya merchant yang ada di e-commerce akan melakukan pengumuman apakah barang yang diincar akan diskon atau tidak.

Bila diskon, tambahkan dengan kode promo dari Kredivo, maka harga yang dibayar akan jauh lebih hemat lagi.

Akhir kata, semua hobi sebenarnya  bisa menghasilkan pundi-pundi uang bila dikerjakan dengan serius. Jadi, bangun lagi semangat untuk menjalani hobi!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com