Advertorial

Junio Smart, Solusi Pintar BRI untuk Belajar di Rumah

Kompas.com - 19/03/2020, 12:23 WIB

Di tengah kondisi penyebaran Covid-19 yang melanda Indonesia, dunia pendidikan pun terkena imbas dari bencana ini.

Beberapa daerah telah mulai melakukan proteksi terhadap seluruh warga termasuk para siswa dengan menerapkan study from home atau proses pembelajaran dari rumah.

Kebijakan tersebut membuat seluruh elemen ekosistem pendidikan harus beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh.

Bagi sekolah-sekolah yang telah memiliki aplikasi pendidikan, tentunya proses adaptasi akan jauh lebih mudah dalam proses pembelajaran jarak jauh ini dengan memanfaatkan teknologi aplikasi.

Akan tetapi, bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki solusi aplikasi serupa, tentunya proses pembelajaran jarak jauh dengan study from home akan sedikit mengalami kendala.

Kondisi ini telah diantisipasi oleh Bank BRI yang memiliki komitmen nyata terhadap dunia pendidikan melalui platform Junio Smart. Junio Smart menjadi salah satu solusi penerapan pembelajaran jarak jauh pada kondisi seperti saat ini.

Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto menjelaskan, Junio Smart merupakan platform aplikasi pendidikan untuk pengelolaan manajemen sekolah.

Aplikasi ini, ujar Amam, menghubungkan antara sekolah dengan orang tua dan siswa secara terintegrasi dalam satu aplikasi, sehingga seluruh aktivitas dan informasi sekolah dapat dilakukan melalui platform ini dan dapat diakses oleh sekolah, orangtua dan siswa secara realtime.

“Junio Smart memiliki fitur-fitur seperti absensi, silabus, jadwal pelajaran dan ujian, fitur ujian online, tugas, nilai ujian dan database siswa beserta elemen sekolah,” pungkasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Amam menambahkan, Junio Smart pun memiliki fitur yang sifatnya non-akademik seperti informasi tagihan sekolah, laporan pembayaran tagihan sekolah secara realtime, dan pengumuman-pengumuman sekolah yang dapat juga menggunakan platform tersebut.

Melalui fitur silabus di platform Junio Smart maka sekolah dapat memperbarui materi pembelajaran yang kemudian dipelajari oleh siswa di rumah.

Evaluasi hasil belajar siswa di rumah pun dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur ujian online di platform Junio Smart yang hasil ujiannya langsung secara realtime dapat dilihat dan tersimpan di aplikasi. Sehingga study from home tetap akan membuat siswa produktif untuk mendapatkan pembelajaran dari sekolah.

Sebagai informasi, untuk dapat menggunakan platform pendidikan milik Bank BRI ini cukup mudah karena platform Junio Smart ini diberikan secara gratis oleh Bank BRI.

Aplikasi tersebut adalah fasilitas kepada sekolah yang bekerjasama dalam penggunaan Giro dan Tabungan BRI Junio di Bank BRI.

Saat ini, sudah terdapat 290 sekolah pengguna platform Junio Smart dengan jumlah pengguna aktif siswa lebih dari 30 ribu dan pengguna aktif orangtua lebih dari 25 ribu.

Amam berharap, melalui berbagai fitur seperti silabus dan tugas online misalnya, dapat memudahkan seluruh sekolah pengguna platform Junio Smart dalam metode pembelajaran jarak jauh ini.

“Sekolah pengguna platform Junio Smart, merasa terbantu dengan adanya fitur-fitur yang secara nyata sangat adaptif di kondisi seperti saat ini. Bagi sekolah atau lembaga yang belum menggunakan platform Junio Smart, silahkan menghubungi Cabang BRI terdekat,” tutup Amam.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com