Advertorial

Manfaatkan BRISPOT, Pedagang di Pasar Bisa Nabung Tanpa ke Bank

Kompas.com - 20/03/2020, 14:27 WIB

Pedagang di pasar pada umumnya menyimpan uang secara cash karena tidak memiliki waktu untuk datang ke Kantor Bank.

Untungnya, saat ini Bank BRI telah merilis fitur cash pick up transaction untuk nasabah termasuk para pedagang-pedagang di pasar sehingga mereka akan didatangi tenaga pemasar BRI untuk menabung.

Melalui fitur terbaru itu, tenaga pemasar mikro (Mantri BRI) bisa melakukan jemput bola setoran simpanan dan setoran pinjaman para nasabah. Simpanan yang di pick up pun sangat beragam, mulai dari Rp 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, dan jumlah lainnya.

Direktur Mikro Bank BRI Supari menyampaikan, inovasi tersebut dilakukan agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama nasabah mikro lebih nyaman dalam melakukan transaksi lewat BRI.

Saat ini sudah terdapat 28 ribu tenaga pemasar mikro yang bisa mendatangi pasar-pasar basah maupun tempat usaha nasabah.

“Lewat kontribusi mereka, sejak fitur ini dikenalkan tahun ini transaksi cash pick up sudah dimanfaatkan oleh lebih dari satu juta pelaku usaha mikro,” jelas Supari.

BRISPOT merupakan aplikasi khusus para tenaga pemasar mikro BRI untuk memproses pinjaman mikro dan telah digunakan 100 persen pada tahun 2019.

Aplikasi ini berguna untuk menyederhanakan, mengotomasi dan mendigitalisasi proses pengajuan hingga pencairan pinjaman di BRI.

Langkah digitalisasi proses kredit mikro ini sesuai dengan semangat yang diusung oleh BRI yakni go smaller (segmen lebih kecil), go shorter (jangka waktu lebih pendek), go faster (proses lebih cepat) dalam rangka mendorong produktivitas dan efisiensi, sehingga go cheaper (pricing lebih murah) dapat tercapai.

Selain itu, menurut Supari, adanya fitur cash pick up ini, dampaknya luar biasa. Total volume setoran simpanan justru lebih besar dari setoran pinjaman.

“Hingga saat ini fitur cash pick up telah mencapai volume Rp 2,1 triliun dengan rincian Rp 660 miliar setoran pinjaman dan Rp 1,5 triliun simpanan. Dengan demikian, konsep micro saving dan micro payment bakal cepat terwujud melalui BRISPOT ini,” pungkas Supari.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com