Advertorial

PPSDM Migas Tingkatkan Keterampilan Karyawan PHE Lewat Pelatihan

Kompas.com - 04/02/2020, 14:36 WIB

Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas menjalankan serangkaian pelatihan keterampilan untuk sejumlah pegawai PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Pelatihan ini dilakukan dalam untuk membekal para peserta didik dengan keterampilan dasar dan pengetahuan proses serta non proses dalam berbagai bidang industri migas.

Pelatihan bertajuk Bimbingan Keterampilan Juru Teknik Hulu Energi ini diikuti oleh 12 peserta yang merupakan karyawan PHE. Acara dibuka pada Senin (3/2) di aula lantai 3 gedung PPSDM Migas. Nantinya, rangkaian pelatihan tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Februari 2020 hinngga 20 April 2020 di kelas dan laboratorium PPSDM Migas.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala PPSDM Migas Wakhid Hasyim. Dalam sambutannya, ia menyampaikan rasa terima kasih dah apresiasi kepada PHE yang telah mempercayakan peningkatan keahlian dan kompetensi pekerjanya kepada PPSDM Migas.

Dalam upacara bertajuk Pembukaan Pelatihan Program Pertamina Corporate University ini turut hadir Manager Human Resources Services PHE Adrianus Darmawan. Adrianus pun mengapresiasi kesediaan PPSDM Migas dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Adrianus sendiri pernah mengenyam pendidikan dan pelatihan dari PPSDM Migas pada tahun 1991. Hal ini pula yang membuatnya semakin yakin akan kompetensi PPSDM Migas untuk meningkatkan keterampilan para pekerja di bidang migas. Keterampilan ini pun bukan hanya bermanfaat bagi produktifitas perusahaan namun juga bagi para individu itu sendiri.

“Saya berharap kalian menjadi ujung tombak kegiatan produksi Pertamina Hulu Energi,” imbuh Adrianus.

. .

Ada beberapa bidang keterampilan dasar serta pengetahuan proses dan non proses yang dilatih dalam rangkaian kegiatan ini. Bidang tersebut meliputi produksi, elektrik, mekanik, dan instrumentasi pada industri migas.

Setelah menyelesaikan pelatihannya, para peserta akan mengikuti proses Sertifikasi Tenaga Teknik Khusus (STTK) sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Untuk kelas produksi STTK yang diambil adalah bidang Operasi Produksi Operator, sementara kelas mekanik akan mengambil sertidikasi Teknisi Perawatan Mekanik Level III. Para peserta kelas Listrik akan diteruskan dengan STTK Teknik Sistem Listrik Distribusi dan Teknik Instrumentasi Tingkat I untuk peserta kelas Instrumentasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com