Advertorial

Tiga Tipe Traveler Indonesia Menurut Airy Budget Travel Insight 2020

Kompas.com - 24/02/2020, 14:45 WIB

Rencana pemerintah mencanangkan program penetapan sepuluh destinasi wisata prioritas diprediksi akan membuat Industri dari sektor pariwisata mulai bergairah. Sepuluh destinasi tersebut adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Pulau Seribu, Candi Borobudur, Mandalika, Gunung Bromo, Wakatobi, Labuan Bajo, dan Morotai. 

Dari sepuluh destinasi wisata prioritas itu, lima diantaranya dijadikan sebagai lima destinasi super prioritas. 

Lima destinasi super prioritas itu diantara lain Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan yang terakhir adalah Likupang. 

Dengan keseriusan pemerintah menggalakan sektor industri pariwisata, maka hal itu juga akan meningkatkan keinginan orang untuk ber-traveling. Nah, menurut Airy Budget Travel Insight 2020, terdapat tiga tipe traveler yang berbeda beda di Indonesia. 

Tipe yang pertama adalah wisatawan cermat (Meticulous Traveler), dengan ciri utama melakukan pemesanan tiket pesawat empat minggu atau mungkin lebih dari tanggal yang sudah di rencanakan. Begitu juga dengan reservasi kamar hotel, dan juga restoran atau tujuan lainnya. 

Traveler ini bersedia melakukan riset perbandingan harga kamar dan hotel secara detail demi menemukan harga terbaik, bahkan rela menunggu promosi. Mereka juga sudah menyusun rencana perjalanan liburan secara komplet. Tipe wisatawan cermat ini biasanya lebih memprioritaskan waktu berwisata bersama keluarga. 

Yang kedua adalah tipe wisatawan terjadwal (Schedule Traveler). Mereka biasanya memmbuat perencanaan perjalanan satu sampai dua pekan sebelum bepergian. Untuk durasi berwisata yang pendek, mereka lebih mengutamakan reservasi akomodasi terlebih dahulu, sebelum kemudian memilih moda transportasinya. 

Sedangkan untuk periode bepergian yang panjang, mereka mengutamakan moda transportasinya, baru  kemudian menyiapkan penginapan. Hal tersebut dikarenakan mereka mempunyai relatif banyak waktu luang sehingga tidak terburu-buru memilih tempat menginap. 

Dari segi komposisi, traveler tipe ini terdiri atas 60 persen pria, dan 40 persen wanita.

Kebanyakan dari tipe traveler ini melakukan wisata bersama teman ataupun kerabat terdekatnya. 

Ketiga adalah wisatawan spontan (Spontaneous Traveler), tipe wisatawan ini seringkali bepergian tanpa ada perencanaan khusus.  Biasanya malah terkesan impulsif tergantung momen dan lingkungan di sekitar mereka. Tipe ini mayoritas yang mayoritas pria biasanya memesan akomodasi inap sehari sebelum keberangkatan, dan tidak memiliki rancangan perjalanan sama sekali. 

Oleh karena itu apapun yang menjadi tipe traveler Anda, Airy hadir untuk mempermudah pengalaman Anda dalam mendapatkan penginapan pada saat Anda sedang berwisata. Cukup dengan membuka situs web www.AiryRooms.com dan pilih tanggal penginapan sesuai dengan rencana yang telah Anda putuskan, maka Anda sudah langsung mendapatkan kamar yang diinginkan dengan mudah dan murah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com