Advertorial

Pertama di Indonesia, Bayar SIM Internasional Hanya lewat BRI

Kompas.com - 05/03/2020, 12:31 WIB

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terkait layanan perbankan dalam pembayaran online surat izin mengemudi (SIM) internasional. Layanan ini akan mempermudah masyarakat membayar tagihan pembuatan SIM internasional.

Sinergi strategis tersebut pertama kali dilakukan di Indonesia. Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani oleh Direktur Hubungan Kelembagaan serta BUMN Agus Noorsanto dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Istiono di Kantor Korlantas Polri, Jakarta (28/02/2020). Momen bersejarah itu juga disaksikan langsung oleh Direktur Umum BRI Sunarso.

Sunarso mengungkapkan, BRI turut bangga karena dapat mendukung transformasi digital berupa pembayaran SIM internasional secara daring yang dilakukan oleh jajaran Korlantas Polri. “Dengan sistem online, pelayanan SIM internasional semakin praktis dan mudah. Selain itu, prosesnya akan lebih akurat karena terintegrasi dengan Data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta Keimigrasian,” urainya.

SIM internasional merupakan dokumen resmi yang harus dimiliki seseorang bila ingin mengemudikan kendaraan bermotor di negara-negara ASEAN dan Uni Eropa yang sudah bekerja sama dengan Indonesia. Masyarakat dapat melakukan registrasi SIM internasional secara daring dengan mengakses situs web registrasi SIM Online di tautan http://sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional/.

“BRI mendukung pembayaran SIM internasional secara online melalui menu BRI Virtual Account (BRIVA). Pembayaran BRIVA dapat dilakukan di seluruh channel Bank BRI (Teller, EDC, ATM, dan Internet Banking) maupun melalui menu transfer antarbank di ATM bank lain,” ungkap Sunarso.

BRI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Polri sebagai mitra strategis dan seluruh masyarakat Indonesia. Pelayanan terbaik ini didukung lebih dari 125.000 pekerja, 227.000 electronic channel, dan 9.618 unit kerja yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Informasi mengenai BRI dapat diakses melalui situs www.bri.co.id

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com