Advertorial

Ingin Bisnis Tumbuh dengan Baik? Pastikan Process Improvement Sudah Terlaksana

Kompas.com - 04/03/2020, 19:33 WIB

Selama ini banyak perusahaan yang menggunakan Business Improvement untuk meningkatkan pendapatan secara maksimal. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari penetrasi pasar yang tepat, ekspansi bisnis yang besar, promosi yang masif, dan meluncurkan produk baru secara terus menerus.

Saat usaha untuk memperbesar perusahaan dilakukan dengan agresif, terkadang ada hal yang terlupakan, yaitu Process Improvement. Apakah sumber daya yang ada sudah dikelola secara efektif dan efisien?

Process Improvement yang selama ini mendapatkan perhatian kecil merupakan landasan yang sangat penting bagi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang. Process Improvement yang tepat juga akan mendorong terlaksananya Business Improvement optimal.

Tidak sedikit perusahaan yang ingin memperbaiki kualitas layanan atau produk tetapi juga selalu mencari cara untuk mengurangi biaya. Hal ini menjadi sebuah tantangan utama yang dihadapi setiap perusahaan untuk mampu bertahan dalam era bisnis yang sangat kompetitif dewasa ini.

Contoh sederhananya, sebuah pabrik seharusnya memiliki kapasitas dan permintaan pasar 100 ton per bulan, tetapi hanya mampu berproduksi 50 ton per bulan. Apabila ini dibiarkan terjadi maka dalam satu tahun pabrik yang harusnya bisa tumbuh dan memproduksi 1.200 ton hanya tumbuh setengahnya saja yaitu 600 ton.

Maka isu utama yang dihadapi adalah adanya proses yang tidak efisien dan tidak efektif di pabrik. Process Improvement pun menjadi solusi bagi pertumbuhan bisnis perusahaan tersebut.

Namun, di sisi lain ada perusahaan dengan kapasitas pabrik 100 ton tetapi pesanan yang datang hanya 50 ton.  Maka Process Improvement secara langsung tidak akan menjadi solusi pertumbuhan bisnis.

Akan tetapi yang bisa dilakukan oleh Process Improvement adalah memastikan dengan benar bagaimana memetakan proses. Mulai dari menangkap semua informasi peluang pasar yang ada di luar perusahaan, mengidentifikasi, memverifikasi dan  melakukan proses penjualan yang tepat, sehingga dapat mengubahnya menjadi transaksi yang menghasilkan 100 ton.

Lalu bagaimana dengan cara melakukan Process Improvement yang tepat untuk perusahaan supaya dapat mewujudkan Business Improvement?

GML Performance Consulting bersama dengan Paul Walsh dari AGSM@UNSW Sidney dan Six Sigma, merupakan implementor yang menyusun Process Management Excellence (PMXR).

Dalam metodologi tersebut, mereka menyederhanakan Process Improvement sehingga bisa diimplementasikan oleh unit atau divisi apapun, tak hanya di industri manufaktur, tetapi juga di dunia servis.

Eksekusi dan hasil excellent hanya bisa dicapai oleh mereka yang menghargai proses. Anda ingin menjadi salah satunya?

Maka dari itu, jangan lewatkan workshop “Process Management Excellence”  yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-15 April 2020. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa hubungi GML Performance Consulting di nomor 4515718 atau 082123253700.

 

(Artikel berdasarkan tulisan dari Djunaidi Baharudin, Director of Consulting GML Performance Consulting)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com