Advertorial

BRILink Membuktikan Bahwa Agen Bank Dibutuhkan Dalam Kehidupan Masyarakat

Kompas.com - 12/02/2020, 09:07 WIB

KOMPAS.com Dalam kemajuan teknologi yang semakin pesat, kegiatan perbankan juga mengalami perubahan dalam kesehariannya. Jika dulu harus datang langsung ke Bank untuk melakukan transaksi perbankan, sekarang cukup dengan aplikasi dan sambungan internet maka anda sudah dapat melakukan transaksi.

Namun, tidak semua orang mempunyai akses untuk mempunyai smartphone atau dengan mudah terhubung dengan internet. Masih terdapat beberpa wilayah yang kesulitan untuk mendapatkan akses internet. Oleh karena itu BRI meluncurkan program branchless banking atau Agen BRILink yang ditujukan untuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Ternyata, program tersebut membuktikan keberhasilannya dan melampaui tujuan awal. Program yang awalnya menyasar masyarakat di daerah 3T ini terbukti efektif digunakan oleh masyarakat kota sebagai alternatif layanan keuangan yang terintegrasi. 

Hal tersebut sudah dibuktikan oleh Teggy, seorang Agen BRILink di daerah Sungai Lulut, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Teggy yang memiliki usaha Toko Ponsel telah menjadi Agen BRILink sejak Mei 2017. Ia menyatakan bahwa dalam satu bulan jumlah transaksi yang dilayani mencapai 2.000 transaksi dengan omset Rp 1,8 hingga Rp 2 miliar per bulan.

“Disini transaksi cukup ramai dikarenakan berada di dekat pusat keramaian, yaitu Pasar Sungai Lulut. Salah satu transaksi yang paling sering dilakukan masyarakat sekitar yakni transfer dan pembayaran,” imbuh Teggy.

- -

Menariknya, transaksi Agen BRILink milik Teggy tidak pernah sepi meskipun berada di pusat Kota Banjarmasin.

 “Meskipun di tengah kota, masyarakat tetap banyak yang bertransaksi di tempat saya karena lebih fleksibel terutama dalam hal jam layanan dan mereka tidak perlu dandan atau berpakaian formal. Selain itu, saya memberikan pelayanan lebih melalui pendekatan personal terhadap setiap masyarakat yang datang,” ujar Teggy.

Teggy juga menceritakan bahwa menjadi Agen BRILink banyak memberikan dampak positif. Selain meningkatkan ekonomi keluarganya, ia pun dapat membuka lapangan pekerjaan dengan merekrut karyawan. Kisah Teggy menunjukkan bahwa keberadaan Agen BRILink tidak hanya meningkatkan pendapatan masyarakat, namun juga mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Selain itu, Agen BRILink juga dapat melakukan top up kartu Brizzi. Kartu Brizzi merupakan produk non tunai yang dikeluarkan Bank BRI untuk kebutuhan transaksi masyarakat.

Informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk perbankan dan digital banking Bank BRI dapat dilihat di situs www.bri.co.id

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com