Advertorial

Ini 5 Cara Jenius Mengatur Keuangan Agar Masa Depan Keuangan Terjamin

Kompas.com - 27/01/2020, 18:34 WIB

Meski terdengar sederhana, mengatur keuangan pribadi bukan hal sepele. Bukan rahasia bahwa kunci dari kesuksesan perencanaan keuangan adalah keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Namun, rencana keuangan yang sudah dibuat sering kali dilanggar karena berbagai godaan atau kejadian tak terduga. Karenanya, kita harus pintar memilah dan memilih strategi agar keuangan tetap aman.

Mengatur keuangan akan lebih mudah jika dilakukan dengan Jenius. Sesuai namanya, Jenius menyediakan cara mengatur keuangan yang pintar untuk kamu hanya dengan sentuhan jari di aplikasi smartphone.

Sebagai pedoman dasar, inilah cara mengatur keuangan ala Jenius yang bisa dilakukan agar masa depan keuangan kamu terjamin tanpa mengabaikan kebutuhan sehari-hari.

Catat setiap pemasukan dan pengeluaran

Tidak cukup hanya menjaganya tetap seimbang, pemasukan dan pengeluaran wajib didokumentasikan dengan terperinci. Bukan hanya pengeluaran rutin seperti biaya makan dan transportasi, catat juga setiap uang receh yang dikeluarkan. Biaya parkir, tips, hingga membeli cemilan adalah pengeluaran yang sering luput dari pencatatan. Padahal bila dihitung-hitung, biaya tersebut juga mempengaruhi keseimbangan neraca keuangan.

Mengalokasikan dana dengan Kartu Debit Jenius

Biasakan untuk mengalokasikan dana ke beberapa pos usai menerima gaji dan yang paling penting, menaatinya. Hal ini dapat membantu agar pengeluaran terkendali. Hitung juga proporsinya, misalnya dengan skema 40-30-20-10 yang populer. Artinya, 40 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk cicilan, 20 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk beramal atau mungkin bersenang-senang.

Butuh pengalokasian dana yang praktis? Gunakan saja Kartu Debit Jenius. Berbeda dengan kartu debit biasa, kamu bisa memiliki satu kartu debit utama (m-Card), satu kartu debit virtual (e-Card), dan tiga kartu debit tambahan (x-Card). Semua kartu ini bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda.

Lebih baik lagi, semua kartu bisa diisi saldonya sesuai anggaran dan kebutuhan. Dengan demikian, pengeluaran pun lebih terjaga karena dana telah dialokasikan di masing-masing kartu.

Menyiapkan dana darurat dengan Flexi Saver

Dana darurat wajib hukumnya. Bayangkan saja jika terjadi peristiwa darurat namun tidak ada dana. Karenanya, selalu sisihkan sebagian pemasukan untuk dana darurat. Sediakan dana darurat sekitar 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan. Meski terlihat besar, jumlah ini bisa tercapai. Caranya adalah dengan secara konsisten menyisihkan penghasilan. Yakinlah bahwa dana darurat akan menjadi penyelamat saat dibutuhkan.

Dana darurat ini bisa disimpan di Flexi Saver. Lewat fitur ini, kamu bisa memisahkan dana darurat ke dalam pos tersendiri, terpisah dari rekening utama. Jangan khawatir jika terjadi kondisi darurat, karena Flexi Saver bisa dicairkan kapan saja dengan nominal berapa saja.

Tetap berusaha meraih impian dengan Dream Saver

Mengatur keuangan bukan berarti merelakan impian. Liburan ke luar negeri, smartphone terbaru, atau laptop gaming canggih bukanlah tidak mungkin tercapai jika direncanakan dengan baik. Sebaliknya, jadikan hal tersebut sebagai bagian dari perencanaan keuangan setiap bulan.

Karenanya, gunakan saja Dream Saver, rekening yang target saldonya bisa ditentukan sendiri agar kamu semakin bersemangat untuk menggapai mimpi. Konsistensi adalah kunci, yakinlah bahwa sedikit demi sedikit dana yang disisihkan pun akan mencukupi.

Memanfaatkan Maxi Saver untuk dana jangka panjang

Cara mengatur keuangan tidak akan lengkap tanpa menyiapkan dana jangka panjang. Dana jangka panjang adalah bekal untuk masa depan yang lebih tenang. Bukan hanya soal dana pensiun, dana jangka panjang juga bisa digunakan untuk uang muka rumah, biaya pernikahan, hingga dana pendidikan anak.

Soal rencana keuangan jangka panjang seperti dana hari tua, Jenius mengandalkan Maxi Saver. Dengan fitur ini, kamu bisa menyiapkan dana jangka panjang dan memelihara agar dana tetap produktif dengan tingkat bunga bersaing.

Segera download aplikasi Jenius dan mulailah mengatur keuangan dengan lebih pintar untuk keuangan yang lebih terjamin ke depannya. Temukan informasi lebih lanjut tentang Jenius di halaman ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com