Advertorial

Cicilan untuk Barang Impian Itu Baik, tapi Tidak untuk Hal Ini

Kompas.com - 23/12/2019, 15:38 WIB

Di era modern seperti sekarang memang sudah mudah untuk mendapatkan layanan kredit atau cicilan. Tidak bisa dipungkiri bahwa pinjaman online juga berperan untuk memberikan akses kredit bagi para nasabah yang statusnya belum pernah punya pengalaman kredit di lembaga keuangan manapun.

Berkat kemajuan teknologi yang membuat proses pendaftaran untuk mendapatkan layanan keuangan menjadi sangat mudah dan cepat. Namun, sayangnya masih banyak orang yang kurang selektif dalam menggunakan pinjaman.

Tidak apa kalau kita memang memakai cicilan untuk barang impian yang sifatnya produktif, misalnya smartphone atau laptop untuk menunjang kebutuhan kerja. Mencicil kebutuhan konsumtif seperti membeli sepatu atau baju yang sudah diincar sejak lama juga sah-sah saja, dengan syarat semua kebutuhan sudah terlengkapi dan hanya sesekali. Hal ini karena masih banyak kebutuhan darurat seperti membeli obat atau biaya pendidikan yang prioritasnya harus diutamakan.

Agar pinjaman bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dihindari penggunaannya jika menggunakan layanan pinjaman dari aplikasi.

1. Gali lubang tutup lubang

Jangan pernah membayar utang cicilan dengan cara meminjam dana ke lembaga lain. Walaupun hal ini bisa dibilang lumrah dilakukan, tetapi kebiasaan buruk seperti ini justru akan berdampak secara sistemik di kemudian hari. Termasuk akan memengaruhi skor kredit, sehingga sulit mengajukan kredit kembali di masa depan.

Seharusnya bila seseorang berkomitmen untuk menjalani cicilan, ia sudah tahu dan mempunyai strategi agar mampu membayar setiap bulannya. Cara seperti cicilan per bulan tidak boleh lebih dari 30 persen dari total pendapatan, mencari tambahan pendapatan, hingga hidup hemat seharusnya sudah diterapkan sejak awal seseorang berkomitmen untuk menjalani cicilan.

2. Cicilan online untuk uang muka kendaraan

Jika sudah ngebet ingin memiliki kendaraan, sebaiknya pikirkan kembali manfaatnya. Jangan hanya sekedar untuk gengsi saja.

Meski ada yang bilang bahwa kendaraan bisa menjadi simbol kesuksesan, bukan berarti harus gelap mata untuk membayarkan uang muka kendaraan dengan menggunakan pinjaman uang online.

Hal ini langkah yang kurang bijaksana mengingat jika kredit kendaraan disetujui. Orang itu harus membayar dua utang sekaligus, yaitu utang untuk DP dan utang kredit kendaraan itu sendiri. Oleh karena itu, jika ingin membeli kendaraan secara kredit, jangan sekalipun menggunakan utang, tetapi gunakan dari uang yang benar-benar dipersiapkan untuk DP kendaraan atau dari tabungan.

3. Membeli barang untuk gengsi

Inilah yang perlu dibedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hampir tidak sedikit orang yang membeli barang karena ikut-ikutan atau panas hati orang lain sudah memilikinya.

Hal ini biasanya terjadi antar teman atau antar tetangga. Agar bisa menghindari kebiasaan yang kurang produktif ini, sebaiknya mulai lagi merefleksikan tujuan hidup, apakah memang hanya untuk mengejar tren atau untuk memenuhi kebutuhan paling mendasar.

Contohnya, kebutuhan kita adalah membeli laptop standar seperti Asus Aspire yang bisa menunjang kebutuhan kerja seperti internet dan aplikasi untuk mengatur dokumen dan lain-lain. Namun, dengan kebutuhan yang sama, laptop yang kita inginkan adalah Macbook Air terbaru yang sangat berbeda jauh sekali harganya.

Gunakanlah cicilan untuk kebutuhan produktif

Utang produktif adalah utang yang membantu kita untuk menghasilkan uang ataupun membantu untuk berinvestasi. Contohnya, seorang ayah secara tiba-tiba oleh anaknya diminta untuk membeli buku atau membayar study tour sekolah, sangat dianjurkan untuk meminjam uang dengan cara dicicil.

Atau seorang pekerja kantoran yang ingin membuka bisnis kecil-kecilan dan meminjam uang untuk modal bisnisnya agar mendapatkan pendapatan lebih. Utang yang diterima sangat produktif karena bisa menghasilkan uang lagi.

Bila ingin mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan produktif, ada berbagai lembaga keuangan yang menyediakan jasa cicilan untuk utang yang bersifat produktif. Salah satunya Kredivo, sebagai lembaga pinjaman online yang sudah tepercaya dan terdaftar di OJK.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com